Annual Report organisasi non-profit / yayasan atau foundation menjadi satu kesatuan utuh dalam pelaporan kegiatan dalam 1 tahun. Annual report atau laporan tahunan ini menjadi bahan rujukan bagi lembaga donor maupun perorangan dalam menilai kinerja Yayasan. Selain itu, pembuatan annual report yayasan atau organisasi non-profit ini juga akan mencantumkan, merangkum, dan memberikan catatan tentang kegiatan foundation selama satu tahun terakhir. Meskipun nantinya format dan tampilannya dibuat dengan sedikit kasual, penuh warna, infografis menarik, dan isi yang spesifik, namun laporan tahunan juga perlu membahas seputar persyaratan hukum tertentu. Konten dalam annual report yayasan atau organisasi non-profit ini juga bergantung pada tujuan pelaporannya.

Pertimbangan Penting Ketika Membuat Annual Report Yayasan atau Organisasi Non-Profit

Annual Report Yayasan Atau Organisasi Non-Profit

Agar lebih cepat dan efektif, banyak yayasan yang memilih untuk menggunakan jasa desain annual report profesional. Meski demikian, penting bagi pihak yayasan untuk mengetahui hal-hal yang menjadi pertimbangan penting sebelum berjalannya proses pembuatan annual report yayasan atau organisasi non-profit. Berikut sedikit ulasannya:

Informasi Mendasar

Informasi yang terkandung dalam annual report yayasan atau organisasi non-profit harus memberi gagasan yang jelas tentang kinerja dan bagaimana yayasan berencana untuk tumbuh dan meningkatkan organisasinya di tahun-tahun mendatang kepada para donatur baik dari lembaga maupun perorangan. Bukan hanya sebagai bentuk pemenuhan tanggung jawab, annual report juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan dari para donatur untuk tetap bisa menjalin hubungan yang baik dengan yayasan atau organisasi non-profit sehingga terjalin simbiosis mutualisme dalam jangka panjang.

Kata Sambutan

Umumnya annual report yayasan atau organisasi non-profit akan disertai dengan kata sambutan yang berasal dari dari pimpinan atau ketua dewan direksi kepada para donatur. Kata sambutan tersebut harus memberikan gambaran umum tentang perkembangan penting dari yayasan selama periode satu tahun. Kata sambutan juga bisa diisi dengan informasi rincian tentang keberhasilan serta tantangan satu tahun belakangan. Tentu saja annual report pun harus mencakup prospek masa depan bagi yayasan, termasuk wawasan tentang target penerima donasi dan peluang pertumbuhan yang signifikan.

Baca juga : Agensi Jasa Pembuatan Annual Report Badan Usaha Jalan Tol

Analisa dan Pembahasan Manajemen

Analisis dan Pembahasan Manajemen adalah bagian dari annual report yayasan atau organisasi non-profit yang tidak mungkin ditinggalkan. Topik diskusi biasanya mencakup pengenalan program baru, pembaruan sistem, dan manajemen informasi lainnya yang diyakini penting untuk diketahui oleh para donatur. Hal ini menjadi gambaran dari perkembangan tahun sebelumnya dan bagaimana kinerja yayasan selama masa satu tahun tersebut. Diharapkan dapat menjadi titik awal yang baik bagi donatur baru yang ingin memahami dasar-dasar prinsip dan tujuan yayasan.

Laporan Keuangan dan Kegiatan

Laporan keuangan dan kegiatan menjadi poin pembahasan utama dalam laporan tahunan yayasan atau organisasi non-profit. Di sinilah yayasan akan memberikan angka yang digunakan para donatur untuk menentukan seberapa baik kinerja perusahaan secara finansial. Dan untuk laporan kegiatan tentu saja memiliki keterkaitan yang erat dengan sistem pengelolaan keuangan. Tentu saja para donatur akan selalu menyambut baik transparansi yang dilakukan oleh pihak yayasan atau organisasi non-profit.

Kredibilitas dalam Annual Report

Sebagai organisasi, kredibilitas menjadi keharusan sebagai bekal dalam menjalankan aktivitasnya. Citra yang positif tidak hanya harus disampaikan bagi pihak pendonor, namun juga bagi mitra kegiatan.
Dengan menyajikan Annual Report yang baik, kredibilitas organisasi atau pun lembaga Anda akan meningkat. Tentu selain profil lembaga, disajikan juga data aktivitas selama satu tahun, program kerja, serta hal yang penting dan krusial, adalah laporan tentang keuangan selama setahun. Data-data tersebut disajikan dengan desain yang baik, dilengkapi dengan foto dan grafik yang menarik.

Jasa Pembuatan Annual Report Yayasan Aatau Organisasi Non-Profit

Jasa Pembuatan Annual Report Yayasan Atau Organisasi Non-Profit

Sebelum memasuki pergantian tahun 2019-2020, segera persiapkan annual report yayasan atau organisasi non-profit milik Anda. Semakin cepat dikerjakan, maka akan semakin cepat pula dapat di distribusikan kepada para donatur dan publik. Adapun kebutuhan pembuatan annual report Organisasi non-profit meliputi:

  • Penulisan sustainability report
  • Translate English
  • Conceptual Photography
  • Desain dan Layout
  • Produksi cetak

Baca juga : Konsultan GCG dan Perannya Dalam Annual Report

Jika saat ini Anda sedang mencari jasa pembuatan annual report yayasan atau organisasi non-profit yang dapat dipercaya, maka Sooca Design adalah jawabannya. Berbekal tim yang kompeten dan profesional, serta pengalaman yang andal kami siap menjadi partner jasa pembuatan annual report yayasan atau organisasi non-profit terbaik bagi Anda. Segera hubungi tim marketing kami melalui kontak.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat