Menentukan Tema pada Annual Report

Salah satu laporan yang sering menjadi acuan untuk menganalisis kondisi suatu perusahaan adalah laporan tahunan (annual report). Begitu banyak data dan informasi yang terdapat dalam laporan tahunan. Tapi, ada satu hal penting yang kerap terlewatkan, yakni tema pada annual report.

Tema berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘thithenai’. Artinya adalah ‘sesuatu yang telah diuraikan’ atau ‘sesuatu yang telah ditempatkan’. Tema adalah ide pikiran atau gagasan pokok dalam membuat sebuah tulisan, apapun tulisan itu.

Mengapa Tema Pada Annual Report Itu Penting ?

Gambar Oleh janoon028 – Freepik

Bak sebuah rumah, tema merupakan fondasi. Tema menentukan tujuan dan arah sebuah karya tulis. Penyusunan laporan tahunan tanpa tema laksana buku tanpa arahan isi yang terstruktur sistematis. Isi buku tersebut bisa mengarah ke mana-mana, tanpa tujuan yang jelas. Oleh sebab itu, tema menjadi acuan bagi sistematika isi laporan tahunan. Dengan adanya tema, pembaca menjadi mengetahui konstruksi yang sedang dibangun dalam laporan tahunan.

Pada sebuah laporan tahunan, tema terdapat di sampul atau cover depan. Sayangnya, tema sering dianggap hanya sebagai untaian kata-kata indah pemanis annual report. Padahal, tema menunjukkan persiapan matang dari sebuah laporan tahunan. Terlebih, laporan tahunan merupakan produk komunikasi resmi yang diterbitkan oleh perusahaan.

Jadi, tema laporan tahunan hendaknya tak ditentukan ‘sambil lewat’. Pada laporan tahunan, perusahaan diimbau menyertakan informasi terkait tema yang telah dipilih. Belum lagi bila perusahaan tersebut telah memiliki sejumlah laporan tahunan. Maka, perusahaan tersebut juga perlu menjelaskan mengenai kesinambungan tema antara annual report yang terbaru dengan tema tahun-tahun sebelumnya.

Tema Pada Annual Report Membantu Menyampaikan Isi Laporan

Seluruh bagian lainnya dalam laporan tahunan akan mendukung atau memiliki kaitan dengan tema yang telah ditentukan. Suatu perusahaan menjadikan tema pertumbuhan sebagai tema laporan tahunan, misalnya, maka sedapat mungkin isi, desain layout, dan cover-nya menggambarkan tema pertumbuhan tersebut. Semakin menarik sebuah tema, makin besar pula peluang sebuah tulisan untuk disukai pembacanya.

Dengan kata lain, tema merupakan pesan penting yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada stakeholder pembaca laporan tahunan. Pesan tersebut harus tergambar secara jelas, baik pada desain cover, layout hingga isi laporan tahunan.

Jadi, tema adalah hal pertama dan paling utama yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan laporan tahunan. Setelah menentukan tema, barulah mulai mengonsepkan desain cover, layout, dan isi tiap bab annual report. Tema hendaknya dapat memperkuat visual dan menjadi penggambaran visual yang diterjemahkan dalam kata-kata pada isi annual report.

Tapi, memang, tak mudah menentukan tema pada annual report. Sebagai langkah awal, perusahaan atau institusi bisa membuat semacam list pilihan tema. Pilihan tema dapat berasal dari berbagai sumber, contohnya kondisi terkini perusahaan atau institusi tersebut. Tema mengenai kondisi tertentu perlu disesuaikan dengan kinerja yang dicapai oleh perusahaan di tahun tersebut. Yang penting, tema harus bersifat realistis sesuai dengan apa yang terjadi pada periode tahun pelaporan. Tentu, kata-kata yang ber-bau ‘PR’ dapat diajukan. Jika kinerja perusahaan sedang mengalami penurunan, contohnya, kurang tepat membuat tema mengenai ‘declining’ atau semacamnya. Alih-alih menggunakan kata ‘declining’ dan sejenisnya, perusahaan bisa mengangkat tema berkisar tentang ‘striving’ atau ‘surviving’.

Sumber tema lain dalam menentukan tema annual report adalah dengan memperhatikan milestone perusahaan atau berdasarkan rencana strategis perusahaan. Tema pada annual report juga dapat dikembangkan dengan mengevaluasi apa yang terjadi di perusahaan pada tahun pelaporan. Pada tahun pelaporan, misalnya, perusahaan lebih berfokus kepada segmen bisnis tertentu atau mengembangkan bidang teknologi informasi, maka hal itu dapat juga dimasukkan menjadi tema annual report.

Tak hanya kondisi terkini, tema berupa sasaran atau cita-cita yang hendak dicapai oleh perusahaan juga tidak haram dilakukan. Tema annual report boleh bersifat melaporkan apa yang sudah dicapai dan boleh juga bersifat pernyataan mengenai masa depan perusahaan (forward looking statement). Perpaduan keduanya juga bisa diterapkan, asalkan hal ini tidak cukup riskan untuk membuat annual report kehilangan fokusnya.

Jika sudah ada beberapa pilihan tema pada annual report, maka cobalah analisis keterhubungannya satu sama lain. Hal ini berguna untuk menyelaraskan tema pada laporan tahunan di tahun tertentu dengan tahun-tahun lainnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pemilihan Tema Pada Annual Report

Setelah mengumpulkan beberapa pilihan tema, maka perlu untuk menganalisisnya. Pemilahan pilihan tema sebaiknya memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Kejelasan

Tema yang jelas adalah keharusan. Kejelasan ini dapat dilihat dari berbagai rincian atau subordinatnya. Bila rincian di halaman-halaman isi annual report tidak menjelaskan atau berkaitan dengan tema, maka akan mengaburkan tema itu sendiri. Hindari pula kata-kata ambigu, hiperbola, apalagi tidak realistis.

Kesatuan

Bolehkah memiliki lebih dari satu tema dalam sebuah laporan tahunan? Bisa dijawab dengan tegas: tidak. Bila memiliki lebih dari satu tema, maka tidak aka nada kesatuan gagasan sentral yang menjadi landasan seluruh isi laporan tahunan.

Perkembangan

Perkembangan di sini lebih merujuk kepada pengembangan tiap kalimat dan dari kalimat ke paragraf. Ya, ini lebih bersifat teknis. Namun, tetap esensial. Pengembangan paragraf dapat dilihat dari dua sudut. Pertama, gagasan yang lebih tinggi diperinci ke dalam kalimat dan paragraf. Kedua, perincian tersebut harus disusun secara logis dan sistematis.

Originality

Tema yang baik harus mengandung keaslian atau originalitas. Originalitas dapat diukur dari sudut pilihan pokok persoalan, sudut pandang, pendekatan, rangkaian kalimat, pilihan kata, dan sebagainya.

Judul

Tema yang menarik kurang ‘gereget’ bila judul laporan tahunannya ‘biasa-biasa saja’. Judul yang ‘eye-cathing’ tentu lebih menarik perhatian orang untuk membuka halaman demi halaman isi laporan tahunan.

Itulah beberapa tips menentukan tema pada annual report. Jadi sudah lebih tau kan ? Agar penentuan tema dan juga pembuatan seluruh annual report dapat tersusun dengan baik, percayakanlah kepada agensi berpengalaman yang tentunya menyediakan jasa pembuatan annual report untuk perusahaanmu.

Related Post: Fungsi Penting Annual Report

 

Sumber:

blog.typoonline.com/mengenal-lebih-jauh-tentang-tema-topik-dan-judul/

fakhrurrojihasan.wordpress.com/2015/01/21/menentukan-tema-annual-report/

annualreport.id/kiat-strategi/menentukan-tema-sesuai-tantangan-dan-kondisi-perusahaan

Meirza: