Hal pertama yang harus dilakukan oleh customer sebelum memutuskan untuk membeli produk adalah dengan mengenali produk. Sebagai pebisnis, membangun brand awareness mudah menjadi hal yang paling penting terlebih apabila produk baru launching dan butuh dikenal oleh banyak orang. Untuk membangun brand awareness mudah, berarti kita harus mengenalkan produk dan layanan bisnis kepada target market lebih gencar.

Pemasaran melalui social media merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan brand awareness bisnis karena social media mudah dalam penggunaan, jangkauan luas, dan biaya yang dibutuhkan relatif lebih sedikit. Berikut cara membangun kesadaran merek melalui social media :

baca juga : Cara mudah menarik perhatian pelanggan lewat social media

  1. Buat Tagline yang simple, tapi “kena”

Pasti sudah tidak asing lagi dengan tagline milik Nike “Just do it” dan milik Indomie “seleraku” slogan simple tapi “kena” dipikiran dan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah  brand. Anda sebagai pebisnis tidak boleh meremehkan kekuatan tagline bagi produk anda, tagline sederhana dan dekat dengan keseharian pelanggan lebih efektif dibanding tagline panjang tanpa makna yang sulit untuk di ingat.

  1. Aktif di Social media

Sering akses social media anda untuk membangun kesadaran merek bisnis anda. Selain aktif untuk membangun brand awareness dengan info seputar produk yang anda jual, anda juga harus sering aktif untuk berhubungan dengan pelanggan dengan membalas atau menawarkan secara langsung produk anda.

  1. Buat tampilan social media menarik

Tampilan social media seperti website, instagram, facebook, twitter dsb harus dibuat semenarik mungkin dari segi gambar maupun konten yang ada. Menarik disini juga harus disesuaikan dengan target market produk anda. Jangan sampai salah sasaran yang justru akan membuat tampilan social media dibenak target market anda menjadi basi dan terlupakan.

Sering melakukan update tampilan dan konten social media setiap berapa bulan sekali sangat bagus dilakukan agar terlihat fresh dan tidak membosankan.

  1. Melakukan Giveaway

Sesekali, anda harus melakukan giveaway yang merupakan event yang anda adakan untuk membagikan lisensi produk secara gratis dan legal dengan beberapa ketentuan yang anda berlakukan. Untuk produk baru, melakukan giveaway di social media merupakan cara tepat untuk membangun brand awareness. Dalam ketentuan mengikuti giveaway anda dapat menambahkan wajib follow akun social media sebagai syarat. Cara tepat meningkatkan followers dan memudahkan anda dalam melakukan promosi social media yang akan anda lakukan.

baca juga : Sosial Media sebagai Solusi untuk Meningkatkan Profit

Dengan budget minim, membangun brand awareness bisnis anda serasa lebih mudah dengan menggunakan social media. Hal yang anda butuhkan adalah kesabaran dan konsistensi dalam membangun kesadaran merek anda. Kelola akun social media bisnis anda dengan baik dan tepat agar dapat memberikan manfaat pada bisnis anda. Hubungi Sooca design yang akan membantu bisnis anda dalam mengelola akun social media melalui studio@soocadesign.com atau Telp. 08157708057.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat