alasan pentingnya kalender perusahaan

Mengulik Alasan Pentingnya Kalender Perusahaan

Kalender merupakan opsi pilihan yang baik untuk dibagikan kepada customer sebagai media branding bisnis. Tidak hanya berfungsi untuk melihat hari dan tanggal, alasan pentingnya kalender perusahaan juga berkaitan dengan fungsinya dalam menampilkan beberapa informasi lainnya seperti portfolio, kontak atau dokumentasi.

Sebagai pemilik usaha yang baru merintis atau sudah lama berkecimpung di bidang tertentu, mungkin Anda tidak akan merasa asing dengan peran pentingnya kalender perusahaan. Bisa dibilang, kalender adalah sebuah sarana pemasaran yang cukup optimal dan populer dari dulu hingga sekarang.

Alasan Pentingnya Kalender Perusahaan

alasan pentingnya kalender perusahaan (manfaat kalender bisnis)
Photo by Manasvita S on Unsplash

Berikut kami jelaskan 5 alasan pentingnya kalender perusahaan untuk bisnis Anda:

1. Fungsi Kalender Sebagai Pengingat

Manfaat kalender bisnis untuk sebuah perusahaan adalah untuk disebarkan kepada konsumen, supplier maupun vendor akan menjadi pengingat mereka atas perusahaan Anda.

Kalender perusahaan yang Anda berikan tentu akan dilihat setiap hari, atau bahkan biasanya akan disimpan diatas meja kerja atau ruang tamu. Dengan kata lain, seluruh audience yang melihatnya dapat mengingat perusahaan Anda.

2. Kalender Sebagai Salah Satu Strategi Marketing Secara Tidak Langsung

Sebuah kalender perusahaan, kalender bisnis, kalender UMKM yang dibagikan ke berbagai pihak yang memiliki hubungan dengan perusahaan baik perusahaan kolega, supplier atau konsumen biasanya memiliki desain yang menonjolkan trademark dan ciri khas perusahaan.

Dengan memajang atau menggantungkan kalender perusahaan Anda, maka setiap orang yang melihatnya untuk mencari tahu mengenai hari dan tanggal akan langsung melihat merek dari perusahaan Anda.

3. Pengingat Adanya Libur Nasional atau Keagamaan

Manfaat kalender bisnis selanjutnya adalah sebagai pengingat adanya libur nasional atau keagamaan. Kalender bisnis biasanya dibuat secara masal agar biaya cetak yang dikeluarkan jauh lebih murah.

Sebuah perusahaan lokal atau PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) biasanya akan mencantumkan hari besar dan libur nasional setempat. Sedangkan kalender perusahaan multi nasional (Penanaman Modal Asing) biasanya mencantumkan beberapa hari besar dan libur nasional secara global dan tidak hanya yang dirayakan oleh sebuah negara.

Misalnya di Jepang ada golden week yang membuat para pekerjanya libur hampir selama satu bulan. Di Cina ada imlek yang membuat karyawan perusahaan libur selama satu minggu dan lainnya. Contoh dekatnya tentu saja di Indonesia, yaitu ada libur hari raya idul fitri yang biasanya terdapat momen cuti bersama.

4. Kalender Sebagai Merchandise

Selanjutnya, pentingnya kalender perusahaan yang dibuat dengan kualitas yang bagus tidak hanya memberikan kebanggaan tersendiri bagi perusahaan yang memilikinya, namun dapat pula diberikan kepada pihak luar maupun konsumen dengan ketentuan khusus.

Misalnya, daripada diberikan secara cuma-cuma, perusahaan Anda juga akan memberikan kalender dengan ketentuan jumlah atau pembelian beberapa item tertentu. Hal itu cukup menarik minat konsumen juga akan menjadi salah satu teknik marketing dan meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan Anda.

5. Kalender Sebagai Cara Memberikan Informasi Perusahaan

Sebuah kalender yang dikeluarkan perusahaan tidak hanya mencetak penanggalan hari bulan dan tahun. Namun, lebih daripada itu biasanya juga menyuguhkan company profile atau profil perusahaan.

Biasanya dengan disertai gambar yang estetik, juga dilampirkan sejarah, serta subsidiaries (anak perusahaan), bidang usaha dan lain-lain.

Selain itu, kalender perusahaan atau sejenisnya biasanya mencantumkan kontak perusahaan, yaitu nomor telepon perusahaan, nomor fax, alamat e-mail, alamat website, bahkan akun sosial media resmi milik perusahaan.

Sehingga, dengan dicantumkannya kontak seperti itu akan memudahkan korespondensi pihak luar yang merasa tertarik menggunakan produk atau jasa yang perusahaan anda tawarkan.

Mengapa Perlu Bantuan Jasa Desain Kalender Perusahaan?

jasa desain kalender perusahaan dari soocadesign
Image by Soocadesign

Setelah mengetahui alasan pentingnya kalender perusahaan, pertanyaan selanjutnya adalah mengapa kita memerlukan bantuan dari jasa desain kalender perusahaan yang profesional?

Seperti yang sudah disebutkan di poin atas, salah satu manfaat kalender bisnis adalah untuk dibagikan kepada kolega maupun konsumen. Ketika desain kalender tidak menarik, maka efektivitas dari fungsinya pun akan berkurang.

Terlebih tidak mudah untuk menuangkan informasi tambahan seperti kontak dan portofolio ke dalam desain kalender perusahaan. Maka dari itu, penting untuk menggunakan bantuan dari jasa desain kalender perusahaan yang berpengalaman seperti SOOCADESIGN.

Tidak hanya memikirkan konsep desain kalender bisnis, kami juga memerhatikan setiap detail kebutuhan Anda. Seperti misalnya jika Anda ingin menambahkan quotes, atau ingin mencetaknya sekaligus. SOOCADESIGN siap membantu!

Jadi tunggu apa lagi, ayo segera buat desain kalender perusahaan Anda dengan se-menarik mungkin, jangan sampai salah memilih desain atau material cetaknya ya.

Konsultasi GRATIS bersama SOOCADESIGN di sini:

JASA DESAIN KALENDER PERUSAHAAN

GRATIS Mini Course

Kategori