Apa Itu Pengertian Annual Report Perusahaan?

Laporan keuangan tahunan atau populer dengan sebutan Annual Report (AR) adalah sebuah bentuk publikasi laporan keuangan perusahaan selama satu tahun kepada shareholders dan pihak-pihak berkepentingan lainnya. Kapan perusahaan wajib membuat annual report? Jika dilihat dari kacamata peraturan OJK tentang penyampaian laporan keuangan yang dimuat pada nomor 29 tahun 2016 tentang laporan tahunan emiten atau perusahaan publik, Annual report perusahaan wajib disampaikan paling lambat pada akhir bulan keempat setelah tahun buku berakhir. Laporan keuangan tahunan tersebut wajib disampaikan kepada pihak Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal yang sama dengan tersedianya laporan tahunan bagi para pemegang saham. Selain dalam bentuk cetak, annual report juga seringkali dimuat secara online pada website resmi perusahaan.

Rekomendasi untuk Anda: Jasa Pembuatan Annual Report BUMN

Investor potensial dan pemegang saham adalah audiens utama dari sebuah annual report perusahaan. Laporan keuangan tahunan tersebut harus memberikan informasi yang paling relevan kepada para investor dan juga harus mampu mengomunikasikan pesan utama dari perusahaan. Nantinya, para investor dapat menjadikan annual report sebagai opsi untuk menggali informasi lebih dalam tentang sebuah perusahaan. Perlu diingat, informasi dapat lebih terpercaya dan diandalkan apabila mereka mendapatkannya langsung dari sebuah laporan keuangan tahunan (Annual Report).

Tujuan Pembuatan Annual Report Perusahaan

1. Memberikan Informasi Keuangan

Laporan tahunan memberikan informasi tentang tahun fiskal perusahaan. Informasi keuangan yang disediakan dalam laporan tahunan membantu menentukan status bisnis saat ini, bagaimana perusahaan mendanai operasi dan pertumbuhan, dan seberapa baik perusahaan ditempatkan dalam menghasilkan uang bagi para investor-nya. Nantinya, informasi keuangan dari annual report perusahaan akan membantu pembaca untuk menentukan apa yang dimiliki perusahaan, bagaimana perusahaan mendanai operasional dan pertumbuhan, serta seberapa baik perusahaan dalam menghasilkan uang bagi investor.

2. Memaparkan Pencapaian

Pembuatan Annual report turut memaparkan informasi terkait misi dan sejarah, merangkum pencapaian perusahaan selama satu tahun terakhir. Selain pencapaian keuangan, prestasi perusahaan lainnya juga ikut dicatat. Seperti kemajuan penelitian, keuntungan pangsa pasar atau penghargaan yang diberikan kepada perusahaan atau karyawan. Bagian pencapaian juga disertai informasi tentang hal-hal seperti peningkatan penjualan atau pengadaan mesin baru yang menunjang profitabilitas dan produktivitas perusahaan. Tujuannya untuk membuat shareholders dan investor merasa senang dengan partisipasi mereka di perusahaan Anda.

3. Mempromosikan Perusahaan Anda

Selain kedua fungsi diatas, annual report perusahaan juga berfungsi sebagai alat pemasaran yang cukup efektif. Penggunaan tema tertentu, seperti tonggak sejarah atau fokus pada peningkatan kehidupan teknologi, dan lain sebagainya. Memasukkan kisah-kisah positif dari karyawan dan pelanggan atau momen-momen penting dalam sejarah perusahaan Anda yang diselingi sepanjang laporan dapat meningkatkan jumlah pembaca laporan dan menarik bagi investor dan pelanggan baru. Desain dan tata letak teknik yang modern merupakan pertimbangan penting ketika menggunakan annual report perusahaan sebagai alat pemasaran.

Peraturan OJK Tentang Penyampaian Laporan Keuangan Tahunan

Peraturan OJK tentang penyampaian laporan keuangan tahunan

Image by Emitennews

Dalam rangka meningkatkan kualitas keterbukaan informasi dari perusahaan melalui annual report, Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan sebuah peraturan perundang-undangan yaitu nomor 29 /POJK.04/2016 tentang laporan tahunan emiten atau perusahaan publik. Laporan keuangan tahunan atau pembuatan annual report perusahaan wajib diperbanyak dalam bentuk salinan dokumen cetak maupun salinan dokumen elektronik. Seperti yang tercantum pada peraturan OJK tentang penyampaian laporan keuangan, berikut informasi yang harus dimuat dalam sebuah annual report perusahaan:

– Ikhtisar data keuangan penting

– Informasi saham (apabila ada)

– Laporan direksi

– Laporan dewan komisaris

– Profil emiten atau perusahaan publik

– Analisa dan pembahasan manajemen

– Tata kelola emiten atau perusahaan publik

– Tanggung jawab sosial dan lingkungan emiten atau perusahaan publik

– Laporan keuangan tahunan yang telah di audit

– Surat pernyataan anggota direksi dan anggota dewan komisaris tentang tanggung jawab atas laporan tahunan

Peraturan OJK tentang penyampaian laporan keuangan tahunan juga mewajibkan annual report perusahaan untuk disajikan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa asing (dalam buku terpisah). Menilik tentang perihal kapan perusahaan wajib membuat annual report, pihak Otoritas Jasa Keuangan juga telah menetapkan batasan waktu paling lambat yaitu pada akhir bulan keempat setelah tahun buku berakhir. Atau dengan kata lain, penyampaian annual report pada pihak OJK wajib dilakukan pada tanggal yang sama dengan tersedianya laporan keuangan tahunan bagi pemegang saham. Jumlah yang diberikan dalam dokumen cetak paling sedikit 2 eksemplar dan satu diantaranya dalam bentuk asli (ditandatangani secara langsung oleh seluruh anggota direksi dan anggota dewan komisaris), dan salinan dokumen elektronik.

Pembuatan Annual Report Perusahaan Untuk Kompetisi ARA

Annual report award atau disingkat ARA merupakan sebuah kompetisi sekaligus ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan phak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Kementrian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia. Sejatinya, ajang Annual Report Award (ARA) bertujuan untuk mendorong penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) perusahaan-perusahaan di Indonesia melalui keterbukaan informasi serta praktik-praktik GCG. Selain mendapatkan penilaian dan pemberian rekomendasi perbaikan dari, perusahaan yang melakukan pembuatan annual report perusahaan untuk kompetisi ARA juga akan mendapat respon positif atas keterbukaan informasi yang wajar dan relevan kepada publik secara luas.

Baca juga: Jasa Pembuatan Laporan Berkelanjutan Tahun 2019

Sooca Design, Agensi Andalan Yang Melayani Jasa Pembuatan Annual Report Perusahaan

Demikian informasi seputar pengertian annual report perusahaan, isi laporan keuangan tahunan, kapan perusahaan wajib membuat annual report, serta informasi tentang ARA. Jika Anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi konsultan annual report atau jika perlu membuatnya dengan cepat, segera hubungi jasa pembuatan annual report profesional yaitu Sooca Design.

Waktu terbaik untuk membuat annual report perusahaan Anda adalah SEKARANG!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.