Company Profile Perusahaan B2B yang Komprehensif & Persuasif

Sumber: image.freepik.com/free-vector/abstract-bifold-brochure-template_52683-35369.jpg

Adanya company profile perusahaan B2B sangat membantu masyarakat dalam menjalankan roda bisnisnya. Company profile yang ditampilkan dapat membuat masyarakat mengetahui dengan jelas seperti apa performa perusahaan B2B yang akan dijadikan mitra untuk bekerja sama. Orang-orang yang sebelumnya tidak mengetahui dengan jelas mengenai perusahaan B2B pun akan menjadi lebih tahu apa saja yang dilakukan oleh perusahaan ini.

Sumber: image.freepik.com/free-vector/pages-company-profile-brochure-corporate-business-bi-fold-brochure_144648-186.jpg

Apa Arti Company Profile Perusahaan B2B?

Sebelum mengetahui arti company profile perusahaan B2B, sebaiknya lebih dulu ketahui arti dari perusahaan B2B itu sendiri. B2B merupakan kepanjangan dari bisnis ke bisnis atau bisnis to bisnis atau B ke B.

B2B sendiri merupakan sebuah bentuk transaksi antar pelaku bisnis, bukan ke konsumen. Sehingga bisa dikatakan bahwa perusahaan B2B adalah perusahaan yang khusus melayani kegiatan bisnis antar sesama perusahaan, bukan antara perusahaan ke konsumen akhir.

Sedangkan company profile perusahaan B2B adalah bentuk pengenalan diri perusahaan B2B kepada masyarakat atau pihak tertentu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan. Company profile ini berisi hal-hal dasar tentang perusahaan seperti sejarah, visi, misi, pelayanan, alamat, kontak dan sebagainya. Sebagai bentuk pengenalan yang baik, company profile dapat menarik minat para mitra bisnis sehingga kinerja semakin meningkat.

Perusahaan B2B hanya melayani lingkar bisnis antar sesama rekan bisnis atau perusahaan saja. Pelayanan yang diberikan biasanya khusus dengan penyediaan hasil produksi yang digunakan oleh perusahaan lain. Transaksi yang dilakukan perusahaan B2B contohnya adalah transaksi antara perusahaan yang bertindak sebagai produsen dengan para pihak grosir. Sistem kerjanya adalah tenaga kerja perusahaan B2B melakukan komunikasi dengan tenaga kerja perusahaan lain untuk menjalankan bisnis yang dijalankannya.

Contoh Aktivitas Perusahaan B2B

Seperti diketahui sebelumnya, perusahaan B2B hanya menjalankan transaksi antar sesama pelaku bisnis. Apapun jenis industrinya, pasti ada perusahaan B2B yang ikut serta dalam mensukseskan roda bisnis yang dijalankan. Mulai dari manufaktur hingga ritel, perusahaan B2B selalu memastikan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada perusahaan rekanannya. Agar lebih mudah memahami bagaimana perputaran bisnis di perusahaan B2B, perhatikan contoh ini.

Sebuah perusahaan X adalah salah satu bisnis khusus yang terjun dalam bidang manufaktur mobil. Untuk dapat menghasilkan sebuah mobil yang handal, perusahaan X membutuhkan komponen-komponen tertentu sebagai penyusun mobil. Oleh karena itu, perusahaan X menjalin kerja sama dengan perusahaan Y yang khusus menyediakan ban. Juga perusahaan T yang khusus menyediakan kaca mobil dan beberapa perusahaan lain yang relevan dengan apa yang dibutuhkan. Perusahaan X membeli produk-produk yang berasal dari pemasoknya untuk diterapkan pada produk akhir yang berupa mobil.

Itulah salah satu contoh transaksi yang dilakukan oleh perusahaan B2B. Lebih mudahnya, ketika membeli mobil dari perusahaan X, maka itu artinya suku cadang atau komponen mobil yang dibuat oleh perusahaan lain juga ikut terbeli. Inilah cara kerja perusahaan bisnis ke bisnis. Semua keperluan industri untuk bisnis dipenuhi oleh industri penyedia bisnis pula. Hal ini berlaku untuk produk atau industri apapun, tidak hanya terbatas pada industri mobil saja. Jadi, aktivitas perusahaan B2B memang benar-benar khusus melayani sesama perusahaan saja.

Sumber: image.freepik.com/free-vector/corporate-business-brochure-template_6792-1184.jpg

Peluang Usaha Dengan Perusahaan B2B

Pada prinsipnya, perusahaan B2B bertujuan untuk mendukung perusahaan lain melalui produk dan layanan yang dihasilkannya. Saat ini, ada beberapa bidang B2B yang menjadi tren di berbagai kalangan masyarakat. Beberapa bidang tersebut antara lain sebagai berikut.

1.     Media Digital

Zaman yang terus berkembang membuat media digital menjadi media utama dalam menjalankan suatu bisnis. Ada banyak sekali perusahaan yang saling bersaing untuk menggunakan teknologi digital dalam meningkatkan eksistensinya.

Nah, kebutuhan ini membuat kebutuhan tiap perusahaan untuk mengembangkan konsep digitalnya menjadi semakin meningkat. Sebut saja pengembangan web, SEO, database, perangkat lunak dan sebagainya menjadi peluang yang sangat besar bagi perusahaan B2B.

2.     Pemasok Kebutuhan

Banyak perusahaan yang mencari pemasok kebutuhan bisnis yang berkualitas dan terpercaya untuk proses produksinya. Apalagi pada zaman sekarang ini sebagian transaksi bisnis dilakukan secara online. Untuk itulah perusahaan B2B berperan besar dalam penyediaan kebutuhan ini.

3.     Perantara

Selain menjadi pemasok kebutuhan, perusahaan B2B juga berperan menjadi perantara dalam upaya pemenuhan kebutuhan antara pemilik bisnis dan para pemasok bahan. Perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi dan mengakses pasokan bahan baku dan produk lainnya untuk menjalankan roda bisnis yang digeluti.

4.     Agen Pemasaran

Agen pemasaran seperti spesialis pencarian, pakar media sosial, pemasaran konten dan yang lainnya bertujuan untuk menggaet pelanggan dalam jumlah besar. Perusahaan B2B yang khusus menjadi agen pemasaran ini bekerja secara tersktuktur untuk memenuhi kebutuhan marketing perusahaan lain.

Apapun model bisnisnya, sebaiknya selalu cantumkan dalam company profile perusahaan B2B yang hendak dibuat. Dengan mencantumkan hal tersebut, masyarakat bisa tahu spesialisasi sebuah perusahaan sehingga bisa menjalin kerja sama dengan tepat.

Contoh Company Profile Perusahaan B2B

Setiap perusahaan B2B harus membuat company profile terbaik agar meningkatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Berikut contoh company profile singkat sebagai bahan perkiraan.

PROFIL PERUSAHAAN ALIYA SARI

  1. ALIYA SARI merupakan perusahaan B2B yang fokus melayani kebutuhan industri motor. Perusahaan kami berdiri sejak tanggal 24 Mei 2006 dan terus berkembang hingga saat ini. Setiap hasil kerja perusahaan kami selalu mengedepankan kualitas dan kuantitas.

VISI

Menjadi perusahaan B2B yang terdepan dan terpercaya.

MISI

Mengembangkan keterampilan perusahaan untuk melayani kebutuhan dunia industri.

ALAMAT DAN KONTAK

Jl. Viantika Putri No. 9, Gedung Bakri, Sari Rasa, Tangerang Selatan

Telp                       : +621 56667 2344

Email                     : pelanggan@aliya(.)com

Website               : www(.)aliya(.)com

Karena perannya sangat penting, company profile harus dipersiapkan dengan matang. Company profile perusahaan B2B dapat dipercayakan kepada ahli yang sudah profesional untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

naftalia inge: