Setiap perusahaan yang berkualitas selalu mempunyai company profile (compro) yang menarik. Agar dapat mengenal lebih jauh mengenai suatu perusahaan, biasanya seseorang akan melihat compro dari perusahaan tersebut. Karena itulah keberadaan compro ini sangat penting demi eksistensi sebuah usaha.

mengenal company profile

Sumber : images.pexels.com

Apa Itu Company Profile

Jika berbicara tentang apa itu company profile (profil perusahaan), compro merupakan sebuah bentuk perkenalan profesional dari sebuah bisnis perusahaan yang bertujuan untuk mengenalkan atau memberikan informasi kepada orang-orang mengenai keberadaan bisnis tersebut dan juga produk atau layanan yang ditawarkan.

Apa itu company profile

Sumber : images.pexels.com

Apa itu company profile? Compro dapat dikatakan sebagai data diri dari sebuah perusahaan. Tidak ada perusahaan berkualitas yang tidak mempunyai compro. Karena itu keberadaan compro ini biasanya dijadikan tolok ukur sebuah perusahaan bisa bekerja profesional atau tidak. Apapun perusahaannya, pemilik usaha selalu berusaha menyajikan compro sebaik mungkin agar keberadaan usahanya dipandang dengan baik oleh masyarakat.

Fungsi Company Profile Bagi Sebuah Perusahaan

Sebuah perusahaan dengan compro yang baik tentu akan membawa segudang keberuntungan bagi perusahaan tersebut. Fungsi company profile yaitu menjadi salah satu sarana pengenalan perusahaan kepada masyarakat luas. Dihadirkannya compro ini karena compro mempunyai fungsi yang berperan aktif untuk perusahaan. Berikut adalah beberapa fungsi company profile bagi sebuah perusahaan:

1.     Memberikan Gambaran Umum Perusahaan

Profil perusahaan mampu memberikan gambaran umum mengenai bagaimana sebuah perusahaan tersebut berjalan. Orang-orang bisa mengetahui apa saja yang dilakukan perusahaan hanya dengan melihat profil yang disediakan. Jadi masyarakat akan langsung tahu seperti apa kira-kira suatu perusahaan tersebut beroperasi.

2.     Media Branding dan Publikasi

Fungsi company profile juga menjadi salah satu sumber informasi bagi calon pelanggan. Informasi apapun yang ada di dalam profil akan menunjukkan layanan yang dihadirkan oleh suatu perusahaan. Sehingga isi profil perusahaan dapat disesuaikan sedemikian rupa untuk menarik minat publik dan tentunya menonjolkan kelebihan perusahaan.

3.     Media Pemasaran

Karena profil perusahaan berisi apapun hal baik mengenai perusahaan, maka profil ini mampu dijadikan alat pemasaran yang efektif. Orang-orang yang membaca profil tersebut akan tertarik pada apa yang ditawarkan hanya dengan melihat profil perusahaan yang memukau. Hal ini bisa meningkatkan perkembangan perusahaan tersebut,

Fungsi dari profil perusahaan tersebut dapat berjalan dengan efektif hanya jika profil perusahaan dibuat dengan baik. Itulah alasan mengapa saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba membuat profil semenarik mungkin.

Related post: Begini Seharusnya Isi Company Profile Perusahaan

Hal-Hal yang Harus Ada Dalam Company Profile

Pembuatan company profile harus dipertimbangkan dengan matang agar dapat berfungsi sesuai yang diharapkan. Agar profil yang dibuat menarik dan komunikatif, maka ada beberapa hal penting yang harus dicantumkan. Apa sajakah itu? Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.     Cover Depan

Bagian paling awal yang harus ada tentunya adalah cover depan. Bagian cover depan in isinya nama perusahaan beserta logonya. Pembuatan cover ini sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar siapapun yang membacanya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perusahaan.

2.     Sejarah

Bagian ini wajib ada untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai bagaimana awal mula perusahaan terbentuk. Bagian ini biasanya diletakkan pada menu tentang kami atau sejarah perusahaan atau about us. Pembaca akan menemukan informasi mengenai tahun berdiri, pendiri, latar belakang, jenis usaha yang dijalankan, dan lainnya.

3.     Visi dan Misi Perusahaan

Bagian ini sangat penting karena dapat memberikan pandangan pada publik mengenai cita-cita yang hendak dicapai oleh perusahaan. Ini menunjukkan seberapa serius perusahaan dalam mewujudkan cita-citanya.

4.     Produk atau Layanan Perusahaan

Banyak orang yang hanya fokus pada bagian ini. Sebagian besar orang melihat profil perusahaan karena ingin tahu apa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Berikan gambaran umum mengenai apa yang disediakan agar pengunjung menemukan apa yang mereka cari dengan mudah.

5.     Kelebihan

Menunjukkan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan dapat menjadi sebuah strategi pemasaran yang cukup efektif. Orang-orang akan tertarik pada perusahaan karena keunggulan yang berbeda dari perusahaan lain.

6.     Cover Belakang dan Kontak

Bagian ini sangatlah penting karena dari sinilah orang-orang bisa menghubungi perusahaan. Sediakan kontak yang bisa dihubungi seperti alamat, nomor telepon, email, serta akun media sosial perusahaan agar lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Ciri-ciri Company Profile yang Baik

Setiap profil yang dibuat oleh perusahaan haruslah dapat mewakili keberadaan perusahaan itu sendiri. Suatu profil perusahaan dapat dikatakan baik jika mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini:

1.     Desain Menarik

Sebuah profil perusahaan dikatakan baik apabila mempunyai desain yang menarik perhatian publik. Desain menarik ini bisa dilihat penggunaan logo, motif serta pemilihan warna yang harmonis.

2.     Isi Jelas dan Singkat

Apa saja isi yang ada dalam profil perusahaan dapat menjadi penentu sebuah profil dikatakan baik atau tidak. Jangan membuat isi profil yang bertele-tele. Cukup buat isi profil yang jelas, singkat dan rapi agar lebih disukai oleh publik.

3.     Informasi Lengkap

Sebuah profil perusahaan yang tidak lengkap membuat orang-orang merasa malas karena informasi yang mereka cari tidak dapat ditemukan. Hal-hal yang harus ada dalam profil perusahaan tidak boleh ada yang ketinggalan agar profil lebih komunikatif.

4.     Ilustrasi Menarik

Sebuah profil perusahaan yang baik tentu mempunyai ilustrasi menarik yang sesuai dengan informasi yang disajikan. Ilustrasi ini biasanya berupa foto, gambar atau pun hanya icon yang membantu memperjelas sebuah informasi.

hal-hal yang harus ada dalam company profile

Sumber : images.unsplash.com/

Keberadaan profil perusahaan sangatlah penting karena memberikan dampak yang cukup besar bagi perusahaan. Suatu perusahaan dapat dikatakan berkualitas dan terpercaya hanya jika mempunyai profil yang baik. Jika profil yang disajikan saja terlihat berantakan, tentunya orang-orang akan menilai perusahaan tersebut juga sama berantakannya dengan profilnya. Untuk itu, siapkan profil perusahaan sebaik mungkin. Namun pengetahuan tentang apa itu company profile, fungsi company profile dan ciri-ciri company profile yang baik saja tidaklah cukup. Butuh keahlian khusus dan kreativitas untuk bisa membuat company profile yang profesional. Jikalau tidak dapat membuat sendiri, perusahaan bisa menyewa jasa pembuatan company profile yang sudah terjamin keprofesionalannya.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.