Semakin meningkatnya isu krisis lingkungan, krisis sosial, hingga krisis ekonomi harus segera ditanggulangi. Setiap perusahaan wajib untuk mengalokasikan sejumlah dana untuk mengadakan kegiatan sebagai bentuk tanggung jawab sosial lingkungan atau dikenal dengan sebutan CSR (Corporate Social Responsibility). Berbagai jenis kegiatan dapat dipilih, seperti kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, pemberian sumbangan untuk membangun desa, pemberian dana untuk melakukan pemeliharaan fasilitas umum, kegiatan pemeliharaan lingkungan sekitar, dan masih banyak lagi. Manfaat positif dari CSR tidak hanya akan dirasakan oleh masyarakat, tetapi juga dapat membawa dampak baik bagi citra perusahaan Anda serta meningkatkan kepercayaan dari pihak investor, stakeholders dan shareholders.

Beberapa perusahaan di Indonesia kini mulai menyadari pentingnya perencanaan jangka panjang disamping faktor profitability bisnis semata. CSR juga menjadi sebuah fenomena dan strategi yang digunakan perusahaan sebagai sarana akomodasi kebutuhan dan kepentingan dari para stakeholder sebagai pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap eksistensi perusahaan.

Mengenal Manfaat Positif Dari CSR Bagi Perusahaan

Lebih Jauh Mengenal Manfaat Positif Dari CSR Bagi Perusahaan

Dalam upaya memberikan dampak baik bagi masyarakat sekitar, CSR juga meliputi orientasi terhadap kepedulian perusahaan pada lingkungan secara jangka panjang. Secara lebih luas, berikut pengenalan manfaat positif dari CSR (Corporate Social Responsibility) bagi perusahaan :

  1. Meningkatkan Kemungkinan Pendapatan Akses Sumber Daya

Ketika perusahaan memiliki rekam jejak yang baik dalam mengelola CSR (Corporate Social Responsibility), maka itu artinya perusahaan telah memiliki keunggulan ketika bersaing untuk mendapatkan kepercayaan dalam mendapatkan akses sumber daya yang diperlukan. Sehingga lebih besar kemungkinan perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkannya.

  1. Dianggap Layak Untuk Memperoleh SLO (Social License to Operate)

Sebagai komunitas utama, masyarakat memegang peranan penting bagi perusahaan. Ketika masyarakat merasa bahwa perusahaan membawa dampak yang baik dan menguntungkan bagi mereka, maka secara otomatis masyarakat akan memberikan keleluasaan dan kemudahan pada perusahaan untuk menjalankan bisnisnya atau dikenal dengan istilah SLO (Social License to Operate)

  1. Memperluas Jaringan Pemasaran Perusahaan

Dana yang diinvestasikan perusahaan untuk kepentingan dan kebaikan masyarakat serta lingkungan sekitar dapat membuka peluang lebar dalam memperluas jaringan pemasaran bisnis Anda. Tidak hanya itu, manfaat positif dari CSR juga dapat dirasakan perusahaan dalam bentuk kepercayaan dan loyalitas dari konsumen atau calon konsumen pada pangsa pasar yang baru.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Penting Dari Annual Report Bagi Perusahaan

  1. Pengurangan Resiko Bisnis Bagi Perusahaan

Lebih baik mencegah dari mengobati. Begitulah ungkapan yang dirasa tepat dengan manfaat positif dari CSR pada poin kali ini. Ketika hubungan antara perusahaan dengan stakeholders bermasalah, maka kelancaran bisnis dapat terganggu. Pengelolaan resiko bisnis bagi perusahaan perlu diperhatikan dengan baik. Apabila terlanjur ada permasalahan, maka biaya recovery akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan anggaran untuk melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility. Secara singkat, CSR mampu membantu perusahaan dalam mengurangi resiko bisnis yang merugikan baik dalam segi material maupun relasi dengan para pemangku kepentingan.

  1. Memperbaiki Hubungan Dengan Regulator

Setiap perusahaan yang sudah menjalankan Corporate Social Responsibility turut berperan aktif dalam meringankan beban pemerintah sekitar sebagai pihak regulator yang mengemban tanggung jawab terhadap kesejahteraan lingkungan serta masyarakat. Hubungan yang baik antara perusahaan dengan pemerintah juga tentunya akan menunjang kelancaran bisnis Anda.

  1. Adanya Peluang Untuk Mendapatkan Penghargaan

Sebagai bentuk apresiasi, saat ini banyak penghargaan atau reward yang diberikan kepada perusahaan ketika mereka telah melakukan Corporate Social Responsibility. Dengan adanya penghargaan atau reward tersebut, citra perusahaan juga dapat berkembang menjadi lebih baik di mata konsumen maupun pihak-pihak berkepentingan lainnya.

  1. Meningkatkan Semangat Dan Produktivitas Karyawan

Image yang baik dari perusahaan di mata stakeholders dan kontribusi positif yang diberikan kepada masyarakat serta lingkungan dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi para karyawan. Rasa bangga inilah yang nantinya akan memicu semangat, motivasi, dan produktivitas kerja dari mereka.

Setelah mengenal beberapa manfaat positif dari CSR, Anda juga perlu mengetahui perihal aturan laporan keberlanjutan (sustainability report). Nantinya, laporan keberlanjutan (SR) tersebut akan menjadi saluran komunikasi CSR kepada pemerintah, stakeholders dan pihak-pihak berkepentingan lainnya. Sustainability report juga menunjukkan keseriusan dalam membuat rencana keberlanjutan bagi masa depan bisnis serta menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Untuk membuat laporan berkelanjutan, Anda dapat menghubungi Sooca Design sebagai agensi terbaik yang menyediakan jasa pembuatan sustainability report berkualitas.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat