Peran Desain Logo Dalam Branding Image Sebuah Bisnis

Membangun brand juga sangat penting untuk Anda yang akan memulai suatu bisnis. Salah satu cara membangun brand perusahaan yaitu dengan menciptakan logo yang berkualitas. Artikel kali ini akan menjelaskan tentang peran desain logo dalam meningkatkan branding sebuah bisnis.

Logo merupakan representasi dari perusahaan dalam mendefinisikan identitas dan visi misinya. Dengan adanya sebuah logo, konsumen bisa dengan sangat mudah memilih barang mana yang akan mereka beli. Meskipun ada sebagian logo yang tidak mewakili dari identitas perusahaan, akan tetapi kebanyakan logo yang ada biasanya didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalamnya.

Logo juga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari strategi branding perusahaan. Setiap konsumen memiliki pendapat yang kuat mengenai brand kesayangan mereka.

Disadari ataupun tidak pelanggan pada umumnya membentuk ikatan emosional pada merek ini bahkan seringkali mengabaikan produk atau jasa yang lebih baik karena semata-mata visibilitas dan brand recognition yang tinggi.

Jika brand sudah dikenal luas, maka brand atau merek tersebut bahkan bisa menggantikan nama dari produk yang ada di pasaran. Anda tentu saja mengenal nama nama produk seperti odol dan Google yang pada dasarnya merupakan merk sebuah perusahaan.

Odol adalah merek pada pasta gigi yang sangat terkenal pada tahun 1940-an sehingga masuk dalam kamus besar bahasa Indonesia. Oleh karena itu sangatlah penting bagi setiap perusahaan atau bisnis untuk memiliki strategi dan pendekatan yang jelas serta unik bagi sebuah logo yang dapat diidentifikasi. Di sisi lain, logo berfungsi juga untuk memperkuat iklan dalam pengenalan produk kepada masyarakat.

Identitas perusahaan, corporate identity atau desain logo banyak menolong industri atau suatu bisnis.  Simak beberapa peran desain logo dalam meningkatkan branding sebuah bisnis di bawah ini.

Peran Desain Logo dalam Meningkatkan Branding

  • Membantu perusahaan untuk membentuk dan terlihat profesional. Ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Karena masyarakat percaya suatu jasa atau produk dengan merek terkenal biasanya memiliki kualitas yang unggul.
  • Seiring dengan pertumbuhan, banyak pelanggan akan tetap loyal dengan merek tersebut. Bahkan besar kemungkinan untuk seseorang memberikan rekomendasi ke orang lain atas suatu jasa atau produk yang telah dia gunakan.
  • Sisi desain grafis dari logo dapat meningkatkan awareness dari produk atau jasa yang ditawarkan terutama apabila nama perusahaan tersebut tidak semerta-merta menjelaskan sesuatu. Ciri khas suatu logo menjadi hal penting untuk dilakukan karena untuk membedakan antara jasa atau produk Anda dengan brand lain.
  • Identitas brand yang kuat sangatlah penting karena pada umumnya manusia lebih mudah mengingat gambar dari pada tulisan. Ada pepatah yang mengatakan “gambar berbicara setara dengan ribuan kata-kata”. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh memasukkan kata ke dalam logo Anda.
  • Dari merek atau brand dapat menjadi nilai tambah yang menguntungkan apabila sewaktu-waktu perusahaan memutuskan untuk menjual saham atau masuk pasar saham atau bursa efek jakarta. Bahkan perusahaan tersebut dapat dinilai lebih tinggi dari nilai buku hanya karena merek.

Baca juga: Logo yang Bagus untuk Branding Image Produk

Desain logo sangat berpengaruh pada branding suatu produk, maka dari itu, buatlah logo perusahaan Anda dengan sangat bagus sehingga bukan hanya mudah diingat, tetapi juga bisa mencitrakan produk produk yang Anda jual. Kesulitan dalam membuat desain logo? Hubungi kami di sini. Anda juga bisa mengunjungi akun instagram kami di @soocadesign.

soocadesign: