Berikut Strategi Pemasaran Studio Desain Grafis Paling Efektif:

desain-publikasi-event-banner-iklan-workshop digital marketing-2

Dapatkan Hasil Maksimal Melalui Kartu Nama Profesional

Kartu nama adalah item publisitas yang wajib Anda miliki sebagai seorang pebisnis. Kartu nama profesional dapat membantu klien untuk bisa menghubungi Anda dengan mudah (tanpa perlu bergantung pada kontak yang ada pada email bisnis Anda).

Para eksekutif biasanya menyimpan kartu nama vendor-vendor mereka pada satu tempat khusus. Pastikan kartu nama bisnis Anda menjadi salah satu yang berada di dalamnya. Dan perlu diingat, kartu nama yang profesional harus memiliki semua detail informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, nomor ponsel, email dan alamat website.

Perhatikan juga desain dari kartu nama Anda. Usahakan untuk menggunakan desain yang simple, clean, elegan dan tentunya mudah dibaca. Cetak kartu sebanyak mungkin agar dapat selalu memberikannya kepada calon klien baru yang mungkin bisa Anda temui kapan saja. Apabila sudah memiliki klien tetap, tidak ada salahnya untuk memberi mereka kartu nama Anda juga. Karena ada kemungkinan mereka dapat merekomendasikan bisnis Anda kepada keluarga atau kolega terdekat.

Anda juga bisa mencoba cara lain seperti meninggalkan kartu nama profesional di perusahaan-perusahaan terkemuka, atau di tempat-tempat umum yang potensial dimana kalangan target market Anda sering menghabiskan waktu. Misalnya seperti di tempat klub olahraga, salon kecantikan, dll.

Membuat Portofolio Online

Strategi pemasaran dan promosi bisnis studio desain grafis yang selanjutnya adalah dengan memuat portofolio ke dalam situs website online. Nantinya, website dapat menampilkan beragam hasil pekerjaan dari bisnis Anda yang bisa diakses kapan saja dan dari mana saja (tanpa perlu mengirim email dengan data lampiran). Jika tetap ingin melampirkannya ke dalam email marketing, sertakan pula alamat website resmi untuk meningkatkan kepercayaan calon klien terhadap keberadaan bisnis Anda.

Sebuah website juga merupakan wadah yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda melalui teknik copywriting. Dengan seni copywriting yang baik, menarik dan persuasif, Anda dapat membuka kesempatan untuk memenangkan hati calon klien baru.

Apabila Anda tidak memiliki pengalaman dalam merancang situs website atau tidak memiliki cukup waktu untuk membuatnya sendiri, jangan khawatir. Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan template website online yang murah bahkan gratis. Jadi tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak memiliki alamat website resmi yang memiliki tampilan profesional.

Pikirkan Tentang Siapa Target Bisnis Anda

Langkah selanjutnya yaitu dengan menentukan target market dari bisnis yang Anda jalankan. Lakukanlah riset sebanyak mungkin agar target pasar yang Anda tuju benar-benar tidak meleset. Berbagai cara dapat dilakukan, seperti halnya mencari di halaman google tentang perusahaan-perusahaan potensial yang mungkin akan membutuhkan jasa yang Anda tawarkan. Selain itu Anda juga bisa mengumpulkan data tentang perusahaan-perusahaan tersebut dalam sebuah folder spreadsheet (meliputi nama, alamat email dan nomor telepon) untuk menjadi database ketika hendak melakukan proses marketing lanjutan.

Dengan memiliki target market yang tepat, Anda akan lebih mudah dalam menawarkan sebuah jasa atau produk. Karena pada dasarnya Anda sudah tahu bahwa target market tersebut memang membutuhkan atau tertarik dengan penawaran dari bisnis Anda. Semakin cepat Anda menghubungi, maka besar pula peluang bagi mereka untuk bisa menentukan bahwa studio desain grafis Anda adalah pilihan terbaiknya.

Mengikuti Strategi Pemasaran Paling Mendasar

Old but gold, mungkin itulah kata paling tepat untuk menggambarkan strategi marketing yang satu ini. Mulailah untuk mengirimkan email marketing ke semua alamat yang ada pada database Anda. Jika mendapat timbal balik yang positif melalui kontak email pribadi, segeralah minta untuk melakukan pertemuan langsung untuk membahas penawaran Anda.

Jangan lupa juga untuk menyertakan alamat website, kontak serta portofolio Anda. Buatlah dalam bentuk PDF atau JPEG dengan total besaran di bawah 2MB agar tidak dihapus ketika inbox calon klien sedang penuh. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda mengirimkan email kepada calon klien yang ada di dalam database, yaitu selalu kirim email di waktu yang tepat. Kedua adalah jaga tata bahasa yang ringkas dan sopan, serta mintalah izin untuk mengirimkan beberapa portofolio Anda. Ketiga, buatlah signature email otomatis agar calon klien dapat mengakses rincian kontak Anda dengan mudah dan cepat.

Ketika ingin menindaklanjuti email marketing, Anda dapat melakukan panggilan telepon di hari berikutnya. Tanyakan apakah mereka tertarik dengan penawaran Anda, dan jasa apa saja yang mungkin mereka butuhkan dari bisnis Anda. Apabila memungkinkan, mintalah untuk menjadwalkan pertemuan langsung agar proses promosi dapat dilakukan secara lebih intens.

Menampilkan Diri Sebagai Agensi yang Fokus Pada Klien Ketika Pitching

Kunci untuk pertemuan picthing yang sukses adalah mempesiapkan diri Anda untuk fokus pada klien. Sebelum berangkat meeting, pastikan Anda sudah memeriksa website resmi milik calon klien untuk mengetahui secara singkat tentang bisnis perusahaan yang mereka jalankan. Pastikan juga Anda membawa portofolio yang sudah dipersiapkan secara matang.

Berikan klien informasi yang cukup prospektif untuk membantu mereka melihat apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka. Sampaikan detail penawaran Anda secara singkat, padat dan menarik. Jelaskan pula kepada calon klien tentang keunggulan studio desain grafis Anda sehingga mereka yakin bahwa bisnis Anda adalah pilihan terbaik untuk proyek tersebut. Dan ketika selesai pertemuan, kirimkanlah email berisi ucapan terima kasih atas waktu mereka dan pertanyaan tentang kapan Anda bisa menghubungi mereka kembali untuk melakukan konfirmasi.

Pantang Menyerah dan Bersemangat

Sangat penting untuk Anda tetap terlihat. Ketika mendatangi sebuah pertemuan formal di perusahaan, ingatlah untuk membawa portofolio dan banyak kartu nama. Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin bisa ditemui disana.

Mungkin seringkali klien mengatakan bahwa mereka sedang tidak memiliki proyek untuk saat ini, namun mungkin akan mempertimbangkan Anda di kesempatan selanjutnya. Tidak perlu khawatir atau menyerah, lekaslah membuat catatan dalam database agar Anda dapat melacak respon dan mengirimkan email pengingat kepada kontak mereka di setiap bulannya. Sehingga Anda akan terus terlihat ketika suatu saat mereka benar-benar membutuhkan jasa yang sesuai. Beri juga mereka panggilan telepon setiap beberapa bulan, maka cepat atau lambat mereka akan memberikan Anda sebuah proyek kerja sama.

Jika saat ini perusahaan Anda sedang membutuhkan jasa desain grafis, kami dari tim Sooca Design Firm akan selalu siap membantu Anda dalam berbagai kebutuhan desain Anda. Misalnya seperti desain annual report, desain sustainability report, desain company profile, desain kemasan produk, desain kartu ucapan perusahaan dan lain sebagainya. Hubungi kami segera dengan klik pada bagian KONTAK.

Referensi Artikel:

http://business.tutsplus.com/articles/how-to-promote-your-graphic-design-business-part-one–fsw-212

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.