Beberapa waktu ini, desain minimalis menjadi populer di kalangan industri kreatif dan digital. Tipe desain ini banyak diaplikasikan untuk rancangan poster, brosur, web, dan logo perusahaan atau perseorangan. Bagi orang awan, konsep desain minimalis lebih menjurus ke arah menghilangkan bagian-bagian yang tidak perlu dan memanfaatkan bagian yang tersisa secara lebih kreatif.

Agar jasa desain grafis Surabaya bisa mengaplikasikan desain minimalis secara maksimal, ada elemen penting yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Pemilihan Warna

Dalam desain minimalis, baik pilihan warna dan jumlahnya harus dijaga agar penggunaannya tidak berlebihan. Warna hitam dan abu-abu serta putih adalah warna yang paling kuat yang memungkinkan untuk memunculkan dampak pada objek lebih besar.

Umumnya, semua warna akan sesuai jika digunakan dengan benar. Namun, warna dengan kontras yang besar cenderung digunakan secara bersamaan. Oleh karena itu, beberapa jasa desain seperti jasa desain grafis Surabaya kebanyakan memilih warna primer cerah untuk desain minimalis.

  • Tata Letak

Tata letak dalam desain minimalis menjadi elemen yang amat menantang. Pasalnya, setiap elemen yang Anda pilih memiliki fungsi yang sama pentingnya. Misalnya, Anda membuat situs atau poster. Pastinya, konten yang akan Anda masukkan harus ditata dengan apik, sehingga pembaca bisa dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari.

  • Ruang Gerak Negatif

Elemen berikutnya adalah ruang gerak negatif atau white space. Pada desain minimalis, ruang ini berfungsi untuk memberikan kekuatan bagi informasi yang dicantumkan, karena umumnya, desain minimalis hanya menampilkan sedikit informasi. Semakin besar ruangan yang kosong, kekuatan yang muncul pun akan semakin besar. Selain itu, ruang negatif ini juga berfungsi untuk menyusun elemen-elemen pendamping dan menciptakan keseimbangan antar unsur yang digunakan.

  • Gambar Grafis

Penggunaan gambar grafis dalam desain minimalis ini memang begitu disengaja. Umumnya, jasa desain grafis Surabaya akan memilih gambar grafis yang berfungsi untuk mendukung efektivitas, karena gambar grafis dinilai lebih efektif dibandingkan dengan pesan tertulis. Meskipun demikian, penggunaan gambar ini juga harus cermat dan strategis, juga tak boleh menyimpang atau harus relevan dengan topik yang dipilih.

  • Tipografi

Laiknya elemen-elemen sebelumnya, Tipografi yang digunakan pada desain tipe minimalis juga harus memiliki unsur strategis yang sama. Dalam halnya dengan minimalisme, pemilihan font tidak boleh lebih dari dua atau tiga jenis. Beberapa hasil desain minimalis banyak menggunakan satu font untuk headline, satu untuk isi, dan satu jenis lainnya untuk bagian pendukung. Hal ini disebabkan karena penggunaan banyak font justru akan membuat desain lebih berantakan dan sulit dipahami.

Semua elemen di atas bisa diaplikasikan dengan bantuan desainer atau jasa desain grafis yang handal, seperti Sooca Design Agency. Sooca menjadi ahensi yang berpengalaman dalam menangani segala kebutuhan desain personal atau perusahaan, mulai dari branding, pembuatan logo atau souvenir, dan masih banyak lagi. Tak hanya di ibu kota, Sooca juga menjadi design studio Surabaya andalan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kontak berikut.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.