Apakah Anda telah mengetahui pengertian safety sign? Menurut bahasa, safety sign adalah tanda keselamatan. Biasanya Anda dapat menemukan safety sign di lokasi kerja atau tempat-tempat umum. Salah satu jenis safety sign yang populer dan kerap dijumpai adalah signboard lalu lintas yang berfungsi sebagai penunjuk arah. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang safety sign, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Safety Sign dan Penggunaannya

Safety sign adalah rambu-rambu keselamatan yang berfungsi untuk membantu melindungi kesehatan serta keselamatan baik para pekerja maupun pengunjung yang ada di suatu lokasi. Terdapat beberapa jenis safety sign yang dapat Anda jumpai, yaitu safety sign dengan simbol, safety sign yang berwujud pesan tertulis, serta safety sign dengan gabungan tulisan dan simbol.

Tulisan pada safety sign tidak bisa diletakkan bersama gambar sekaligus, tapi harus ditambahkan di luar gambar, misalnya di bagian samping atau bawah gambar. Tulisan pada safety sign ini juga harus sesuai dengan gambar rambu tersebut. Selain itu, terdapat pula warna-warna khusus yang digunakan pada safety sign, seperti biru, merah, kuning, dan hijau.

pengertian safety sign dan manfaat safety sign

Semua warna tersebut memiliki makna tersendiri seperti perintah, larangan, peringatan, dan menunjukkan arah. Terdapat pula standar bentuk safety sign, yakni lingkaran digunakan untuk larangan dan instruksi, segitiga untuk menunjukkan peringatan, dan persegi untuk keadaan darurat serta tanda informatif.

Safety sign juga dikelompokkan berdasarkan tujuan pembuatannya, seperti safety sign “perintah” yang terdiri dari larangan dan kewajiban. Selanjutnya safety sign “waspada” yang bertujuan untuk memberi peringatan, bahaya, atau perhatian. Ada pula safety sign “informasi dan umum” untuk memberikan arahan bagi pembacanya.

Prinsip Dasar Pembuatan Safety Sign

Sebelum memutuskan untuk menyewa jasa pembuatan safety sign, sebagai customer Anda perlu memahami beberapa prinsip dasar dari pembuatan safety sign. Berikut beberapa diantaranya:

  • Untuk menarik perhatian dengan cepat dan menghindari ambigu atau kebingungan dalam menerima informasi, sehingga siapapun yang membaca safety sign dapat dengan jelas menangkap maksud dari rambu tersebut.
  • Sistem safety sign tidak diizinkan untuk digunakan sebagai pengganti perlindungan sebab safety sign hanya dapat digunakan sebagai sumber informasi terkait keselamatan.
  • Agar sistem safety sign dapat berjalan secara efektif dan mampu berdiri sendiri, maka harus disajikan sesederhana mungkin sehingga dapat dipahami oleh seluruh pekerja atau pengunjung.

Berdasarkan prinsip-prinsip di atas, safety sign dibuat seefektif mungkin agar dapat digunakan di lokasi kerja. Tanda, gambar, warna yang digunakan harus didesain dengan sederhana tapi mudah dipahami. Material yang digunakan dalam pembuatan safety sign juga harus memiliki daya tahan yang kuat dan aman ketika ditempatkan di lokasi kerja.

Apabila kondisi tempat kerja telah berubah dan sudah tidak sesuai dengan safety sign yang terpasang, maka safety sign harus sesegera mungkin dilepas dan digantikan dengan safety sign baru yang sesuai. Dalam menempatkan safety sign tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena hal ini dapat memicu terjadi ambiguitas atau kebingungan bagi para pekerja atau pengunjung yang membacanya. Oleh sebab itu, penempatan safety sign harus memperhatikan kondisi lingkungan di lokasi. Apabila dirasa masih memerlukan bantuan, maka Anda bisa bekerja sama dengan Sooca Design selaku penyedia jasa pembuatan safety sign Semarang yang berpengalaman serta profesional.

Apa Saja Manfaat Safety Sign?

Ada beberapa manfaat safety sign sehingga penting sekali untuk ditempatkan di lokasi-lokasi khusus seperti lokasi proyek dan area kerja, di antaranya untuk menarik perhatian pekerja atau pengunjung tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3), memberi petunjuk tentang adanya potensi bahaya yang mungkin tak terlihat oleh pekerja atau pengunjung.

Selain itu, manfaat safety sign lainnya yaitu menyediakan informasi secara umum sekaligus memberikan pengarahan, mengingatkan para pekerja untuk selalu menggunakan APD ketika menjalankan tugas, mengindikasi di mana letak peralatan keselamatan darurat, dan yang terakhir yaitu untuk memberikan peringatan waspada mengenai beberapa tindakan yang tidak diizinkan untuk dilakukan.

Setelah memahami tentang pengertian safety sign serta manfaat safety sign, semoga Anda akan semakin menyadari tentang pentingnya keselamatan dalam dunia kerja.

Demikian beberapa informasi tentang safety sign. Jika Anda ingin membuat produk seperti safety handbook atau video safety, segera hubungi Sooca Design sebagai agensi jasa pembuatan safety sign Semarang yang akan selalu siao membantu kebutuhan perusahaan Anda.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.