Desain kemasan biasanya dibuat untuk melindungi produk yang dikemas, sekaligus untuk membuat konsumen tertarik untuk membeli ketika pertama melihat kemasan tersebut.
Namun sebagian produsen, mencantumkan program promosi pada kemasan juga menjadi pertimbangan dan tak jarang menjadi tumpuan strategi penjualan yang efektif. Kemasan yang umumnya hanya menampilkan informasi produk, identitas produk, spesifikasi produk, varian, serta izin yang berkaitan dengan produk, ditambahkan produsen kalimat promosi.

Tips Desain Promosi pada Kemasan Produk yang Menarik

Berikut ini tips desain promosi pada kemasan produk berupa contoh kasus yang sering kita jumpai pada kemasan, yang bisa menjadi inspirasi untuk kemasan produk Anda.

Isi lebih banyak

Biasanya menampilkan angka persen 10% atau 20% lebih banyak. Hal ini digunakan produsen untuk alat diferensiasi bagi kompetitor, sehingga dengan karakter konsumen yang pemilih, akan memilih produk dengan isi yang lebih banyak.

Dapatkan kupon

Dalam strategi promosi selama 1 tahun berjalan, untuk meyakinkan konsumen, selain beriklan di media massa, produsen juga menampilkan program promonya pada kemasan. Mengingat kemasan juga mampu sebagai salesman, maka ketika calon konsumen melihat kemasan tersebut, program promo kupon undian, kumpulkan kemasan, atau informasi sejenis, dapat langsung melihat, dan bisa jadi merespon dengan membeli produk tersebut dengan motivasi mendapatkan kesempatan sesuai dengan yang ditawarkan program promo tersebut.

Dapatkan hadiah langsung dalam kemasan

Ada beragam kemasan produk yang memberikan hadiah langsung di dalam kemasan produknya, seperti mainan maupun uang tunai. Hal ini akan membuat pembeli ingin mencoba peruntungan apakah mendapatkan hadiah setelah membuka kemasan produk Anda. Bila seseorang mendatkan hadiah di dalam kemasan Anda, besar kemungkinan orang itu akan memberitahukan orang lain sehingga dapat menambah angka penjualan dari produk Anda tersebut. Jika hadiahnya berupa mainan, tentu produk Anda akan menyenangkan bagi anak-anak. Ini juga bisa menjadi trend baru dalam sekelompok anak yang akan berbondong-bondong mendapatkan mainan dari produk Anda.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Desain Kemasan Produk

Menurut Anda, adakah contoh lainnya? ayo share dan berdiskusi…

Ingin mendapatkan tips lainnya? Follow akun instagram kami di @soocadesign

Tips Desain Promosi pada Kemasan Produk





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.