Company profile perusahaan penerbit dibutuhkan untuk memperkenalkan kehadiran perusahaan penerbit pada masyarakat umum. Perusahaan penerbit menjadi salah satu perusahaan yang sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan, apalagi dalam dunia pendidikan. Company profile dari penerbitan harus hadir agar bisa dijadikan bahan pertimbangan suatu lembaga saat akan melakukan kerja sama dengan penerbitan tertentu.

Company Profile Perusahaan Penerbit

Sumber: image.freepik.com/free-vector/minimal-pages-business-brochure-template_70637-69.jpg

Pengertian Company Profile Perusahaan Penerbit

Perusahaan penerbit adalah perusahaan yang khusus melayani segala hal yang berkaitan dengan bidang penerbitan. Sedang pengertian company profile perusahaan penerbit adalah suatu cara yang digunakan oleh perusahaan penerbit untuk memperkenalkan diri pada masyarakat umum. Company profile juga sering diartikan sebagai biodata perusahaan layaknya biodata seseorang.

Dalam prakteknya, company profile tidak hanya berfungsi sebagai alat perkenalan tetapi juga sebagai sarana pemasaran. Company profile yang menarik dapat menarik pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan pula. Jadi, dengan menggunakan company profile sebuah perusahaan dapat memperkenalkan diri sekaligus mempromosikan diri.

Sektor Perusahaan Penerbit

Banyaknya perusahaan penerbit yang ada, bukan berarti semuanya sama. Ada perbedaan mendasar mengenai sektor yang dituju oleh setiap perusahaan penerbit. Sektor menjadi fokus utama dalam operasional pekerjaan. Ada 2 jenis sektor dalam perusahaan penerbit, yaitu sektor edukasi dan komersial. Kedua sektor ini tentu tidaklah sama. Apa saja perbedaannya? Simak ulasan berikut.

·        Sektor Edukasi

Edukasi berarti pendidikan. Perusahaan penerbit yang berada dalam sektor pendidikan berarti merupakan perusahaan yang khusus melayani segala kebutuhan penerbitan untuk keperluan pendidikan.

Perusahaan ini biasanya memenuhi kebutuhan buku-buku pelajaran sekolah. Hasil kerja dari perusahaan penerbit dalam sektor edukasi ini juga dikhususkan untuk mendukung program pendidikan yang ada, seperti buku pelajaran, buku kerja siswa, buku kumpulan jurnal, hasil penelitian dan sebagainya.

Perusahaan penerbit yang berada dalam sektor ini tidak perlu menyesuaikan diri dengan selera pasar untuk menjadi penerbit yang populer karena sudah mempunyai pangsa pasar tersendiri. Konsumen buku akademik selalu stabil karena buku selalu dibutuhkan oleh setiap lembaga pendidikan. Perusahaan penerbit yang khusus terjun dalam bidang ini tidak perlu bersusah payah menyesuaikan tren yang sedang booming. Namun, perusahaan cukup menyesuaikan diri dengan perkembangan pendidikan yang ada sesuai dengan aturan yang berlaku.

·        Sektor Komersial

Perusahaan penerbit yang satu ini sangat berbeda dengan perusahaan penerbit pada sektor edukasi. Jika perusahaan penerbit sektor edukasi khusus melayani bidang pendidikan dan tidak terpengaruh pada selera pasar, maka perusahaan ini sebaliknya.

Perusahaan penerbit komersial harus bisa menerbitkan buku yang sesuai dengan minat pasar agar bisa populer di masyarakat. Perusahaan jenis ini menghasilkan beberapa jenis buku, seperti novel, biografi, desain, komik dan sebagainya yang termasuk buku hiburan.

Perusahaan penerbit komersial menuntut profit atau laba berdasarkan popularitas dari buku yang terbit. Semakin populer sebuah buku yang diterbitkan, maka semakin banyak pula laba yang diterima oleh perusahaan. Jika buku yang diterbitkan tidak populer, maka perusahaan penerbit komersial akan cenderung menerbitkan buku lain yang lebih menarik dan menghentikan proses produksi buku tersebut.

Sektor apapun yang dipilih oleh perusahaan penerbit, maka company profile perusahaan penerbit yang dibuat harus semenarik mungkin agar bisa semakin meningkatkan profit perusahaan.

Eksistensi Perusahaan Penerbit

Meski saat ini kehadiran media elektronik menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, namun kehadiran media cetak tetap tidak bisa digantikan. Media cetak, khususnya buku tidak begitu saja dihilangkan kehadirannya. Sebagian besar masyarakat Indonesia tetap membutuhkan buku untuk menjalani proses pendidikan selama beberapa tahun.

Kebutuhan akan hal tersebut membuat perusahaan penerbit harus semakin mengencangkan kinerjanya. Perusahaan penerbit masih tetap terus eksis di tengah gempuran perkembangan elektronik. Dunia pendidikan selalu membutuhkan buku atau materi untuk keberlangsungan proses belajar mengajar. Karena itu, kehadiran perusahaan penerbit tetap menjadi prioritas dan selalu dicari hasil pekerjaannya.

Untuk bisa menjaga keberlangsungan perusahaan penerbit tersebut, maka kehadiran tenaga kerja yang profesional harus bisa dihadirkan. Tenaga kerja yang profesional sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan penerbit. Tanpa adanya sumber daya manusia yang profesional, maka perusahaan penerbit tak akan bisa meneruskan kinerjanya. Karena itu agar perusahaan penerbit bisa mempertahankan eksistensinya, maka perusahaan harus benar-benar mengembangkan kreativitasnya agar selalu dinanti oleh masyarakat.

Contoh Company Profile Perusahaan Penerbit

Siapapun bisa membuat company profile melalui contoh yang ada. Dengan mempelajari contoh yang ada, maka company profile bisa dibuat dengan sekreatif mungkin. Seperti contoh company profile perusahaan penerbit berikut ini bisa digunakan untuk referensi dalam membuat company profile.

Pengertian company Profile Perusahaan Penerbit

Sumber: image.freepik.com/free-vector/corporate-company-brochure-template_71805-43.jpg

PROFIL PERUSAHAAN FEBRIANTO

  1. FEBRIANTO merupakan perusahaan penerbitan yang bergerak di bidang penerbitan dan pendistribusian buku. PT. FEBRIANTO berdiri pada tanggal 21 Juni 2000 dengan tujuan utama menjadikan buku sebagai media untuk menciptakan perubahan kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik. Perusahaan kami mempunyai komitmen untuk menghadirkan buku-buku yang berkualitas yang sesuai dengan cita-cita bangsa.

·        VISI

Menghadirkan buku sebagai media pembangun bangsa.

·        MISI

  • Mencetak buku yang inspiratif.
  • Mengasah keterampilan para penulis.
  • Meningkatkan budaya baca.

·        BIDANG PELAYANAN

  • Buku pendidikan
  • Buku penelitian
  • Jurnal ilmiah
  • Distribusi buku

·        ALAMAT DAN KONTAK

Jl. Aan Nurrohman No. 76, Karang Merah, Buah Naga, Jakarta Pusat

Telp                       : +621 55567 98999

Email                     : layanan@febrianto(.)com

Website               : www(.)febrianto(.)com

Sebenarnya, contoh company profile perusahaan penerbit dapat ditemukan dengan mudah. Siapapun dapat membuat company profile jika terus berusaha mengasah keterampilannya. Namun, agar proses lebih cepat maka Anda bisa menggunakan jasa pembuatan company profile yang ada. Di tangan yang sudah profesional, company profile akan terwujud dengan lebih baik.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.