Bagi banyak orang, kalender mungkin sebuah benda sehari-hari yang biasa saja. Padahal di sisi lain, kalender bisa menjadi media promosi bisnis yang efektif. Hanya dengan desain kalender bisnis yang tepat.

Penggunaan kalender memang sangat meluas. Nyaris semua orang dengan berbagai latar belakang, profesi, pendidikan, bahkan usia akan membutuhkan kalender. Kalender juga mudah sekali ditemukan dimana saja.

Hal ini menjadikan kalender sangat tepat bila digunakan sebagai media promosi.

Sebagai media promosi, kalender akan bisa masuk ke berbagai target pasar berbeda. Kalender digunakan dimana saja. Sehingga semakin memperluas jangkauan promosi. Terutama bila kalender digunakan di tempat-tempat usaha atau di area publik yang sesuai dengan target pasar bisnis tersebut sendiri.

Tips Mengubah Kalender Menjadi Media Promosi Bisnis

Untuk mengubah kalender biasa menjadi media promosi bisnis juga sangat mudah. Seperti disinggung di atas, agar bisa menjadi media promosi, cukup dengan menggunakan desain kalender bisnis yang tepat.

Cara ini juga menjadi semakin mudah berkat banyaknya pembuatan kalender promosi yang bisa jadi pilihan.

Agar kalender bisa menjadi media promosi bisnis, berikutnya ini merupakan beberapa tips untuk diperhatikan.

1. Sesuaikan desain kalender bisnis

desain kalender bisnis

Desain memang menjadi kunci penting untuk mengubah kalender menjadi media promosi. Kalender biasa pastinya memiliki desain yang tidak terlalu spesial. Kalender ini biasanya memiliki warna putih, dengan gambar-gambar tertentu saja. Tidak terlalu spesial maupun menarik perhatian.

Berbeda dengan kalender untuk media promosi bisnis.

Kalender yang ditujukan untuk media promosi seharusnya menyesuaikan desain dengan brand maupun bisnis tersebut. Desain kalender bisnis biasanya akan terdapat logo, brand, alamat, sampai foto-foto yang berkaitan dengan perusahaan tersebut sendiri.

Menyesuaikan desain untuk kalender sebagai media promosi bisa dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Mengganti penggunaan warna. Sesuaikan warna-warna yang akan digunakan pada kalender dengan bisnis maupun brand. Penggunaan warna yang seragam ini akan mempermudah promosi bisnis nantinya. Membuat semakin banyak orang yang akan mengenali bisnis tersebut bahkan hanya dari warnanya.
  2. Adanya logo. Logo memang menjadi bagian penting dari promosi. Untuk menyesuaikan desain kalender sebagai media promosi bisnis, adanya logo merupakan satu hal krusial.
  3. Motto atau jargon. Sama seperti logo, moto juga akan membantu untuk promosi bisnis. Banyak brand maupun bisnis yang dipromosikan melalui logo dan jargon. Penggunaan di kalender akan menjadikan moto tersebut semakin dikenal luas.
  4. Produk yang dipromosikan. Bila mempromosikan sebuah produk dari perusahaan, maka pastikan adanya produk tersebut di desain kalender. Desain kalender bisnis yang menarik pastinya sanggup mengatur agar penempatan produk menjadi daya tarik tersendiri.

Penyesuaian desain kalender untuk tujuan promosi bisnis bisa dilakukan dengan cara-cara di atas.

2. Kualitas terbaik

Kalender berkualitas akan menjadi bentuk promosi tersendiri. Kualitas yang dihadirkan pada kalender secara tidak langsung menjadi cerminan bisnis tersebut. Sehingga memang penting sekali memastikan kalender memiliki kualitas terbaik.

Salah satu cara untuk memastikan kualitas dengan menggunakan pembuatan kalender promosi yang benar-benar terpercaya. Jasa pembuatan kalender yang profesional pasti mampu memproduksi dengan kualitas terbaik. Sehingga citra bisnis yang dipromosikan juga akan menjadi baik.

Kualitas kerap kali menjadi penilaian tersendiri untuk branding sebuah brand atau bisnis. Sehingga bila menggunakan kalender sebagai media promosi. Sebaiknya memang memastikan kualitas yang didapatkan benar-benar memuaskan.

Penerima kalender juga pastinya akan kecewa bila ternyata kualitas yang didapat jelek. Pada akhirnya kalender tersebut tidak digunakan. Promosi juga tidak berjalan lancar karena pengenalan melalui media kalender terbilang gagal.

Related post: Pembuatan Kalender Untuk B to B Bisnis & Manfaatnya

3. Menggunakan jenis kalender yang tepat

Ada keterkaitan penting antara jenis kalender dengan target pasar. Hal ini berkaitan dengan penggunaan kalender tersebut sendiri, yang akan berbeda-beda untuk target pasar tertentu.

Bila bisnis memiliki target pasar pegawai kantoran, media promosi dengan jenis kalender meja akan lebih efektif daripada jenis kalender dinding. Ini karena pegawai kantoran memiliki kemungkinan lebih besar untuk menggunakan jenis kalender meja.

Begitu pun bila target pasar untuk bisnis merupakan anak sekolah. Misalnya untuk produk buku pelajaran, buku tulis, dan lain-lain. Maka memberikan kalender dinding yang bisa dipasang di ruangan kelas akan menjadi cara promosi efektif.

Untuk mengubah kalender menjadi media promosi bisnis, ketahui jenis apa yang tepat. Setelah mengetahui jenis kalender yang tepat, berikutnya tinggal mengatur desain kalender bisnis yang sesuai.

4. Membagikan kalender di waktu yang tepat

Kapan sekiranya orang akan mengganti kalender? Di awal tahun. Sangat jarang sekali orang mengganti kalender pada pertengahan tahun. Menggunakan kalender sebagai media promosi bisnis juga harus mempertimbangkan waktu yang tepat.

Pentingnya Menyewa Jasa Pembuatan Kalender Promosi

Sebelum awal tahun datang, sebaiknya sudah bagikan kalender yang digunakan sebagai media promosi. Pada awal tahun, akan ada banyak orang yang mulai menggunakan kalender tersebut. Promosi bisnis bisa berlangsung dengan baik setelah itu.

Mengubah kalender menjadi promosi bisnis sebenarnya tidak terlalu rumit. Setelah tips-tips di atas, bisa langsung mulai mendapatkan desain kalender bisnis yang tepat. Disusul dengan menghubungi agensi jasa pembuatan kalender promosi, Sooca Design.

Sooca Design memberikan layanan terbaik untuk desain dan juga pembuatan kalender bagi promosi brand dan bisnis Anda.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.