Apabila Anda ingin memastikan perusahaan Anda aman untuk karyawan, klien, vendor, dan pengunjung lain, maka Anda harus memasang rambu keselamatan sesuai acuan standar pemasangan rambu k3 (safety sign) yang berlaku. Artikel ini akan membahas mengapa perusahaan Anda wajib memasang rambu kesehatan dan keselamatan kerja dan serba-serbi safety sign yang perlu Anda ketahui.

Alasan Pentingnya Mematuhi Standar Pemasangan Rambu K3

Safety sign adalah cara yang paling efisien untuk memberikan peringatan, keamanan, dan informasi kesehatan sehingga keberadaannya penting di suatu perusahaan. Ketika seseorang tidak dapat berada di area tertentu sepanjang waktu untuk mengkomunikasikan bahaya atau masalah keselamatan, maka perlu ada sistem yang berlaku sebagai peringatan dini. Di sinilah peran safety sign.

Sejauh ini, safety sign adalah media komunikasi visual yang terbukti dapat mencegah terjadinya cedera dan kematian yang tidak diinginkan. Alasan lain mengapa perusahaan Anda wajib mengetahui standar pemasangan rambu K3 adalah karena safety sign diwajibkan oleh hukum. Salah satu lembaga yang mengatur penggunaan safety sign adalah OSHA.

Safety sign adalah

Image by FlitsArt from Pixabay

The Occupational Safety and Health Administration (OSHA) merupakan salah satu acuan standar pemasangan rambu k3(safety sign) di Amerika. OSHA memberikan peraturan, regulasi, dan spesifikasi terkait safety sign dan tanda keselamatan. Spesifikasi ini memberikan instruksi untuk menggunakan rambu k3, termasuk kapan rambu k3 digunakan dan beberapa persyaratan lainnya seperti pola, bentuk, tipografi dan warna.

Pada tahun 2008, OSHA mengeluarkan 1.311 kutipan dengan total denda sebesar $175,265 dan denda rata-rata sebesar $281. Hal ini menandakan OSHA sangat serius menangani upaya pencegahan cedera dan kecelakaan kerja.

Bagi perusahaan kecil, mematuhi standar keselamatan yang berlaku mungkin tampak berlebihan. Namun, jika Anda mengabaikan aturan tersebut perusahaan Anda tidak akan terlindung dari risiko hal-hal buruk yang mungkin terjadi di kemudian hari dan dapat menyebabkan kerugian

Apa Saja Standar Pemasangan Rambu K3 Menurut OSHA?

Safety sign biasanya dibuat khusus dan dicteak menggunakan simbol-simbol atau pesan tertulis khusus untuk menjelaskan informasi yang terlalu panjang untuk disampaikan secara langsung. Setiap rambu k3 memiliki warna yang berbeda dengan 4 tipe utama, yakni merah, hijau, kuning, dan biru. Masing-masing warna ini digunakan untuk menunjukkan tingkatan bahaya atau peringatan tentang keselamatan.

Tanda berwarna merah digunakan untuk tingkat bahaya tertinggi, termasuk informasi tentang mengevakuasi dalam kondisi darurat, alarm bahaya, dan mengidentifikasi peralatan pemadam kebakaran dalam keadaan darurat. Biasanya rambu berwarna merah memiliki bentuk bulat, persegi, atau persegi panjang. Bentuk ini tergantung pada penggunaan safety sign, apakah digunakan untuk alarm bahaya atau kebakaran.

Tanda berwarna kuning digunakan sebagai tanda peringatan untuk tindakan pencegahan dan waspada di area-area tertentu. Tanda berwarna biru digunakan untuk memberikan instruksi wajib, seperti memberitahu karyawan untuk selalu memakai kacamata dan helm di area tertentu di tempat kerja.

Tanda berwarna hijau biasa digunakan untuk pertolongan pertama dan darurat, tapi tidak terlalu berbahaya. Anda dapat menemukan rambu ini pada rute pelarian, jalur evakuasi, titik kumpul dan pintu keluar.

Related post: Masih Awam Dengan Desain Rambu K3, Berikut Contohnya!

Apapun bisnis yang Anda operasikan, alasan tepat untuk menempatkan safety sign adalah menjamin kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan atau buruh di tempat kerja. Misalnya seperti untuk menghindari bahaya di lokasi konstruksi, tumpahan air di yang berbahaya dan dapat membuat seseorang tergelincir dan jatuh, atau alasan-alasan lainnya. Pastikan standar pemasangan rambu K3 yang terdapat di tempat kerja Anda sudah tepat.

Anda wajib menggunakan rambu K3 yang tepat, memiliki kondisi yang baik, dan dapat dilihat dengan mudah dan jelas. Selain menggunakan safety sign, perusahaan Anda juga harus memiliki kebijakan asuransi untuk perlindungan tambahan.

Demikian pembahasan tentang betapa pembahasan tentang pentingnya memasang safety sign di lingkungan perusahaan. Bayangkan jika Anda memiliki karyawan baru yang memiliki keterampilan berbahasa inggris atau bahasa lokal yang terbatas. Dengan safety sign, Anda dapat melindungi karyawan Anda dari kecelakaan dengan mudah, bukan?

Temukan jasa pembuatan safety sign terbaik hanya di Sooca Design!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.