Apapun yang ditawarkan oleh perusahaan percetakan, company profile perusahaan percetakan harus dihadirkan. Hadirnya company profile tersebut akan membawa dampak yang cukup besar pada jalannya usaha yang dilakukan oleh perusahaan. Setiap perusahaan percetakan dapat meningkatkan profit melalui penyajian company profile yang menarik.

Company Profile Perusahaan Percetakan

Sumber: image.freepik.com/free-vector/corporate-company-brochure-template_71805-51.jpg

Arti Company Profile Perusahaan Percetakan

Percetakan merupakan salah satu proses industri yang berkaitan langsung dengan hal produksi tulisan dan gambar secara massal yang menggunakan mesin cetak. Proses ini juga menjadi bagian yang penting dalam penerbitan. Sehingga dapat dikatakan bahwa company profile perusahaan percetakan adalah data diri yang dibuat oleh perusahaan percetakan untuk memperkenalkan dirinya kepada masyarakat luas.

Perusahaan percetakan akan menggunakan teknik yang berbeda-beda untuk tiap usaha yang dijalankannya. Setiap teknik yang dipakai selalu disesuaikan dengan kebutuhan. Hal itulah yang membuat perbedaan teknik dalam mencetak. Agar masyarakat bisa mengetahui mana perusahaan yang menyediakan sesuai dengan kebutuhannya, maka mereka bisa melihat melalui company profile yang sudah disajikan.

Jenis-jenis Perusahaan Percetakan

Tips membuat company Profile Perusahaan Percetakan

Sumber: image.freepik.com/free-vector/brochure-business-template-layout_52683-31663.jpg

Perusahaan percetakan yang ada selalu mempunyai bidang khusus yang menjadi fokus utama sehingga membuat jenis perusahaan percetakan berbeda-beda. Setiap jenis usaha percetakan ini biasanya didasarkan pada perbedaan teknik atau cara yang digunakan untuk melakukan proses cetak. Adapun jenis-jenis perusahaan percetakan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

1.     Digital Printing

Perusahaan percetakan jenis ini sudah banyak hadir di setiap sudut daerah. Digital printing banyak dicari untuk membuat spanduk, mug, stiker, brosur, kartu dan sebagainya. Jenis ini banyak diburu orang karena jumlah pesanan yang diterima tidaklah harus banyak atau bisa melayani pesanan cetak dalam jumlah kecil juga. Tidak masalah seberapa sedikit, walau hanya satu lembar pun digital printing tetap akan melayani tiap keinginan pelanggan.

2.     Offset Printing

Percetakan offset printing merupakan jenis percetakan yang menggunakan mesin khusus untuk bahan baku kertas. Perusahaan jenis ini melayani beberapa keperluan seperti brosur, amplop, buku, majalah, kardus kue, paperbag dan sebagainya. Perusahaan jenis ini biasanya melayani pesanan dalam jumlah banyak hingga ribuan pcs.

3.     Rotogravure

Jenis yang satu ini mungkin terasa asing di telinga. Perusahaan ini merupakan jenis percetakan yang melayani pesanan dalam jumlah besar dengan bahan dasar plastik, seperti cetak kemasan. Teknik cetak yang digunakan perusahaan ini adalah teknik mencetak plastik dengan tinta di atasnya dan mencetak plastik dengan tinta di tengah karena objek dilapisi oleh bahan plastik yang lain.

4.     Sablon

Percetakan yang satu ini menggunakan cara mencetak secara manual di atas screen yang diberi tinta. Media atau objek yang biasa digunakan untuk mencetak sablon adalah kain, kertas hingga plastik. Usaha percetakan sablon bisa melayani pesanan pelanggan dalam jumlah sedikit maupun banyak.

5.     Flexo

Perusahaan percetakan jenis flexo merupakan percetakan yang menggunakan bahan dalam bentuk roll. Jika jenis percetakan menggunakan bahan yang berbentuk lembaran terpisah-pisah, maka percetakan flexo memakai bahan berbentuk roll untuk mencetak koran, kardus kemasan, mencetak stiker dan sebagainya.

Tips Membuat Company Profile Perusahaan Percetakan

Agar dapat membuat company profile yang baik, ada beberapa tips yang bisa coba diterapkan. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1.     Rencanakan Dengan Matang

Saat akan membuat company profile, tampunglah seluruh ide yang ada agar bisa disaring mana yang terbaik dan paling cocok untuk tiap jenis perusahaan percetakan. Kumpulkan juga review tentang pelayanan yang dimiliki perusahaan agar bisa mengevaluasi kinerja perusahaan. Dengan memahami keinginan pelanggan, maka company profile bisa dibuat sesuai dengan selera pasar yang ada.

2.     Gunakan Foto dan Gambar

Saat membuat company profile, selalu gunakan foto atau gambar yang mewakili profil perusahaan yang ingin dikenalkan. Pilihlah gambar yang berkaitan dengan perusahaan alam kualitas yang tinggi agar gambar dapat lebih menarik pelanggan. Produk atau layanan yang dimiliki perusahaan juga bisa ditampilkan dalam bentuk gambar ini.

3.     Tonjolkan Kesan Perusahaan

Agar bisa menghadirkan company profile yang menarik, tampilkan juga kesan baik dari perusahaan dengan menyertakan visi, misi hingga budaya kerja. Membangun kesan yang baik merupakan strategi jitu untuk menarik pelanggan.

4.     Tentukan Desain dan Layout Menarik

Agar desain dan layout dalam company profile lebih menarik dalam pandangan mata, sebaiknya menggunakan program-program yang sesuai seperti Power point, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator hingga Corell Draw. Gunakan juga warna-warna menarik dan berbeda dari yang lain agar kualitas perusahaan semakin dipertimbangkan.

5.     Pilih Bahan dan Persiapkan Biaya yang Diperlukan

Setelah semua sudah siap, maka tips selanjutnya adalah tinggal memilih bahan dan menghitung biaya yang dikeluarkan. Sebaiknya pilih bahan cetak yang bagus agar perusahaan memiliki citra yang bagus di mata masyarakat.

Tips-tips tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar-benar diterapkan dengan matang agar company profile yang dihasilkan juga lebih menarik perhatian.

Contoh Company Profile Perusahaan Percetakan

Company profile perusahaan percetakan dapat dilihat dengan sangat mudah melalui jaringan internet. Contoh-contoh yang ada dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat company profile yang menarik. Berikut salah satu contoh company profile singkat yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

PROFIL PERUSAHAAN DWI PURNOMO

DWI PURNOMO merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan yang berdiri pada tahun 2006. Perusahaan kami selalu berkomitmen untuk membangun lingkungan kerja yang nyaman dan berkualitas, melalui pelayanan terbaik yang diberikan.

VISI

Menjadi perusahaan percetakan yang profesional.

MISI

Senantiasa mengembangkan diri untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

ALAMAT DAN KONTAK

Jl. Kucing Merah No. 13, Teluk Gaya, Kita Biru, Bandung

Telp                       : +621 4456 7888

Email                     : dwipurnomo@gmail(.)com

Website               : www(.)dwipurnomo(.)com

Dari beragam jenis tersebut, company profile perusahaan percetakan pun juga hadir dalam bentuk yang beragam. Untuk itu, pembuatan company profile dapat disesuaikan dengan keadaan masing-masing perusahaan dan memberikan efek positif bagi perusahaan. Itulah pentingnya memperkaya poin penting yang ingin disampaikan dan terutama layanan di sebuah company profile.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.