Kemampuan perusahaan mempengaruhi perubahan sosial dan lingkungan telah menjadi pertimbangan yang semakin relevan untuk bisnis. Faktor lingkungan, sosial dan pemerintah mencakup berbagai masalah yang menyentuh segala sesuatu, mulai dari budaya perusahaan dan kompensasi karyawan hingga dampak iklim seperti pemanasan global serta sumber daya alam. Meskipun secara umum tidak ada dalam pelaporan keuangan, perusahaan besar mengakui dampak faktor lingkungan, sosial dan pemerintah terhadap hubungan investor, perilaku pasar, dan kesuksesan finansial. Dan hampir semua perusahaan menggunakan kerangka kerja yang diakui untuk melaporkan keberlanjutan. Tahukah Anda apa itu definisi laporan berkelanjutan secara detail? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Pembuatan Sustainability Report Perusahaan

Definisi laporan berkelanjutan memang belum dikenal oleh semua perusahaan, pasalnya, perusahaan lebih akrab dengan laporan tahunan (annual report). Di waktu-waktu sekarang, keberadaan sustainability report juga sama pentingnya dengan annual report. Hal ini dikarenakan sustainability report juga memuat informasi-informasi bermanfaat baik bagi kalangan stakeholder, investor maupun publik secara luas.

Definisi Laporan Berkelanjutan

definisi laporan berkelanjutan

Definisi laporan berkelanjutan atau sustainability report adalah laporan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengukur, mengungkapkan, serta upaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang akuntabel bagi seluruh pemangku kepentingan atau stakeholders untuk tujuan kinerja perusahaan menuju pembangunan keberlanjutan. Dalam pasal 66 Ayat 2 Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Perusahaan yang telah menampakkan diri ke publik memiliki kewajiban membuat laporan berkelanjutan.

Lebih lanjut, definisi laporan berkelanjutan yaitu laporan yang membantu organisasi untuk menetapkan tujuan, mengukur kinerja, dan mengelola perubahan dalam rangka membuat kegiatan mereka lebih keberlanjutan. Sebuah sustainability report menyampaikan tentang dampak organisasi, baik itu positif maupun negatif terhadap lingkungan, masyarakat dan pemerintah. Dalam upaya mewujudkannya, laporan berkelanjutan perusahaan membuat yang abstrak menjadi nyata atau konkret, sehingga membantu dalam pemahaman dan pengelolaan dampak dari pengembangan keberlanjutan terhadap kegiatan dan strategi organisasi. Selain itu informasi seputar definisi laporan berkelanjutan, berikut juga terdapat prinsip-prinsip untuk menentukan konten laporan.

Prinsip-Prinsip Menentukan Konten Laporan

  1. Melibatkan Pemangku Kepentingan

Pada prinsip ini, organisasi harus mengidentifikasi para pemangku kepentingannya, serta menjelaskan bagaimana organisasi telah menggapai harapan. Pemangku kepentingan atau stakeholders dapat mencakup mereka yang berinvestasi di organisasi. Harapan dan kepentingan dari pemangku kepentingan merupkan acuan utama dalam banyak pengambilan keputusan dalam menyiapkan SR.

  1. Konteks Berkelanjutan

Prinsip ini mewajibkan laporan berkelanjutan menyajikan kinerja organisasi dalam konteks berkelanjutan yang lebih luas. Informasi mengenai kinerja harus disertakan sesuai konteks. Pertanyaan yang mendasari SR adalah bagaimana sebuah organisasi berkontribusi, dan peningkatan atau penuruan kodisi lingkungan,  pengembangan, serta sosial di tingkat lokal, regional atau global.

  1. Materialitas

Materialitas mencakup dua aspek. Aspek pertama yaitu sebuah laporan harus mencerminkan dampak lingkungan, sosial dan ekonomi yang signifikan dari organisasi. Sedangkan, aspek yang kedua yaitu laporan harus substansial mempengaruhi asesmen dan keputusan pemangku kepentingan.

  1. Kelengkapan

Pada prinsip ini, laporan harus berisi cakupan aspek material dan boundary, untuk mencerminkan dampak lingkungan, sosial dan ekonomi yang signifikan. Serta, untuk memungkinkan stakeholders dapat menilai kinerja organisasi dalam periode sustainability report. Kelengkapan terutama mencakup dimensi cakupan batasan dan waktu. Konsep kelengkapan juga dapat digunakan untuk merujuk pada praktik pengumpulan informasi dan apakah penyajian informasi tersebut wajar dan sesuai.

Selain hal di atas, laporan berkelanjutan perusahaan sangat relevan dengan semua bisnis. Laporan berkelanjutan bermanfaat untuk keberlangsungan lingkungan serta untuk kesuksesan jangka panjang. Karena adanya kegiatan, perusahaan telah ikut serta membantu lingkungan sekitar dan membantu ekonomi pemerintahan. Apabila saat ini perusahaan atau organisasi Anda tengah mencari agensi yang menyediakan jasa pembuatan sustainability report, maka Sooca Design adalah pilihan yang paling tepat! Berbekal keahlian, pengalaman dan profesionalitas, kami menjamin hasil yang maksimal untuk laporan berkelanjutan perusahaan Anda.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat