Sudah memahami fungsi annual report ? Laporan tahunan atau annual report dapat memberikan banyak informasi penting tentang sebuah perusahaan. Bila Anda pemegang saham perusahaan tersebut, perusahaan akan mengirimkan laporan tahunannya. Jika Anda belum menjadi pemegang saham, Anda dapat menghubungi departemen layanan pemegang saham perusahaan untuk melihat cetakan dari laporan tersebut.

Anda dapat melihat laporan tahunan sebuah perusahaan di situs Web-nya. Melalui bantuan mesin pencari utama Anda dapat menemukannya. Men-download atau mencetak laporan tahunan semakin mudah.

Mengapa Annual Report Penting

fungsi annual reportAnda perlu hati-hati menganalisis laporan tahunan untuk mengetahui hal-hal berikut:

  1. Anda ingin tahu seberapa baik perusahaan berjalan. Apakah laba yang lebih tinggi, lebih rendah, atau sama dengan tahun sebelumnya? Bagaimana kinerja penjualan? Angka-angka ini harus disajikan secara jelas di bagian keuangan laporan tahunan.
  2. Anda ingin mengetahui apakah perusahaan membuat lebih banyak uang daripada pengeluaran. Bagaimana neraca terlihat? Apakah aset yang lebih tinggi atau lebih rendah dari tahun sebelumnya? Apakah utang tumbuh, menyusut, atau hampir sama dengan tahun sebelumnya?
  3. Anda ingin mengetahui ide dari rencana strategis manajemen untuk tahun mendatang. Bagaimana manajemen akan membangun kesuksesan perusahaan? Rencana ini biasanya ditutup pada awal laporan tahunan – sering dalam surat dari ketua direksi.
  4. Tugas Anda bermuara pada mencari tahu di mana posisi perusahaan sebelumnya, di mana sekarang, dan di mana kedepan. Sebagai seorang investor, Anda tidak perlu membaca laporan tahunan seperti novel – dari depan ke belakang. Sebaliknya, pendekatan seperti koran dan melompat-lompat ke bagian terkait untuk mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan untuk memutuskan apakah Anda harus membeli atau menunda pembelian saham.

Poin-poin diatas menjelaskan pentingnya annual report terlebih untuk para pemangku kepentingan atau stakeholder. Namun ada juga fungsi annual report lainnya.

Fungsi Annual Report Lainnya

  1. Sebagai Alat Pemasaran

Annual report juga memiliki fungsi sebagai media pemasaran melalui gaya penulisan dan desain yang terdapat di dalamnya. Dengan desain yang menarik dan membantu lebih mudah untuk memahami isi laporan, perusahaan melalui annual report tersebut membentuk image tersendiri di mata pembacanya.

2. Meningkatkan Daya Tarik Perusahaaan

Dengan tersusunnya annual report secara baik dan juga memiliki desain yang baik, hal itu akan menambah kesan yang baik di mata stakeholder atau konsumen.

Related Post: Jasa Pembuatan Annual Report Yayasan

Agency Pembuatan Annual Report

Perusahaan mungkin masih bingung bagaimana membuat annual report mereka menjadi menarik. Tidak mempunyai tenaga di bidang desainer grafis merupakan salah satu permasalahannya.  Solusinya adalah mencari agensi yang berpengalaman dalam pembuatan desain annual report seperti Sooca Design Agency. Sooca Design Agency telah berpengalaman dalam pembuatan desain kebutuhan perusahaan seperti annual report, kalender, company profile, brosur dan masih banyak lagi. Segera hubungi kami untuk membantu permasalahan desain perusahaan anda.

 

 

 





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.