Bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa denga fokus utama adalah klien, presentasi menjadi cara terbaik untuk menunjukkan seberapa profesional dan cakap mereka dalam menggeluti pekerjaan. Akan tetapi, nyatanya tak semua orang mampu dan bisa mendesain tampilan presentasi. Menggunakan jasa desain slide presentasi dianggap memakan biaya, padahal tampilan presentasi menarik adalah kunci utama untuk menarik perhatian klien.

Seringnya, sebagian orang membuat tampilan presentasi yang asal-asalan. Menurut mereka, asalkan konten dan inti pembicaraan yang akan disampaikan sudah jelas, maka presentasi tak harus menggunakan tampilan yang bagus. Padahal, adanya desain menarik juga berfungsi untuk membuat pembaca tak cepat merasa bosan. Lima tips berikut ini bisa menjadi rekomendasi Anda dalam mendesain tampilan slide presentasi:

  • Maksimalkan Tata Letak

Tata letak di sini berfungsi untuk menarik perhatian peserta pada poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan. Tulisan yang terlalu banyak justru akan membuat peserta cepat bosan. Terlebih jika apa yang sudah tertulis masih Anda sampaikan pula secara lisan. Pasti akan sangat membuang waktu. Memanfaatkan tata letak ini akan menguntungkan Anda, karena informasi yang disampaikan jelas, tak berbelit-belit, dan lebih menghemat waktu.

  • Jangan Masukkan Kalimat

Tampilan slide presentasi haruslah sederhana, dengan beberapa ide penting yang mendukung dan memperkuat, bukan semua pemikiran Anda. Jika peserta lebih memilih untuk membaca slide alih-alih mendengarkan perkataan Anda, maka sudah bisa dipastikan, presentasi Anda telah berjalan dengan tidak efektif. Oleh karenanya, masukkan poin penting ke dalam slide dan biarkan penjelasannya mengalir ketika Anda mempresentasikannya.

  • Lebih Sedikit Lebih Baik

Salah satu kesalahan dalam penyajian presentasi adalah adanya terlalu banyak informasi dalam satu slide. Banyaknya informasi ini justru akan membuat Anda menggunakan berlembar-lembar slide, dan ini justru akan membuang-buang waktu. Aplikasikan pedoman 6 x 6, dengan enam buah poin maksimal dalam satu slide. Jika ada penjelasannya, maksimalkan dalam satu kalimat saja.

  • Pastikan Warna Slide Tidak Mendominasi

Jika Anda menggunakan jasa desain slide presentasi, pastikan untuk menggunakan warna-warna sederhana dan gelap. Teks yang begitu terang bisa menyebabkan mata mudah lelah, jadi gunakan warna-warna tersebut secukupnya. Hindari pula gradiens yang bisa membuat teks menjadi sulit terbaca. Jika mempresentasikan brand, jangan sampai warna brand bertabrakan dengan warna slide yang Anda pilih.

  • Pemilihan Font

Font juga penting dalam penyajian presentasi. Umumnya, tipe font sans serif seperti Helvetica, Tahoma, dan Verdana akan lebih mudah dibaca di layar. Pastikan Anda hanya menggunakan satu atau dua jenis huruf. Pastikan pula font yang Anda pilih selaras dengan tujuan da nisi dari presentasi yang Anda sampaikan.

Butuh jasa desain slide presentasi? Silakan hubungi Sooca Design Agency Jakarta melalui kontak berikut ini. Sooca menawarkan jasa desain slide presentasi untuk perusahaan, baik berupa template maupun konten yang siap untuk dipresentasikan.

One comment
  • Tiga Elemen Kunci Dalam Desain Slide Presentasi Perusahaan
    Posted on July 3, 2019 at 10:27

    […] Slide presentasi yang baik dapat menunjang kesuksesan perusahaan. Ketika harus berhadapan dengan klien, mempersiapkan slide presentasi yang terkesan modern dan profesional sangatlah penting. Lantas di mana Anda bisa mendapatkan contoh langsung slide presentasi yang menggugah seperti itu? […]

    Reply

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat