Cara Berkomunikasi Yang Berbeda Melalui Online Annual Report / Digital Annual Report

microsite annual report

vector created by rawpixel.com on freepik

Laporan tahunan atau annual report merupakan hal yang krusial dan penting untuk diberikan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada stakeholder maupun publik. Dan pada era perkembangan teknologi yang pesat ini, perusahaan-perusahaan dituntut untuk mulai mencari cara berkomunikasi yang berbeda. Salah satunya adalah dengan mewujudkan online annual report atau juga sering disebut dengan istilah digital annual report.

Selain disajikan dalam bentuk cetak, laporan tahunan juga harus dapat diakses secara mudah dan cepat dalam sebuah halaman website perusahaan (website annual report). Data-data yang dimuat pada website annual report dapat dibuat dalam bentuk infografis sehingga mampu tampil secara lebih interactive serta informative.

Mengapa Perlu Membuat Microsite Annual Report?

Saat ini wajah annual report dapat dipercantik dengan bantuan dari jasa desain profesional. Telah bertransformasi menjadi salah satu media pemasaran perusahaan yang kreatif, annual report juga harus bisa diakses secara mudah dari manapun dan kapanpun. Tantangan inilah yang perlu dijawab oleh perusahaan-perusahaan yang akan melampirkan laporan tahunannya. Maka dari itu, microsite annual report sebagai salah satu bagian dari website annual report hadir menjadi solusi yang tepat dan efektif.

online annual report & digital annual report

vector created by freepik

Microsite sendiri merupakan halaman pada website atau lebih dikenal dengan istilah mini website. Tentu saja, microsite annual report tidak memiliki halaman yang lebih banyak dari pada website annual report. Hal ini menjadi satu kelebihan, karena saat ini mayoritas orang cenderung lebih memilih membaca sesuatu yang singkat, padat, jelas dan tentunya memiliki tampilan yang menarik. Untuk bisa membuatnya, Anda bisa meminta bantuan pada microsite annual report agency profesional dan telah berpengalaman.

Prinsip kinerjanya pun masih satu frekuensi dengan online annual report atau digital annual report, yaitu menyajikan data agar lebih mudah dan cepat untuk diakses. Bukan seperti PDF yang tidak selalu menjadi konten yang dapat ditelusuri.

Format microsite annual report sendiri memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari laporan tahunan perusahaan. Mengapa? Mari simak beberapa alasannya berikut ini..

  1. Banyaknya Pengguna Smartphone

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang orang-orang lebih cenderung membaca melalui layar smartphone. Data statistik terbaru menunjukkan, bahwa proporsi kunjungan situs global yang dilayani oleh perangkat seluler pada 2018 mencapai angka 52,2%.

Pertimbangkan perilaku inilah yang menjadi alasan mengapa Anda memerlukan microsite annual report yang responsif. Dengan begitu, akan memungkinkan lebih banyak orang yang dapat membaca laporan tahunan perusahaan Anda.

  1. Optimasi Mesin Pencari

Dengan menggunakan microsite, Anda menyajikan data laporan perusahaan yang mudah diilihat oleh mesin pencari. Tentu saja hal ini akan membantu pembaca untuk menemukan konten yang mereka cari secara tepat dan efisien. Selain itu, microsite juga akan memastikan data Anda muncul di lebih banyak hasil pencarian, ditambah juga situs website Anda akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Related post: 6 Cara Mudah Merancang Laporan Tahunan Yang Menarik

  1. Data Analytics

Ketika Anda meletakkan PDF di situs website, analytics akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak orang telah mengklik PDF Anda dan mengunduhnya. Tapi di situlah informasinya berakhir.

Apa yang dilakukan orang setelah itu?

Bagian laporan mana yang paling banyak dibaca?

Ketika laporan Anda disajikan sebagai microsite, analytics Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih luas tentang bagaimana laporan tahunan Anda digunakan dan kesempatan untuk menggunakan perspektif tersebut menjadi bahan perencanaan komunikasi tambahan, seperti menulis sebuah blogpost berfokus pada elemen yang paling dieksplorasi, dll.

  1. Memudahkan Stakeholder Untuk Berbagi

Jenis online annual report atau digital annual report yang berupa microsite dapat menyematkan alamat media sosial, dengan data kunci yang disajikan dalam grafik mandiri sehingga mudah untuk dibagikan.

Hal tersebut bisa membantu stakeholder (para pemangku kepentingan) untuk membagikan annual report Anda di media sosial mereka. Cara ini tentu saja sangat bermanfaat dalam memperluas jangkauan laporan tahunan Anda.  Walaupun dengan input minimal, Anda bisa mendapatkan hasil potensial yang maksimal.

  1. Menjadi Yang Terdepan

Menjadi yang terdepan dalam cara berkomunikasi berbicara tentang seberapa maju pemikiran dan relevansi organisasi Anda. Semakin hari, orang-orang semakin memahami website dan terbiasa mengonsumsi konten yang dirancang dengan tampilan menawan.

Pastikan laporan tahunan Anda disampaikan dengan cara yang tidak hanya menarik, tetapi fungsional untuk audiens Anda. Seperti yang dikatakan Steve Jobs; Desain adalah kata yang lucu. Beberapa orang berpikir desain berarti bagaimana tampilannya. Tapi tentu saja, jika Anda menggali lebih dalam, itu benar-benar tentang cara kerjanya.

Sebagai penutup artikel ini, perubahan memang bukanlah hal yang dapat dihindari. Justru sebaliknya, perubahan itulah yang harus kita hadapi. Bagaimana mencari jalan keluar terbaik, demi menjaga kestabilan perusahaan yang berkelanjutan.

Apabila Anda merasa ingin membuat online annual report / digital annual report yang tersedia di halaman website perusahaan, maka jangan ragu untuk bekerja sama dengan Sooca Design. Tidak hanya menyediakan layanan desain annual report, kami juga memiliki tim yang bekerja sebagai microsite annual report agency profesional.

 

Tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut? Langsung saja, klik DISINI.

 

Sumber Referensi:

http://iniscommunication.com/blog/why-your-annual-report-should-be-a-microsite/

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.