Desain dan Contoh Pembuatan Company Profile Perusahaan Perikanan

image.freepik.com/free-vector/trifold-brochure-template-design_23-2148579483.jpg

Kualitas sebuah perusahaan perikanan dapat dilihat melalui company profile perusahaan perikanan yang disediakan. Kemunculan perusahaan perikanan dapat dianggap sebagai usaha untuk meningkatkan perekonomian warga negara Indonesia. Mengapa bisa demikian? Tentu karena sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan.

Sumber: image.freepik.com/free-vector/corporate-business-company-profile-design_93459-41.jpg

Pengertian Company Profile Perusahaan Perikanan

Perusahaan perikanan merupakan perusahaan yang mengkhususkan diri menangani segala bentuk bisnis dalam perikanan air tawar maupun air laut. Sedangkan company profile perusahaan perikanan merupakan data diri dari perusahaan perikanan yang khusus dihadirkan untuk mengenalkan eksistensi perusahaan pada masyarakat luas.

Ruang lingkup perusahaan perikanan mencakup banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan ikan. Banyaknya ikan dan air menunjukkan pula seberapa banyak pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Rakyat Indonesia yang tidak bisa dilepaskan dari ekosistem air membuat keberadaan perusahaan perikanan selalu mendapat tempat di tengah masyarakat apapun keadaannya.

Jenis-jenis Perusahaan Perikanan

Setiap perusahaan perikanan selalu memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya menjadi jenis perusahaan yang berbeda dari yang lainnya. Perusahaan perikanan yang ada terdiri dari 3 jenis, diantaranya sebagai berikut.

1.     Perikanan Tangkap

Perusahaan perikanan tangkap merupakan kegiatan usaha yang khusus menangani produksi ikan melalui cara penangkapan ikan. Penangkapan ikan ini dilakukan oleh nelayan atau rakyat yang tinggal di daerah perairan, lalu hasilnya disetorkan kepada pihak perusahaan.

Atau bisa juga pihak perusahaan melakukan penangkapan ikan sendiri dengan mempekerjakan sumber daya manusia yang ada. Ikan yang ditangkap antara lain ikan sarden, ikan tuna, ikan bawal dan sebagainya.

2.     Perikanan Budidaya

Perikanan melalui budidaya in juga biasa dikenal dengan akuakultur. Usaha perikanan budidaya merupakan kegiatan bisnis yang bertujuan untuk memproduksi ikan pada sebuah wadah yang dibudidayakan.

Contohnya adalah budidaya ikan lele, ikan nila, ikan gurami, ikan patin, ikan mas dan sebagainya. Jenis perusahaan seperti ini harus menyiapkan keahlian khusus agar dapat melakukan pembudidayaan dengan sempurna.

3.     Perikanan Pengolahan

Perusahaan perikanan yang satu ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah yang telah dimiliki sebuah produk perikanan. Pengolahan ini bisa mencakup perikanan budidaya atau perikanan tangkap. Perusahaan seperti ini fokus untuk mendekatkan produk perikanan ke dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh mudahnya adalah nugget ikan, kerupuk ikan, bakso ikan dan sebagainya.

Apapun jenis perusahaannya, company profile perusahaan perikanan selalu dibutuhkan agar masyarakat lebih akrab dengan hasil perikanan yang penuh dengan gizi tersebut.

Manfaat yang Dibawa Perusahaan Perikanan

Perusahaan perikanan tidak serta merta hadir untuk mendapatkan laba yang tinggi saja. Perusahaan ini memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan masyarakat. Diantara manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1.     Memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat

Sudah bukan rahasia lagi jika ikan adalah sumber protein terbaik untuk tubuh manusia. Ikan juga merupakan makanan yang baik untuk perkembangan otak, sehingga kegiatan yang dilakukan perusahaan perikanan dapat memenuhi kebutuhan ini. Jika kebutuhan pangan yang bergizi masyarakat terpenuhi, tentu perkembangan masyarakat pun menjadi lebih baik.

2.     Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Keberadaan perusahaan perikanan sangat terasa pengaruhnya pada masyarakat yang hidup di daerah dekat perairan. Mengapa bisa demikian? Tentu karena masyarakat perairan bisa menjadi pekerja untuk perusahaan perikanan.

Masyarakat sekitar perairan bisa menangkap ikan untuk dijual ke perusahaan terdekat. Hal ini juga berlanjut kepada orang-orang yang turut bergabung dalam mendistribusikan atau menjual produk-produk perikanan sehingga pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan secara lebih luas.

3.     Meningkatkan Devisa Negara

Perusahaan perikanan juga turut andil dalam pemenuhan pangan dunia dengan menjadi eksportir perikanan. Hal ini tentu dapat meningkatkan devisa negara karena banyak negara yang mengimpor perikanan dari Indonesia. Setiap negara yang memerlukan tentu bisa terpenuhi kebutuhannya dengan bekerja sama dengan perusahaan perikanan Indonesia.

4.     Menjaga Kelestarian Alam

Perusahaan perikanan yang baik tentu selalu memperhatikan prosedur yang berlaku. Dengan menaati prosedur yang berlaku, maka kelestarian alam laut atau air akan tetap terjaga. Jangan sampai perusahaan perikanan yang harusnya menjaga keberlangsungan hidup ikan justru melakukan eksploitasi besar-besaran tanpa memperhatikan dampaknya.

Dengan tetap menjaga kelestarian alam, tentu kehidupan ikan akan tetap terjaga sehingga keberadaannya bisa dinikmati setiap waktu dan tidak takut kehabisan karena rusaknya habitat atau matinya bibit baru.

5.     Menjaga Wilayah Negara

Perusahaan perikanan yang terjun dalam perairan laut, tentu harus mengerti betul soal batas-batas wilayah negara. Dengan memperhatikan batas wilayah yang ada, perusahaan juga bisa turut serta menjaga keamanan wilayah negara dari tindakan ilegal yang mungkin dilakukan oleh warga negara lain atau warga negara sendiri yang tidak paham peraturan. Untuk itu, peran perusahaan perikanan sangat berpengaruh pada suatu negara.

Manfaat yang dibawa oleh perusahaan perikanan tersebut dapat dicantumkan dalam company profile perusahaan perikanan agar orang-orang semakin tertarik pada apa yang ditawarkan perusahaan.

Sumber: image.freepik.com/free-vector/design-cover-templates-with-geometric-shapes_23-2148252839.jpg

Contoh Company Profile Perusahaan Perikanan

Perusahaan perikanan harus menyiapkan company profile untuk menarik minat masyarakat. Kualitas company profile juga sangat menentukan bagaimana kualitas perusahan perikanan yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berikut contoh singkat company profile perusahaan perikanan yang bisa dipelajari.

PROFIL PERUSAHAAN STEFANY ROPER

STEFANY ROPER merupakan perusahaan perikanan yang khusus terjun dalam pengolahan hasil perikanan air laut. Perusahaan kami berdiri pada tanggal 16 Juli 2005 dan terus berkembang hingga sekarang. Perusahaan kami terus mengembangkan diri dan fokus pada inovasi untuk memperkenalkan pengolahan hasil laut.

MISI

Menjadi produsen ikan kaleng terbaik.

VISI

Menghasilkan produk pengolahan berkualitas tinggi.

PRODUK PELAYANAN

  • Tuna kaleng
  • Makarel kaleng
  • Salmon kaleng

ALAMAT DAN KONTAK

Jl. Green Riper No.12, Boulevard, Jakarta Pusat

Telp                       : +621 3334 5556

Email                     : ikankaleng@roper(.)com

Website               : www(.)roper(.)com

Itulah contoh company profile singkat yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Jika dirasa tidak bisa membuat company profile yang baik, maka tak ada salahnya menggunakan jasa pembuatan company profile yang tersedia untuk mendapatkan company profile yang menarik.

naftalia inge: