Terdapat berbagai jenis safety sign (rambu keselamatan kerja) yang digunakan di lapangan. Namun, dari sekian jenis tersebut apakah Anda telah mengetahui setiap fungsi safety sign yang ada? Jika belum, simak informasinya berikut ini.

Ketahui Ragam Jenis Safety Sign Beserta Fungsinya

Terdapat beberapa jenis-jenis safety sign  yang perlu Anda ketahui beserta fungsi safety sign.

1.     Safety Sign

jasa pembuatan safety sign semarang surabaya by sooca-sign-slippery-wet-caution-4341-Foto oleh Skitterphoto dari Pexels

Safety sign merupakan rambu yang memuat pesan-pesan K3LH dan bertujuan untuk mencegah terjadinya PAK dan kecelakaan kerja. Bentuk safety sign berupa rambu peringatan, panduan menjalankan kewajiban, petunjuk arah atau lokasi, dan rambu larangan yang berlaku di suatu perusahaan.

Material safety sign yang umum digunakan adalah material plat yang berupa PVC, aluminium, atau akrilik dan material stiker yang berupa stiker reflektif. Safety sign tersedia dalam ukuran 10 x 10 cm, 15 x 15 cm, 25 x 25 cm, 60 x 60 cm, 90 x 90 cm dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Pemasangan safety sign menggunakan tiang yang terbuat dari pipa galvanis yang kuat, tahan lama, dan tahan karat.

2.     Safety Poster

Safety poster merupakan poster yang memuat pesan K3LH beserta ilustrasi artistik dan teks yang menarik. Umumnya dicetak di atas kertas Luster Photo 260m gr dengan teknik digital printing. Penggunaan jenis kertas ini memungkinkan poster awet hingga 5 tahun di dalam ruangan.

Anda dapat memesan safety poster dengan tema yang sesuai dengan potensi bahaya di perusahaan Anda. selain itu, juga terdapat aksesoris frame yang dapat Anda gunakan untuk membingkai safety poster, seperti frame biasa, block frame, dan acrylic frame.

3.     Safety Sticker

Anda dapat menyampaikan informasi K3LH dalam bentuk safety sticker yang berukuran kecil, desain menarik, tahan lama, serta dapat langsung ditempel di lokasi kerja untuk mencegah terjadi kecelakaan. Bahan yang digunakan yakni Ritrama Vinyl Sticker dengan karakteristik tahan air, tahan panas, tidak mudah sobek, kualitas hasil cetakan cerah, dan daya rekatnya tinggi.

Cocok untuk diaplikasikan indoor maupun outdoor pada berbagai jenis permukaan media. Penerapan dalam ruangan dapat bertahan hingga lebih dari 3 tahun, sementara di luar ruangan dapat bertahan 1 sampai 2 tahun.

4.     Safety Handbook

Salah satu cara untuk menyampaikan pedoman K3LH bagi pekerja adalah melalui safety handbook. Dengan safety handbook pekerja baru akan lebih mudah memahami hal-hal yang harus dihindari agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Umumnya, safety handbook dicetak dalam ukuran A6 atau tidak lebih besar dari ukuran A5..

5.     SafetySign Assessment

Kegiatan safety sign assessment berguna untuk membantu Anda menentukan hal-hal yang berhubungan dengan instalasi safety sign, seperti jumlah, bahan, desain, ukuran safety sign, lokasi dan teknik pemasangan. Terdapat empat tahap safety sign assessment, yaitu persiapan, penetapan jadwal kunjungan, pelaksanaan, dan laporan.

6.     Safety Sign Installation

Jenis safety sign installation merupakan jasa pemasangan safety sign di lingkungan kerja suatu perusahaan. Instalasi dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat sesuai media dan kondisi lapangan. Ada beberapa metode pemasangan safety sign, yaitu:

·        Metode Tempel

Metode tempel diterapkan dengan menempelkan double-side tape di bagian belakang safety sign, kemudian menempelkannya pada permukaan yang rata, seperti permukaan dinding atau plat besi.

·        Metode Bor

Adalah proses pemasangan safety sign yang dilakukan dengan mengatur lebih dulu letak dan ketinggian safety sign, lalu melakukan pengeboran dinding yang akan dipasang safety sign. Setelah itu, safety sign dapat dipasang menggunakan baut pada dinding.

·        Metode Tanam

Proses pemasangan safety sign melibatkan penggunaan tiang yang digunakan sebagai media instalasi. Umumnya, bagian bawah tiang diberi semen agar tiang safety sign dapat berdiri dengan kuat.

·        Metode Gantung

Untuk dapat menerapkan metode ini, Anda memerlukan rantai sebagai media instalasi.  Caranya dengan melubangi sisi atas safety sign dan menggantungnya menggunakan rantai pada jarak serta ketinggian yang sesuai.

Related post: Pilihan Agensi Safety Sign Terbaik & Terpercaya

7.     Safety Video

Safety video merupakan media kampanye K3 dalam format video, audio, dan e-learning. Produk ini sangat berguna untuk membantu petugas K3 agar tidak perlu berulang kali menyampaikan instruksi K3.

Demikian beberapa informasi tentang beragam jenis safety sign serta penjelasan dari fungsi safety sign. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk persiapan pembuatan rambu keselamatan kerja di perusahaan Anda.

Lebih mudahnya, Anda dapat memesan safety sign yang berkualitas, tahan lama, dan sesuai dengan standar pada jasa safety sign yang terpercaya.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.