Laiknya buku cetak, orang pun akan menilai karya e-book Anda masih melalui sampulnya. Pasalnya, sampul masih dan akan selalu menjadi sarana Anda untuk menarik minat pembaca. Tentunya, sampul yang Anda rancang harus menarik secara visual, termasuk juga pemilihan font yang mudah dibaca dan mengundang calon pembaca untuk mengunduhnya.

Inilah yang menjadi tugas utama para desainer dan jasa graphic design agency Jakarta. Bagaimana merancang tampilan sampul sebuah buku yang mampu menggaet pembaca memang tak mudah, tetapi tips berikut ini bisa membantu Anda merancang sampul yang tak biasa:

  • Pilih Gambar yang Deskriptif

Anda akan menemukan ketatnya persaingan untuk merebut perhatian pembaca ketika membicarakan sampul buku. Pastinya, ada beberapa buku yang mudah ditebak isinya dari desain sampulnya, dan beberapa lainnya adalah sebaliknya.

Pada banyak kasus, gambar deskriptif yang bagus bisa meningkatkan penjualan e-book Anda. fungsi gambar ini tentu saja, sebagai media informasi yang akan memberi tahu pembaca menerka-nerka isi cerita, yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa penasaran. Gambar yang sederhana seringkali lebih baik dibandingkan dengan yang lebih rumit dan kompleks.

  • Tipografi yang Mudah Dibaca

Tugas graphic design agency Jakarta berikutnya dalam mendesain sampul adalah memilih jenis dan ukuran huruf yang mudah dibaca. Kebanyakan buku cetak mengadaptasi banyak kata pada bagian sampulnya. Jika Anda mengusung konsep yang sama untuk sampul e-book­, hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Meskipun demikian, tipografi yang mudah dibaca pun terkadang bisa membuat e-book Anda tak laku. Oleh karena itu, maksimalkan kreativitas dalam pernacangan, dan jangan lupa, sesuaikan jenis huruf di sampul dan isinya.

  • Perhatikan Ruang Antar Elemen

Oleh karena ukuran sampul e-book bisa sedikit lebih kecil dibandingkan dengan ukuran buku cetak dan thumbnail menjadi cara termudah yang akan digunakan oleh pembaca dalam melihat desain sampul, maka pastikan Anda memberikan ruang jarak yang cukup pada setiap elemen dalam desain sampul yang dibuat. Anda bisa menggunakan warna putih untuk membuat tulisan lebih mudah dibaca.

  • Sesuaikan Formatnya

Sebelum mulai mendesain, perhatikan laman-laman yang akan digunakan untuk tempat publikasinya. Ada kalanya, terdapat persyaratan khusus dalam mengunggah sampul buku, seperti ukuran, format, dan resolusi. Sebaiknya, buatlah sampul dalam format resolusi tinggi untuk mengantisipasi jenis perangkat yang Anda gunakan.

  • Buat Brand

Jika Anda menggunakan jasa graphic design agency Jakarta untuk mendesain sampul buku e-book, jangan lupa masukkan brand atau ciri khas Anda dalam kriteria perancangannya. Hal ini akan membuat e-book Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Ciri khas ini bisa muncul dalam font judul atau warna dasar. Identitas ini juga berfungsi untuk menguatkan citra Anda.

Ada banyak desainer yang akan Anda temui, tetapi hanya sedikit yang bisa menciptakan desain sampul yang sempurna. Seperti Sooca Design Agency Jakarta misalnya, yang ahli dalam segala desain untuk berbagai kebutuhan, baik personal maupun perusahaan. Percayakan semua kebutuhan desain Anda hanya di Sooca dengan menghubungi kontak berikut.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat