Laporan tahunan, atau yang biasa dikenal dengan annual report, adalah laporan yang wajib dibuat semua perusahaan, terutama BUMN. Laporan ini berisi berbagai informasi mengenai perusahaan selama jangka waktu satu tahun.

jasa pembuatan desain annual report perusahaan Pupuk Indonesia Pangan (PIP)-1Pembuatan laporan tahunan nyatanya tidak mudah. Bahkan, ada ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi. Hal ini tertulis dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 29/POJK.04/2016 tentang ketentuan penyusunan laporan tahunan. Tak heran jika banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan annual report untuk bisa membuat laporan tahunan yang baik dan sesuai kriteria.

Tahun 2016 lalu, OJK bersama dengan Kementerian BUMN, Dirjen Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, dan Ikatan Akuntan Indonesia menyelenggarakan Annual Report Award (ARA). Kompetisi ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dari informasi dan segi pemerintahan melalui laporan tahunan yang dibuat perusahaan.

Nah, jika perusahaan Anda tertarik untuk mengikuti kompetisi tahunan ini, pastikan laporan tahunan Anda memiliki empat kriteria berikut:

  1. Memiliki Gambaran yang Baik

Tidak semua perusahaan mampu membuat laporan tahunan yang berkualitas. Oleh karena itulah jasa konsultan annual report dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena kriteria pertama yang diwajibkan oleh ARA dan OJK adalah laporan tahunan harus berisi gambaran yang jelas dan terbuka mengenai semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan.

Tak hanya itu, laporan tahunan juga harus berisi informasi mengenai kinerja perusahaan dari semua divisi yang ada. Kinerja ini dikaitkan dengan capaian perusahaan dan arah serta tujuan yang akan dicapai perusahaan di masa depan. Inilah mengapa visi dan misi suatu perusahaan harus jelas.

  1. Informasi yang Jelas dan Mendetail

Kriteria kedua ini difokuskan dalam menjelaskan pengaplikasian Good Corporate Governance (GCG) secara mendalam. GCG sendiri berarti tata kelola perusahaan yang meliputi serangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan kesuksesan perusahaan.

Adanya GCG ini menjadi sebuah pedoman bagi perusahaan untuk bisa mewujudkan sistem tata kelola yang baik dan positif. Dengan demikian, perusahaan dapat mencapai keberhasilan kinerja yang maksimal dengan sistem yang transparan dan efisien.

  1. Penyajian Laporan Keuangan yang Baik

Bagian yang tak kalah pentingnya dalam sebuah laporan tahunan adalah anggaran atau keuangan. Agar tidak salah memasukkan informasi, Anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada konsultan annual report yang tepercaya, seperti Sooca Design Agency Jakarta misalnya.

Pembahasan bagian keuangan ini meliputi anggaran pendapatan dan pengeluaran perusahaan selama satu tahun. Perhitungannya disertai dengan ketentuan sistem akuntansi yang diberlakukan di Indonesia.

  1. Tidak Menyimpang

Persyaratan terakhir ini amat mudah diucapkan, tetapi nyatanya sulit dibuktikan. Ya, pembuatan laporan tahunan sesuai OJK dan ARA harus sesuai dengan perundangan yang berlaku tanpa adanya manipulasi dalam bentuk apa pun. Adanya pemalsuan data akan membuat laporan tahunan tidak sah.

Agar terhindar dari hal tersebut, percayakan laporan tahunan Anda pada Sooca Design Agency Jakarta. Konsultan annual report Sooca akan selalu mendampingi Anda dalam merancang laporan tahunan yang sesuai dengan kriteria dari OJK dan ARA. Hubungi Sooca melalui kontak berikut.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat