Setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk menjalankan program corporate social responsibility (CSR), terutama bagi bisnis yang bersentuhan langsung pemanfaatan sumber daya alam dan masyarakat. Tanggung jawab sosial perusahaan dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan misalnya seperti kegiatan sosial, kegiatan keagamaan, program pendidikan, dan lain sebagainya. Tidak hanya berimbas kepada pihak-pihak internal, dampak positif CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan juga dapat dirasakan oleh pihak-pihak eksternal terkait. Tidak jarang ditemui, sebuah bisnis mengalami hambatan akibat hubungan yang kurang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat sekitar. Hal ini tentu saja dapat berpotensi untuk mengakibatkan kerugian bagi kedua belah pihak. Idealnya, keberadaan sebuah perusahaan haruslah bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Pelaksanaan program-program CSR ini dapat membantu proses pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar supaya kegiatan operasional perusahaan pun juga dapat berjalan dengan lancar.

Mengenal Dampak Positif CSR

Mengenal Dampak Positif CSR Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kepada Masyarakat dan Lingkungan

 

Keselarasan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan menjadi hal penting yang wajib diperhatikan oleh setiap perusahaan. Bukan hanya untuk masa sekarang, akan tetapi juga mempertimbangkan dan merancang rencana bisnis berkelanjutan yang bersifat jangka panjang. Kontribusi serta komitmen perusahaan terhadap perkembangan ekonomi berkelanjutan ini dapat ditunjukkan melalui program-program corporate social responsibility (CSR) yang berkualitas. Untuk menjaga stabilitas bisnis di masa depan, maka alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa dampak positif CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan berikut ini:

Dampak Positif CSR Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

  1. Dampak Positif CSR Bagi Perusahaan

Beberapa waktu belakangan, Indonesia sedang dihebohkan dengan kasus pemberhentian beasiswa bulu tangkis yang diberikan oleh PT Djarum Indonesia Tbk melalui PB Djarum. Tidak dapat dipungkiri, meskipun sempat bermasalah, kasus ini juga diikuti oleh banyak respon positif dari masyarakat Indonesia terhadap keberadaan program beasiswa bulu tangkis tersebut. Inilah salah satu contoh nyata dari sebuah program CSR perusahaan yang berhasil meraih hati masyarakat. Tidak hanya melahirkan atlet-atlet bulu tangkis profesional, program beasiswa dari PB Djarum ini juga berhasil mengangkat citra perusahaan dengan sangat baik. Tidak hanya dianggap sekedar menawarkan produk, tetapi perusahaan juga dinilai menawarkan sesuatu yang membawa dampak positif bagi perbaikan kesejahteraan masyarakat.  Dan secara tidak langsung, penjualan produk yang di produksi oleh perusahaan tersebut juga dapat meningkat karena kecenderungan konsumen yang melihat dari sisi citra perusahaannya.

  1. Manfaat Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Bagi Masyarakat

Disamping mengakomodasi kepentingan masyarakat, dampak positif CSR juga terbentuk melalui sebuah hubungan kedekatan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan penduduk sekitar. Kehadiran prasangka tentang bisnis perusahaan yang hanya sekedar mengeksploitasi lingkungan semata harus segera dikikis dengan cara membangun hubungan kemitraan yang baik dengan masyarakat. Tidak selalu fokus pada sektor ekonomi, manfaat tanggung jawab sosial perusahaan bagi masyarakat juga perlu diwujudkan secara nyata. Misalnya melalui pemberian beasiswa, pembangunan fasilitas umum dan lain sebagainya.

  1. Manfaat CSR bagi Pemerintah

Salah satu kewajiban pemerintah ialah untuk membangun kesejahteraan rakyat. Namun pada praktek nyatanya, pemerintah tentu tidak bekerja sendirian. Melalui berbagai peraturan dan regulasi, pemerintah membantu mengoordinasikan hubungan mutualisme diantara masyarakat dan perusahaan agar tidak saling menimbulkan kerugian. Dalam hal ini, dampak positif CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan juga memberikan manfaat baik bagi pemerintah. Melalui CSR, hubungan antara pemerintah dan perusahaan dalam mengatasi berbagai masalah sosial seperti kemiskinan, kualitas pendidikan yang rendah, minimnya fasilitas kesehatan dan lain sebagainya dapat teratasi dengan lebih optimal. Tugas pemerintah menjadi lebih mudah ketika bekerjasama dengan program CSR dari sebuah perusahaan maupun organisasi bisnis lainnya.

Dampak Positif CSR Bagi Masyarakat dan Lingkungan

Baca juga :  Jasa Pembuatan Sustainability Report Tahun 2019-2020

Setelah mengetahui dampak positif CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, kewajiban selanjutnya yaitu membuat laporan keberlanjutan atau sustainability report. Nantinya laporan keberlanjutan ini tidak hanya berfungsi sebagai bukti kepada pemerintah melalui OJK semata, tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan karyawan, stakeholders dan para investor kepada perusahaan. Tentu saja proses pembuatan laporan keberlanjutan atau sustainability report mungkin akan menyita waktu yang lama dan sulit apabila tidak dikerjakan oleh ahlinya. Oleh karena itu, Sooca Design memberikan sebuah solusi mudah dan cepat yaitu dengan menyediakan jasa pembuatan laporan keberlanjutan yang terpercaya. Berbekal pengalaman kerjasama pembuatan annual report dan sustainability report bersama dengan berbagai client dari berbagai sektor industri, Sooca Design akan melayani jasa pembuatan laporan keberlanjutan profesional yang bekerja dengan kreatif, cepat dan akurat. Tunggu apa lagi, klik pada bagian kontak berikut untuk dapat terhubung lansung dengan tim marketing Sooca Design.

KONTAK

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat