annual report penting bagi perusahaan

4 Unsur Penting dalam Pembuatan Annual Report yang Perlu Anda Ketahui

Akhir tahun selalu menjadi saat-saat tersibuk bagi hampir semua perusahaan. Pasalnya, mereka harus bersiap untuk pembuatan annual report atau laporan tahunan. Untuk itu perusahaan perlu mengumpulkan semua informasi bisnis mengenai kinerja selama satu tahun dan memperhatikan unsur penting dalam pembuatan annual report nantinya. Dengan laporan tahunan ini perusahaan bisa mengetahui segala prestasi yang pernah dicapai pun kendala yang pernah dialami.

Laporan tahunan merupakan salah satu alat komunikasi bisnis yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Oleh karena itu, laporan ini harus dibuat secara apik tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Jangan khawatir, karena Anda bisa membuat laporan tahunan yang bagus dengan memperhatikan keempat unsur penting dalam pembuatan annual report berikut.

4 Unsur Penting dalam Pembuatan Annual Report

Unsur Penting dalam Pembuatan Annual Report

  1. Usahakan Agar Laporan Tahunan Anda Mudah Diakses Oleh Pembaca

Dahulu, booklet menjadi salah satu media cetak yang paling sering digunakan dalam pembuatan annual report. Buku ini kemudian dikirimkan kepada para pemegang saham atau para petinggi perusahaan. Akan tetapi, teknologi yang semakin canggih membuat laporan tahunan semakin mudah diperoleh, seperti mengunduhnya langsung pada laman resmi perusahaan dalam format .pdf.

Akan tetapi, jangan lupa untuk turut memikirkan segala kondisi lainnya. Misalnya, pemegang saham tidak memiliki cukup waktu untuk mencari di mana letak laporan tahunan perusahaan Anda. Pastinya, menggunakan cara tradisional merupakan pilihan yang tepat. Sementara perusahaan tetap membuat laporan tahunan secara online untuk para pelanggan.

  1. Gambarkan Bisnis Anda Secara Keseluruhan

Meskipun dalam pembuatan annual report akan lebih banyak informasi keuangan, tidak ada salahnya Anda memasukkan segala informasi mengenai perusahaan, mulai dari para petinggi perusahaan, hingga para staf yang berada di dalamnya. Buat para pemegang saham mengenal perusahaan Anda dengan lebih mendalam. Anda bisa mengambil beberapa foto ketika hari kerja, pilihlah beberapa yang terbaik, dan masukkan dalam laporan tahunan yang dibuat.

Dengan demikian, para investor dan pemegang saham tidak hanya mengetahui performa perusahaan. Mereka juga akan lebih mengenali siapa saja pemimpin perusahaan Anda, meskipun hanya melalui laporan tahunan.

  1. Buat Sekreatif dan Seunik Mungkin

Jika umumnya laporan tahunan perusahaan cenderung monoton, kini saatnya Anda mengubahnya menjadi sesuatu yang unik dan tidak membosankan. Buat visual semenarik mungkin, baik itu dalam bentuk gambar maupun infografis dari data-data yang dimiliki. Dengan demikian, laporan tahunan tidak akan terkesan monoton dan membosankan ketika dibaca.

  1. Gunakan Desain yang Menonjolkan Brand Perusahaan

Fungsi utama dari pembuatan anuual report adalah sebagai media pemasaran perusahaan kepada calon investor maupun pelanggan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menonjolkan brand perusahaan dengan desain yang menarik, entah dari visi, misi, atau pun unsur lainnya.

Baca juga: Mengapa Annual Report Penting untuk Anda

Anda pun tidak perlu repot dalam membuat laporan tahunan, karena kini telah banyak jasa pembuatan annual report yang bisa Anda hubungi, salah satunya adalah Sooca Design. Di tangan ahlinya, laporan tahunan perusahaan Anda pasti lebih mengagumkan. Segera hubungi Sooca melalui kontak berikut. Kunjungi akun instgram kami di @soocadesign.

GRATIS Mini Course

Kategori