Peran Komunikasi Keuangan dalam Laporan Tahunan Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, keuangan merupakan salah satu hal paling utama. Keuangan di sebuah perusahaan publik berasal dari berbagai sumber baik dari internal maupun eksternal. Oleh sebab itu, laporan keuangan perusahaan harus dikomunikasikan kepada investor atau pihak-pihak yang berkepentingan dengan baik. Di sini lah peran komunikasi keuangan berlaku. Pada umumnya, komunikasi keuangan berhubungan dengan penyediaan data-data keuangan yang menjelaskan kinerja organisasi atau perusahaan kepada para pemegang saham secara komprehensif. Data-data keuangan tersebut disampaikan dalam laporan tahunan setiap akhir tahun.

Memahami Komunikasi Keuangan dalam Perusahaan

Komunikasi keuangan merupakan ilmu interdisipliner dari ilmu komunikasi bidang hubungan masyarakat (Public Relation) dan ilmu akuntansi. Sehingga, Norle Schoonraad dkk (2016) mengartikan komunikasi keuangan sebagai pembentukan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara sebuah organisasi atau perusahaan dengan para pemangku kepentingan yang berkaitan, melalui pertukaran informasi yang dibutuhkan untuk memfasilitasi keputusan yang optimal mengenai alokasi sumber daya keuangan maupun nonkeuangan.

Perlu diketahui bahwa komunikasi keuangan berbeda dengan komunikasi bisnis atau komunikasi pemasaran. Komunikasi keuangan di sini diartikan sebagai public relation yang mempunyai tanggung jawab dalam penyusunan laporan tahunan, laporan pendapatan per kuartal, membangun citra atau reputasi, serta optimisme perusahaan kepada pihak terkait. Dalam laporan tahunan, public relation mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan maksud dan tujuan laporan publik tersebut yang meliputi: kepatuhan dan pengelolaan (compliance and stewardship), akuntabilitas dan pelaporan retrospektif (accountability and retrospective reporting), perencanaan dan informasi otorisasi (planning and authorization information), kelangsungan organisasi (viability), hubungan masyarakat (public relation),  dan sumber fakta dan gambaran (source of facts and figures).

Sumber gambar: Pexels-Fauxels

Peran dan Fungsi Komunikasi Keuangan

Secara general, peran dan fungsi komunikasi keuangan dalam laporan tahunan perusahaan adalah sebagai berikut.

Sebagai Publisitas

Sebagai publisitas, PR berkewajiban untuk memberikan informasi baik keuangan maupun nonkeuangan kepada publik dengan jujur. Hal ini karena untuk menjaga kepercayaan publik terhadap perusahaan. Tujuan penyebaran informasi untuk memberikan pemahaman publik tentang kinerja perusahaan sekaligus menjalin hubungan komunikasi eksternal. Tidak hanya memberikan informasi ke publik, menurut Cutlip & Center bahwa PR juga menjadi wadah penyaluran opini publik ke perusahaan. Menurut Kriyantono, 2008, h. 23, tugas PR sebagai publisitas meliputi pembuatan tulisan yang disebarkan ke media, newsletter, artikel, atau yang lainnya.

Sebagai Relationship Marketing

Peran PR sebagai relationship marketing atau pemasaran hubungan dimaksudkan untuk dapat menjaga bahkan membangun hubungan loyal konsumen kepada perusahaan. Kotler dan Keller (2009) dalam Noviadry mendefinisikan pentingnya relationship marketing dilakukan oleh perusahaan dalam jangka panjang, bukan hanya untuk meraih keuntungan sesaat, tetapi juga menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan pelanggan dan bahkan dengan masyarakat. Dengan begitu, revenue akan terus masuk dan bisnis dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama. Dalam menjalankan peran ini, seorang PR perlu menguasai skill persuasi yang baik untuk dapat menaklukkan konsumen.

Mengelola Manajemen Isu

Seorang public relation juga ikut andil dalam pengelolaan manajemen isu. Manajemen isu timbul karena adanya kecenderungan perubahan yang dapat mempengaruhi perusahaan. “Isu muncul ketika terjadi ketidaksesuaian antara pengharapan publik dengan praktik organisasi yang jika diabaikan bisa berdampak merugikan bagi organisasi. Isu dapat berupa masalah, perubahan, peristiwa, situasi, kebijakan atau nilai” (Prayudi, 2007). Dengan demikian, diperlukan adanya upaya untuk mengelola isu tersebut. Peran PR dalam hal ini yaitu penerapan komunikasi dua arah yang harus lebih ditekankan dan sebisa mungkin menghindari komunikasi satu arah. Terdapat beberapa tujuan dalam manajemen isu yang berhubungan erat dengan public relation, salah satunya yaitu untuk menciptakan kembali makna yang menyatukan kepentingan, mereduksi konflik dan menyelesaikan masalah isu (Heath dan Coombs, 2006 dalam Prayudi)

Penerapan Komunikasi Keuangan dalam Perusahaan

Penerapan komunikasi keuangan memiliki kaitan erat dengan peran investor relation dalam mengaplikasikan tujuan komunikasi keuangan perusahaan. Tujuan komunikasi keuangan menurut Beard (2001 : 9-11) dalam Ambar di antaranya:

  1. Berusaha membantu perusahaan memperoleh modal investor dengan syarat seminimal mungkin
  2. Mencegah pengambil-alihan perusahaan melalui bursa
  3. Memfasilitasi akuisisi melalui pemantapan harga saham.
  4. Membantu perusahaan memperoleh pinjaman atau kredit dengan mudah
  5. Menjaga peringkat hutang yang baik.
Peran Penting Komunikasi Keuangan dalam Laporan Tahunan Perusahaan

Laporan tahunan menjadi kunci perusahaan dalam membangun dan mempertahankan bisnisnya. Setiap orang yang tertarik terhadap suatu perusahaan, ia akan menengok laporan keuangan yang ada di dalam laporan tahunan. Data dalam laporan mencakup grafik, tabel, dan diagram yang tidak semua orang mampu memahami maknanya dengan benar.

Laporan tahunan bukan hanya sekadar kumpulan angka dengan grafik atau tetapi juga tentang citra reputasi sebuah perusahaan yang kuat. Dari laporan tersebut terlihat bagaimana pengelolaan perusahaannya hingga bagaimana hubungan perusahaan dengan publik. Dengan demikian, peranan komunikasi keuangan menjadi alat untuk menjelaskan bagaimana laporan tersebut dapat menarik berbagai kalangan yang dapat menambah profit perusahaan serta menjaga hubungan yang telah terbangun.

Komunikasi keuangan dapat menjadikan laporan tahunan sebagai daya tarik perusahaan, media komunikasi strategis, serta dapat menjadi alat pemasaran yang efektif. Sebab, banyak investor akan mempelajari laporan tahunan sebelum mereka melakukan investasi kepada sebuah perusahaan.

Penelitian di 100 perusahaan besar menunjukan bahwa 60% laporan tahunan dibuat oleh jasa konsultan diluar perusahaan karena banyaknya waktu yang dibutuhkan serta pembuatannya harus dilakukan oleh professional. Kami, Sooca Design menyediakan layanan pembuatan annual report profesional. Jika Anda ingin membuat laporan tahunan, segera hubungi tim kami.

Daftar pustaka:

https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-keuangan

https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/download/

http://eprints.ums.ac.id/55729/14/NASKAH-PUBLIKASI-ILMIAH

http://larasaps.blogspot.com/2017/03/peran-publisitas-dalam-public-relations

http://vivi521.blogspot.com/2011/10/tujuan-dan-fungsi-laporan-keuangan.html

http://annualreport.id/kiat-strategi/pentingnya-peranan-humas-dalam-laporan-tahunan

olla: