Safety hand gloves adalah alat pelindung pada tangan manusia yang berfungsi untuk melindungi dari bahaya benda tajam, panas, serta bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Penggunaan alat ini sangat diperlukan pada kondisi-kondisi tertentu yang ada ancaman bahaya bagi tangan pekerja, baik itu karena benda yang tajam, panas maupun mengandung bahan kimia berbahaya. Pastikan untuk memakainya sesuai dengan standar yang benar.

Safety Hand Gloves Adalah Pelindung Tangan yang Sangat Penting

Safety hand gloves adalah alat yang akan melindungi tangan pekerja dari berbagai ancaman bahaya saat sedang mengerjakan sesuatu. Ada berbagai macam jenis dari alat pelindung tangan ini, diantaranya adalah yang bernama impact hand gloves yang memiliki fungsi untuk menghindari luka dari tumbukan. Bagi pekerja yang resiko tangannya terkena tumbukan berbagai benda keras maka diharuskan memakainya agar tidak terjadi luka yang serius.

Ada pula yang bernama cut & puncture resistant gloves dengan kegunaan mengurangi goresan benda-benda. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh alat pelindung tangan yang satu ini adalah juga mengurangi resiko terkena benda tajam. Bagi pekerja yang sedang mengoperasikan mesin abrasi maka akan sangat membutuhkan benda ini. Pastikan memakai alat pelindung ini agar bisa meminimalisir resiko ketika sedang menghadapi benda-benda tersebut

Safety Hand Gloves untuk Berbagai Bidang Pekerjaan

panduan perawatan pelindung tangan atau safety hand gloves

Jenis lain dari pelindung tangan adalah yang chemical resistant gloves yang biasanya digunakan oleh orang-orang di bidang medis. Penggunaan sarung tangan ini akan sangat membantu, sifatnya yang anti air membuatnya sangat dibutuhkan di dunia medis. Petugas yang berada di laboratorium juga membutuhkan alat pelindung ini, penggunaannya hanya bisa sekali pakai saja.

Penggunaan safety hand gloves ada di berbagai bidang pekerjaan selain untuk bidang kedokteran dan juga bidang mekanik, banyak bidang lainnya yang menggunakan pelindung tangan. Para pekerja tidak boleh menyepelekan masalah penggunaan safety hand gloves agar tidak terjadi masalah serius ketika sedang mengerjakan suatu pekerjaan.

Pelindung tangan lainnya ada yang bernama hand gloves. Benda yang satu ini memiliki kegunaan sebagai isolator panas. Berbagai pekerjaan manusia yang menggunakan suhu tinggi biasanya menggunakan sarung tangan ini. Pekerjaan-pekerjaan seperti las, blander, furnance,  dan lain-lain biasanya memerlukan alat pelindung tangan dengan bahan kulit untuk bagian luar serta kain di bagian dalam.

Panduan Perawatan Pelindung Tangan yang Benar

Panduan perawatan pelindung tangan diperlukan agar benda ini bisa tetap berfungsi dengan baik dan maksimal sehingga bisa memberikan keamanan bagi pemakainya. Bagi pengguna APD ini maka sebaiknya selalu rutin melakukan pengecekan setiap akan memakainya. Hal ini dilakukan dengan tujuan memastikan bahwa sarung tangan dalam kondisi yang baik dan normal sehingga bisa tetap digunakan serta berfungsi dengan baik.

Panduan perawatan pelindung tangan tidak hanya tentang pengecekan oleh pemakai sebelum digunakan akan tetapi juga kebersihannya. Sarung tangan pelindung ini cara mencucinya adalah dengan menggunakan air biasa maupun air hangat. Pastikan bahwa benda ini dicuci dengan air tidak menggunakan cara dry cleaning, kecuali memang diperbolehkan oleh produsen pembuatnya.

Related post: Keselamatan Kerja Adalah Hak Semua Pekerja

Cara mencuci alat pelindung tangan ini sebaiknya dipisahkan dengan APD lainnya. Adanya berbagai jenis sarung tangan yang ada dengan bahan-bahan berbeda juga menjadikan cara merawatnya tidak sama. Sarung tangan dengan bahan nilon sebaiknya dicuci dengan menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 40 derajat celcius. Sarung tangan pelindung yang berbahan wol berbeda lagi, sebaiknya menggunakan suhu normal atau 20 derajat celcius.

Related Post: Jasa Konsultan Safety Sign Terpercaya

Pekerja dalam menjalankan aktivitasnya maka sebaiknya selalu menggunakan APD sesuai standar. Bagi orang yang seharusnya menggunakan pelindung tangan maka harus selalu memakainya dan memastikan bahwa sarung tangan tersebut memang bisa berfungsi dengan baik sebelum digunakan. Perawatan terhadap alat pelindung tangan yang baik akan menjadikannya nyaman pada saat sedang digunakan dalam bekerja.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.