Salah satu ajang perlombaan yang paling bergengsi dan selalu ditunggu oleh banyak perusahaan adalah Annual Report Award (ARA). Kompetisi yang diadakan secara tahunan ini, menjadi ajang pembuktian bagi perusahaan dengan kualitas laporan keuangan terbaik. Tak heran, apabila perusahaan berlomba – lomba untuk mendapat gelar sebagai pemenang ARA, karena secara langsung dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas suatu perusahaan. Artikel ini akan membahas perusahaan mana sajakah yang berhasil menjadi pemenang Annual Report Award 2019 berdasakan kategori Annual Report Award.

Mengenal Annual Report Award (ARA)

daftar pemenang annual report award 2019 berdasarkan kategorinya

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels

Seperti yang telah disebutkan diawal, ARA merupakan kompetisi kualitas annual report antar perusahaan yang sudah digelar sejak tahun 2002.  Perlombaan ini dibagi menjadi 10 kategori yakni BUMN Keuangan Listed, BUMN Keuangan Non Listed ,BUMN Non Keuangan Listed, BUMN Non Keuangan Non Listed, Private Keuangan Listed, Private Keuangan Non Listed, Privete Non Keuangan Listed ,Private Non Kuenagan Non Listed, BUMD Listed, BUMD Non Listed, dan yang paling bergengsi yaitu sang juara umum.  Dengan adanya ARA diharapkan agar semakin banyak perusahaan indonesia yang mengimplementasikan GCG melalui penyajian annual report yang berkualitas.Berdasarkan Top 50 Emiten dengan GCG Terbaik di Asia Tenggara tahun 2015, Indonesia hanya mampu menyumbang 2 emiten, kalah tertinggal dibandingkan dengan Thailand 23 emiten, Filipina 11 emiten, Singapura 8 emiten, dan Malaysia 6 emiten. Hal ini tentu merugikan citra Indonesia menjadi di mata international, karena dianggap perusahaan Indonesia memiliki tata kelola perusahaan yang buruk. Oleh karena itu, OJK bersama dengan Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian BUMN, Bursa Efek Indonesia, Komisi Nasional Kebijakan Governance, dan Ikatan Akuntan Indonesia mengadakan Annual Report Award (ARA) secara rutin, sebagai inisiatif untuk mengejar ketertinggalan Indonesia.

Pemenang Annual Report Award 2019

Berhasil memenuhi standar kriteria penilaian yang tinggi menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pemenang ARA. Berikut ini adalah daftar pemenang pada setiap kategori Annual Report Award 2019. Setiap tahun antusiasme perusahaan dalam mengikuti ARA kian meningkat. Hal ini dibuktikan dari jumlah perusahaan yang mendaftar naik setiap tahunnya. Pada tahun 2019, total peserta mencapai 231 perusahaan umum dan 5 dana pensiun yang berpartisipasi pada kompetisi ini. Annual Report para peserta ini kemudian dinilai berdasarkan kriteria yang terbagi dalam 8 klasifikasi yaitu antara lain umum (2%), Iktisar Data Keuangan Penting (5%), Laporan Dewan Komisaris dan Direksi (3%), Profil Perusahaan (8%), Analisa dan Pembahasan Manajemen atas Kinerja Perusahaan (22%), Tata Kelola Perusahaan (35%), Informasi Keuangan (20%), dan lain-lain (5%).

Kateogri BUMN Keuangan Listed:

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
  2. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  3. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Kategori BUMN Non-keuangan Listed:

  1. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk
  2. PT Jasa Marga (Persero) Tbk
  3. PT Pupuk Indonesia Tbk

Kategori BUMN Keuangan Non-listed:

  1. PT Taspen (Persero)
  2. PT Jasa Raharja (Persero)
  3. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)

Kategori BUMN Non Keuangan Non-Listed:

  1. PT Pelindo II
  2. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko
  3. PT Sucofindo

Kategori Private Keuangan Listed:

  1. PT Bank CMB Niaga Tbk
  2. PT Bank Maybank Indonesia Tbk
  3. PT Bank Permata Tbk

Kategori Private Non-Keuangan Listed:

  1. PT Aneka Tambang
  2. PT ABM Investama
  3. PT Bukit Asam

Kategori Private Keuangan Non-listed:

  1. PT Bank Syariah Mandiri
  2. PT Bank Sahabat Sampoerna
  3. PT Bank BNI Syariah

Kategori Private Non-keuangan Non-listed:

1.PT Pembangkitan Jawa Bali

2.PT Indonesia Power

3.PT IPC Terminal Peti Kemas

Kategori BUMD Listed:

  1. PT Pembangunan Jaya Ancol
  2. PT Bank DKI
  3. PT BPD Sumatera Utara

Kategori BUMD Non-listed:

  1. PT BPD Sumsel Babel
  2. PT BPD Papua
  3. PT MRT Jakarta

Kategori Dana Pensiun:

  1. Dana Pensiun Perkebunan
  2. Dana Pensiun Bank Mandiri
  3. Dana Pensiun Bank Indonesia

Jasa Pembuatan Annual Report

jasa pembuatan annual report (laporan tahunan)

Photo by Tiger Lily from Pexels

Kompetisi ARA menyadarkan perusahaan akan peran penting dari Annual Report. Bukan hanya sekedar laporan semata, annual report merupakan representasi dari tata kelola suatu perusahaan. Maka dari itu, pembuatan Annual Report bisa menjadi aktivitas yang menguras waktu dan tenaga karena membutuhkan keahlian serta perhatian khusus. Agar perusahaan bisa tetap fokus dalam menjalankan bisnisnya secara efisien, saat ini sudah tersedia jasa pembuataan annual report. Hal ini tentu sangat membantu perusahaan dalam menyajikan Annual Report yang berkualitas.

Menggunakan jasa profesional dalam pembuatan annual report memiliki berbagai macam keuntungan antara lain:

  1. Perusahaan dapat konsentrasi dengan kegiatan usahanya tanpa terganggu perihal pembuatan Annual Report.
  2. Para penyedia jasa memiliki keahlian serta pengalaman dalam pembuatan berbagai jenis annual report, sehingga perusahaan dapat berkonsultasi dan memperoleh hasil Annual Report yang memuaskan.
  3. Meminimalisir terjadinya konflik kepentingan karena Annual Report ditangani oleh penyedia jasa yang independen serta kredibel.

Annual Report Award merupakan ajang penganugerahan Annual Report tertinggi di Indonesia. Kompetisi ini bertujuan agar perusahaan termotivasi untuk menyajikan Annual Report yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang berlaku. Dengan demikian, perusahaan yang berhasil keluar sebagai pemenang ARA dianggap mampu memenuhi standar annual report dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Jasa pembuatan annual report saat ini juga sudah tersedia bagi perusahaan yang berkeinginan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas Annual Report di masa mendatang.





Business Relation kami siap menjawab pertanyaan Anda.

Hubungi Sooca Segera





Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.