Seiring dengan perkembangan era digital yang kian meningkat, memaksimalkan platform sosial media dalam pengembangan bisnis menjadi pilihan yang cukup efektif. Sayangnya, banyak perusahaan yang tidak memiliki cukup waktu dan tim yang mampu menangani akun media sosialnya dengan profesional. Padahal, promosi yang gencar dilakukan secara offline juga perlu diimbangi dengan adanya promosi pada laman online.

Customer agaknya menjadi selektif dalam melihat kompetensi sebuah perusahaan. Termasuk mencari tahu tentang seluk-beluk perusahaan tersebut melalui platform sosial media. Berbagai konten seperti promosi, portofolio, testimonial, dan koten-konten branding lainnya dapat kita unggah pada media sosial dalam usaha pengembangan bisnis perusahaan.

Instagram Bisnis dan Facebook Fanpage

Instagram dan Facebook menjadi pilihan platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh perusahaan atau pengusaha sebagai sarana marketing bisnis. Kemudahan akses dan traffic pengguna yang tinggi dari instagram dan facebook membuat Anda mudah untuk menjangkau target pasar. Saat ini instagram sudah menyediakan layanan bisnis, seperti halnya facebook juga menawarkan laman fanpage yang memberi kesan profesional terhadap sebuah brand ataupun perusahaan. Namun dalam pengelolaannya, dibutuhkan tenaga profesional yang mengerti tentang media sosial dan branding perusahaan Anda dengan baik. Pemaksimalan platform sosial media dalam pengembangan bisnis memerlukan beberapa langkah, diantaranya sebagai berikut :

6 Langkah Memaksimalkan Sosial Media Dalam Pengembangan Bisnis

Jenis Konten

Pastikan konten-konten yang akan diunggah pada akun bisnis media sosial adalah konten yang dapat menjawab rasa keingintahuan customers terhadap brand Anda. Konten juga dapat disesuaikan dengan keinginan perusahaan atau brand, apakah akan dibuat secara konsisten atau lebih variatif. Tergantung tujuan dan hasil yang ingin dicapai.

Waktu Upload

Dalam pengelolaannya, waktu upload juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Tidak perlu bingung, Anda dapat mencari tahu lewat insight market untuk mendapat informasi tentang waktu-waktu upload terbaik yang efektif.

Keterangan dan Kontak

Kebanyakan customers akan berusaha mencari kontak perusahaan Anda lewat platform media sosial. Atau bisa juga mereka menemukannya secara tidak sengaja. Intinya keberadaan keterangan tentang informasi perusahaan atau brand yang lengkap dengan kontak seperti e-mail atau nomor telepon sangatlah penting untuk dicantumkan pada bio akun sosial media bisnis Anda.

Update Informasi

Perlunya update informasi secara berkala berkaitan tentang relevansi sebuah perusahaan terhadap target marketnya. Ketika tidak ada update sama sekali pada laman media sosial bisnis Anda, maka kepercayaan dan ketertarikan calon customers kepada perusahaan atau brand Anda akan mengalami penurunan.

Peningkatan Engagement

Bagi beberapa brand dan perusahaan, engagement dengan customers adalah hal yang mutlak untuk ditingkatkan. Dalam penerapannya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan engagement dan awareness dari sebuah akun media sosial bisnis Anda. Mulai dari kerja sama dengan para influencer, pengadaan give away, mengunggah konten-konten viral, dan masih banyak lagi.

Boost Konten dan Menjalankan Ads

Promosi secara gencar-gencaran di akun media sosial online memang tidak menjamin kesuksesan sebuah perusahaan ataupun brand. Akan tetapi jika dikelola dengan baik, platform media sosial dapat menjadi senjata bagi pengembangan bisnis Anda. Misalnya saja dengan memanfaatkan layanan boost konten dan ads pada instagram dan facebook. Tentunya brand atau produk perusahaan Anda dapat diketahui oleh lebih banyak pengguna.

Baca Juga:
Membangun Brand Awareness dengan Biaya Minim melalui Social Media
Sosial Media sebagai Solusi untuk Meningkatkan Profit
Strategi Memanfaatkan Social Media untuk Bisnis

Ingin memaksimalkan platform media sosial dalam pengembangan bisnis, tapi tidak memiliki cukup waktu dan tim yang profesional? Sooca Design solusinya. Kami menyediakan jasa pengelolaan media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan tentunya juga meningkatkan penjualan. Hubungi kami melalui e-mail (studio@soocadesign.com) , telepon 08157708057 atau langsung klik  .

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat