Hal apa yang penting dicantumkan dalam company profile?

Salah satu cara untuk memikat calon pelanggan dan calon investor adalah dengan membuat company profile yang profesional. Lantas, hal apa yang penting dicantumkan dalam company profile? Secara umum, company profile memuat deskripsi ringkas mengenai semua informasi perusahaan. Misalnya sejarah, informasi produk atau jasa yang dijual, jumlah SDM, kondisi keuangan, struktur organisasi dan manajemen, portofolio atau daftar klien, alamat, kontak, dan lain sebagainya.

Karena berfungsi sebagai sarana promosi, company profile perlu dibuat dengan perencanaan yang matang.

Mulai dari desain company profile, isi dan pemilihan kata, penyertaan gambar dokumentasi, bahkan hingga memperhatikan kualitas cetaknya.

Bagaimana Metode Pembuatan Company Profile?

Setelah mengetahui hal apa yang penting dicantumkan dalam company profile, langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu metode pembuatan company profile. Dalam prosesnya, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti berikut ini:

  1. Melakukan Riset (Research)
  2. Membuat Konsep Company Profile
  3. Pengumpulan Data (Data Resources)
  4. Pembuatan Narasi Copywriting
  5. Translate (Tentative)
  6. Art Directing, Design & Layouting
  7. Proses Proofreading
  8. Persetujuan Untuk Naik Cetak

Apa Kelebihan Company Profile Bagi Sebuah Perusahaan?

Hal Apa Yang Penting Dicantumkan Dalam Company Profile

Ibarat ada dalam sebuah perang, company profile berfungsi sebagai senjata yang dapat membantu perusahaan untuk menang. Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya, sejatinya apa kelebihan company profile bagi perusahaan? Baik dalam bentuk offline, online, cetak maAupun soft file, company profile memiliki banyak peran bagi perusahaan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Menyingkat proses pertemuan dengan calon klien maupun investor
  • Company profile dapat dikirimkan dalam bentuk soft-file usai pertemuan
  • Company profile dapat dicaba & dipelajari lebih lanjut usai pertemuan
  • Secara tidak langsung, company profile akan menanamkan citra perusahaan melalui gaya bahasa, penulisan dan elemen visual berupa gambar/infografis.
  • Memperkuat karakter dan kepribadian perusahaan secara profesional di mata calon klien dan investor

Tujuan utama dari pembuatan company profile adalah untuk merambah segmen pasar dan investor baru yang lebih luas dan potensial.

Contohnya ketika perusahaan tengah berusaha mencari pelanggan baru, pendanaan yang lebih besar, hingga perluasan bisnis, tentu akan membutuhkan satu company profile yang profesional.

Selain beberapa yang sudah disebutkan diatas, hal apa yang penting dicantumkan dalam company profile perusahaan agar bisa lebih menjual? Anda bisa menyertakan data sertifikasi, daftar kantor cabang/representative, atau penghargaan yang telah berhasil diraih perusahaan dalam kurun waktu yang masih relevan.

Pentingnya Memperhatikan Kualitas Desain Company Profile

Metode Pembuatan Company Profile

Kurang maksimal rasanya ketika isi dan tujuan penulisannya sudah bagus, tapi tidak didukung dengan kualitas desain company profile yang mumpuni.

Tidak semua orang memiliki keahlian dalam membuat desain company profile yang kreatif dan komunikatif. Maka, perusahaan perlu mempertimbangkan penggunaan jasa desain company profile yang profesional dari agensi desain terpercaya.

Pentingnya memperhatikan kualitas desain company profile ini perlu segera disadari oleh perusahaan. Tampilan memukau dari sebuah company profile dapat menjadi kesan pertama yang mungkin bisa mempengaruhi keputusan calon pelanggan maupun investor.

Baca Juga: Lengkap! Pengertian Company Profile Beserta Daftar Isinya

Kesempatan tidak datang dua kali! Persiapkan desain company profile perusahaan Anda secara matang. Berkolaborasi dengan tim Sooca Design adalah pilihan terbaik.

Tidak hanya memberikan penawaran harga yang menyesuaikan kebutuhan perusahaan, Sooca Design juga terbukti memiliki kualitas SDM handal dan berpengalaman. Penasaran dengan portofolio Sooca? Anda bisa lihat DISINI.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat