Rambu K3 adalah media visual berwujud gambar yang berguna untuk membantu pekerja, kontraktor, atau tamu perusahaan dalam melindungi kesehatan dan keselamatan selama berada di tempat kerja.

Selain memiliki pedoman warna khusus, rambu k3 juga desain dengan simbol-simbol geometri tertentu untuk membedakan kategori safety sign perintah, waspada, dan informasi. Jika Anda ingin mengetahui penjelasan gambar safety sign lebih jauh, simak pembahasannya berikut ini.

Simak Penjelasan Gambar Safety Sign Agar Anda Terhindar dari Bahaya di Tempat Kerja

Gambar safety sign dibuat berdasarkan pedoman umum rambu keselamatan yang sesuai standar berlisensi. Desain safety sign dapat membantu pekerja, kontraktor, atau tamu perusahaan untuk mengklasifikasikan bahaya yang terdapat di area kerja.

Selain itu, dapat pula membantu mengarahkan pekerja tentang tindakan yang harus dilakukan sesuai safety sign yang dilihat. Berikut beberapa bentuk geometri dasar yang umum ditemukan pada gambar safety sign beserta maknanya.

1.     Bentuk Geometri Lingkaran

Gambar safety sign

vector created by macrovector – freepik

Bentuk ini termasuk dalam kelompok rambu tanda perintah yang bertujuan untuk mengindikasikan perintah yang harus ditaati. Contoh yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah lingkaran dengan garis luar dan garis miring berwarna merah, tanda ini digunakan untuk menyatakan larangan atau perintah yang tidak diizinkan untuk dilaksanakan.

Gambar safety sign dengan desain ini dapat kita jumpai pada rambu larangan merokok, larangan parkir, larangan masuk, dan larangan berhenti. Ada pula lingkaran berwarna biru yang bermakna kewajiban atau perintah yang wajib untuk dilakukan, seperti pada rambu wajib menggunakan pelindung keselamatan tangan, wajib memakai helmet, dan tamu wajib lapor ke pos penjagaan,.

2.     Bentuk Geometri Segitiga

Gambar safety sign

vector created by gstudioimagen – freepik

Gambar safety sign berbentuk segitiga bermakna tanda waspada, yang mana mengindikasikan bahaya atau perhatian. Biasanya bentuk segitiga memiliki warna kuning dengan garis luar berwarna hitam yang berarti waspada atau mengindikasikan potensi akan sebuah risiko.

Contoh pengaplikasian safety sign jenis ini adalah rambu waspada di suatu area, bahaya listrik tegangan tinggi, hati-hati bahan berbahaya, bahaya bahan mudah meledak, bahaya bahan korosif, bahaya overhead crane, bahaya radioaktif dan masih banyak lagi.

3.     Bentuk Geometri Persegi

rambu k3

photo created by asier_relampagoestudio – freepik

Bentuk persegi pada safety sign memiliki arti tanda informasi yang bertujuan menyampaikan informasi pada siapapun yang membacanya. Safety sign berbentuk persegi dengan warna hijau bermakna zona aman, pertolongan pertama, atau peralatan keselamatan seperti yang dapat dijumpai pada safety sign lokasi peralatan P3K, emergency exit, dan titik kumpul.

Selanjutnya ada safety sign berbentuk persegi berwarna merah yang memiliki arti pemadam api, fungsinya untuk menyediakan informasi tentang peralatan pemadaman api. Rambu ini digunakan untuk menunjukkan lokasi fire stop, hydrant, atau nomor pemadam kebakaran.

Jenis safety sign berbentuk persegi yang terakhir memiliki warna putih dan garis luar berwarna hitam. Rambu jenis ini bertujuan untuk menyediakan informasi umum, seperti petunjuk tempat toilet pria atau wanita, lokasi pos penjagaan, dan penunjuk arah keluar.

Related post: Tips Memilih Material Untuk Pembuatan Safety Sign

Demikian beberapa penjelasan mengenai makna safety sign berdasarkan bentuk dan warnanya. Jika suatu perusahaan telah memiliki kesadaran tinggi tentang betapa pentingnya safety sign atau rambu keselamatan maka perusahaan tersebut telah melakukan langkah penting untuk melindungi aset-aset perusahaan dari hal-hal yang tidak diinginkan dan berisiko menyebabkan kerugian perusahaan.

Dengan memasang safety sign di area yang rawan bahaya, Anda dapat memperkecil risiko PAK dan kecelakaan kerja. Namun, pemasangan safety sign (rambu k3) saja masih kurang bila tidak diimbangi dengan penyampaian komunikasi K3 secara efektif agar lingkungan kerja menjadi lebih aman. Bagaimana menurut Anda, apakah safety sign sudah efektif untuk mencegah dan mengurangi angka terjadinya PAK dan kecelakaan di tempat kerja? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.