Dalam sebuah proyek, Anda akan banyak menjumpai simbol K3 industri. Safety sign industri ini memiliki berbagai bentuk, tapi semua simbol K3 industri dirancang untuk mempromosikan keselamatan dengan memberitahu pekerja, operator, dan pejalan kaki mengenai potensi bahaya di area tertentu, di dekat peralatan, atau di dekat bahan berbahaya. Lebih lengkapnya, simak pembahasan safety sign di area industri berikut ini.

Pembahasan Tentang Safety Sign Proyek Industri

safety sign proyek industri

Vector created by studiogstock – freepik

 

Rambu K3 industri digunakan untuk beberapa tujuan yang sebagian besar untuk penerapan umum dan dikategorikan menjadi 3, yaitu:

·        Persyaratan Pemeliharaan Peralatan

Peralatan dan mesin industri membutuhkan pemeliharaan rutin yang berkelanjutan agar dapat berfungsi dengan baik. Safety sign proyek industri sering digunakan untuk menjelaskan persyaratan perawatan dan memberikan instruksi dasar untuk prosedur perawatan, seperti cara yang tepat untuk mematikan peralatan sebelum melakukan pemeliharaan rutin.

·        Petunjuk Pengoperasian

Seperti halnya safety sign untuk persyaratan pemeliharaan, safety sign proyek yang berisi simbol k3 industri biasanya digunakan untuk menjelaskan prosedur operasi dasar untuk memastikan keselamatan operator.

Sementara operator peralatan yang berpengalaman mungkin tidak perlu meninjau prosedur keselamatan standar sebelum penggunaan alat. Safety sign jenis ini sering diperintahkan oleh badan pengatur dan menyediakan jaring pengaman sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dalam mencegah kecelakaan.

·        Instruksi Keselamatan

Safety sign jenis ini digunakan untuk menyampaikan peringatan keselamatan yang penting terkait risiko kesehatan dan cedera. Safety sign ini dapat menampilkan informasi mengenai menghindari paparan bahan kimia berbahaya atau berfungsi sebagai pemberitahuan lokasi peralatan keselamatan, seperti stasiun pencuci mata.

Semua safety sign industri dimaksudkan untuk menyampaikan informasi penting yang mungkin tidak jelas sekilas pandang untuk menjaga pekerja dan orang lain agar aman dari potensi cedera atau risiko kesehatan.

Jenis Safety Sign Industri

Safety sign industri memiliki berbagai bentuk, fungsi, dan harga safety sign yang juga bervariasi. Namun, safety sign industri dapat diklasifikasikan dengan baik berdasarkan penggunaan utamanya. Ketika kebanyakan orang memikirkan safety sign industri, mereka akan memikirkan rambu-rambu “hati-hati” dan “peringatan” standar yang menunjukkan risiko. Jenis-jenis safety sign ini mewakili satu dari tiga tingkat bahaya, yaitu:

1.     Tanda Bahaya (Danger Signs)

Menunjukkan bahaya langsung yang akan mengakibatkan cedera atau kematian jika tidak dihindari.

2.     Tanda Peringatan (Warning Signs)

Mengindikasikan tingkat bahaya yang berada di antara kehati-hatian dan bahaya, menunjukkan risiko yang dapat mengakibatkan cedera serius atau kematian apabila tidak dihindari.

3.     Tanda Peringatan (Caution Signs)

Mewakili tingkat bahaya terendah yang mengindikasikan situasi berbahaya yang berpotensi mengakibatkan cedera ringan hingga sedang bila tidak dihindari.

Related post: Jasa Desain Poster Keselamatan Kerja (Safety Poster)

Contoh Penerapan Safety Sign Industri

Tentu saja safety sign proyek industri mencakup lebih dari sekadar tingkat bahaya. Beberapa contoh penerapan safety sign industri adalah:

1.     Biological Hazard Signs

Digunakan untuk menunjukkan keberadaan aktual atau potensial dari biohazard, mengidentifikasi objek yang mungkin terkontaminasi dengan “viable hazardous agents” yang dapat menimbulkan risiko kesehatan seseorang.

2.     Notice Signs

Digunakan untuk mengkomunikasikan informasi umum yang relevan dengan peralatan, bangunan, area, atau mesin. Safety sign ini terkait dengan praktik yang tidak berhubungan dengan cedera pribadi.

3.     General Safety Signs

Digunakan untuk mengkomunikasikan instruksi dan prosedur keselamatan penting, seperti aturan dan praktik untuk pertolongan pertama, sanitasi, pembersihan, peralatan medis, dan lain-lain.

4.     Fire Safety Signs

Seperti dijelaskan sebelumnya, safety sign industri sering digunakan untuk memberi label lokasi peralatan darurat seperti alat pemadam kebakaran. Safety sign ini tidak termasuk arahan untuk mengoperasikan peralatan keselamatan, sebaliknya, safety sign hanya menandai lokasi peralatan darurat sehingga lebih mudah diakses jika terjadi kondisi berbahaya.

5.     Admittance Signs

Digunakan untuk menunjukkan siapa saja yang diizinkan memasuki area atau lokasi yang ditentukan. Biasanya tanda ini digunakan bersamaan dengan jenis tanda lainnya seperti rambu “warning” atau “caution”.

Itu tadi beberapa pembahasan tentang safety sign proyek. Jika Anda tertarik untuk memiliki safety sign untuk proyek industri, maka Anda dapat memanfaatkan  jasa desain safety sign dan dapatkan penawaran harga safety sign yang menarik dari Sooca Design.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.