Laporan berkelanjutan (sustainability report) merupakan laporan berisi kinerja ekonomi, keuangan, sosial dan lingkungan hidup yang nantinya akan diumumkan kepada masyarakat serta stakeholders (para pemangku kepentingan). Biasanya, perusahaan-perusahaan besar hanya memberikan annual report yang memuat pencapaian serta perkembangan dari perusahaan dalam jangka waktu satu tahun. Akan tetapi penting untuk diketahui, bahwasannya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan sebuah terobosan baru berupa kewajiban pemberian laporan berkelanjutan (SR) bagi beberapa perusahaan. Tidak heran apabila mulai tahun ini banyak perusahaan yang mencari jasa desain laporan keberlanjutan yang ahli di bidangnya. Tujuan dari pembuatan desain laporan keberlanjutan ini adalah untuk memberikan dukungan menyeluruh dari sektor jasa keuangan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan menyelaraskan kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Berikut adalah daftar perusahaan yang wajib berikan desain laporan keberlanjutan sesuai peraturan OJK nomor 51 tahun 2017 tentang penerapan keuangan berkelanjutan bagi lembaga jasa keuangan, emiten dan perusahaan publik:

Baca Juga : Pembuatan Desain Annual Report Dana Pensiun

Kewajiban Desain Laporan Keberlanjutan Dari OJK

Desain Laporan Keberlanjutan Tahun 2019

BUKU 3, BUKU 4, dan bank asing yang sudah mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 2017. Untuk buku 3 dengan modal intin 5 triliun sampai 30 triliun, sedangkan buku 4 dengan modal inti lebih dari 30 triliun.

Desain Laporan Keberlanjutan Tahun 2020

BUKU 1, BUKU 2, asuransi, permodalan, BPJS, Emiten dengan aset skala kecil dan menengah, serta perusahaan publik yang berlaku mulai tanggal 1 Januari 2020. Adapun buku 1 dengan modal inti dibawah 1 triliun, dan buku 2 dengan modal inti 1-5 triliun.

Desain Laporan Keberlanjutan Tahun 2022

BPRKU 3 dan termasuk BPRS yang memiliki modal inti setara dengan BPRKU 3 yang berlaku mulai tanggal 1 Januari 2022.

Desain Laporan Keberlanjutan Tahun 2024

BPRKU 1, BPRKU 2 dan BPRS yang memiliki modal inti setara dengan BPRKU 1 dan BPRKU 2 berlaku sejak 1 Januari 2024

Desain Laporan Berkelanjutan Keberlanjutan Tahun 2025

Dana pensiun dengan total aset paling sedikit satu triliun yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2025.

Sooca Design Menghadirkan Layanan Jasa Desain Laporan Keberlanjutan Bagi Perusahaan

Seperti yang telah diamanatkan pada Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, maka pembuatan laporan keberlanjutan dapat dimaknai sebagai bentuk dukungan dalam mengedepankan keselarasan antara aspek ekonomi, sosial dan alam sekitar yang memiliki kaitan dengan kegiatan perusahaan. Untuk itu Sooca Design hadir sebagai jasa desain laporan keberlanjutan yang profesional dan terbaik di bidangnya. Ingin mengetahui lebih tentang informasi jasa desain laporan keberlanjutan dari Tim Sooca Design? Caranya mudah, cukup tinggalkan balasan pada artikel ini atau hubungi kontak berikut :

Kontak

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.