Bagaimana Cara Mudah Meningkatkan Konversi Penjualan?

Strategi yang tepat selalu dibutuhkan agar bisa mendapatkan profit yang maksimal dalam bisnis, dan konversi menjadi salah satu poin penting yang tidak boleh luput dari perhatian. Secara sederhana, konversi bisa diartikan sebagai aktivitas calon pelanggan potensial atau pelanggan tetap yang melakukan tindakan lanjutan pada laman Anda. Tentu saja, standar masing-masing pemilik bisnis berbeda terhadap rumusan konversi. Salah satunya mungkin berupa berapa banyak klik yang didapat pada tombol call to action yang sudah dibuat. Lantas, bagaimana cara meningkatkan konversi penjualan yang efektif?

Umumnya, seseorang menghabiskan antara 5 hingga 15 persen dari total bruto atau pendapatan kotor untuk biaya pemasaran. Sudah pasti, tujuannya untuk mendapatkan hasil konversi atau peningkatan pada penjualan. Pasalnya, peningkatan angka konversi akan berdampak pada meningkatnya angka keuntungan, sehingga pengembalian investasi pun jadi lebih besar.

Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum mengetahui bagaimana strategi efektif untuk bisa meningkatkan angka konversi. Alhasil, biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran produk justru lebih besar dari perkiraan, dan tak jarang berujung pada kerugian. Supaya tak lagi berakhir pada kondisi serupa, coba terapkan beberapa cara ini.

Cara meningkatkan konversi penjualan

Vector Created by Freepik

Related post: Jasa Pembuatan Desain Company Profile Rumah Sakit

Berikan Penawaran Menarik

Cara meningkatkan konversi penjualan yang pertama adalah dengan memberikan penawaran yang menarik. Calon konsumen, terutama yang baru mengenal produk Anda, mungkin akan melontarkan pertanyaan seperti “Apa keuntungan dari produk ini sehingga layak dibeli?” Atau “Apa yang bisa diperoleh dengan membeli dari produsen ini?” Tidak sepenuhnya salah, karena setiap orang tentu memiliki harapan atau keinginan yang berbeda terhadap suatu produk. Sebagai produsen, tentu Anda harus memiliki tindakan antisipasinya, salah satunya bisa dengan memberikan penawaran terbaik untuk lebih meyakinkan calon pembeli.

Rahasia terbaiknya adalah menjelaskan pada calon konsumen mengenai keunikan produk Anda, dan pastikan ada perbedaan dengan pesaing. Tidak harus ke semua aspek, satu poin keunggulan saja sudah cukup asal tepat dengan kebutuhan dan permasalahan konsumen. Menemukan keunikan ini mungkin mudah, tapi bagaimana mengomunikasikannya pada calon konsumen dengan bahasa yang menarik inilah yang menjadi tugas Anda. Jika memang memungkinkan, berikan penjelasan dalam satu kalimat yang langsung menjawab kebutuhan calon pelanggan.

Terapkan Konsep Video Marketing

Tahukah Anda jika sekitar 70% calon pelanggan lebih memilih untuk mencari atau membeli sebuah produk melalui video dibandingkan dengan melalui konten? Bukan tanpa alasan, karena tampilan visual terbilang lebih menarik perhatian dibandingkan dengan konten. Terlebih jika konten yang Anda miliki tidak ditunjang dengan tampilan visual yang menarik.

Jadi, mengapa Anda tidak mencoba menerapkan konsep video marketing sebagai salah satu strategi pemasaran? Bahkan, riset yang dilakukan oleh bluecorona menyimpulkan bahwa konsep ini mampu membantu meningkatkan angka konversi hingga 34% dan CTR hingga 27%, lho! Salah satu jenis konten video yang bisa Anda pertimbangkan seperti tutorial melakukan sesuatu (how to). Tidak heran, video marketing menjadi salah satu cara meningkatkan konversi penjualan yang banyak dilirik pada era digital ini.

Related Post: Tips Memilih Jasa Desain Company Profile

Lakukan Headline Testing

Selain a/b testing, masih ada eksperimen lainnya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan angka konversi penjualan, yaitu penerapan headline testing pada website. Sebenarnya, apa hubungan headline website dengan konversi penjualan? Sederhana, calon pelanggan baru tentu memiliki penilaian pertama terhadap bisnis Anda sebelum mengarah pada produk. Inilah titik paling pentingnya, kesan pertama mereka bisa berdampak menguntungkan, atau justru sebaliknya.

Menentukan headline yang pas untuk website bukan perkara mudah, karena harus menampillkan keunikan, ketertarikan, dan solusi dari masalah yang dimiliki calon pelanggan. Tunjukkan apa kelebihan produk Anda, karena calon pelanggan akan melakukan perbandingan dengan produk lain yang sejenis sebelum membeli. Jika memungkinkan, Anda pun bisa memasang promo pada headline. Namun, jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.

Berikan Pelayanan After Sales

Apa yang Anda lakukan setelah mendapatkan banyak pembeli baru yang potensial? Atau setidaknya berhasil mempertahankan loyalitas pelanggan lama untuk tetap bertahan? Apakah Anda lantas merasa sangat puas dan tidak melakukan tindakan berkelanjutan untuk membuat mereka tetap ada di pihak Anda alias berhenti di situ saja?

Jangan sampai, karena tentu saja pelanggan membutuhkan Anda kapan saja, terlebih jika ada pertanyaan seputar produk Anda. Jadi, berikan pelayanan purna jual kepada mereka, salah satu caranya bisa dengan menanyakan kritik dan saran terhadap produk Anda kepada pembeli. Cara meningkatkan konversi penjualan yang satu ini juga akan membuat pelanggan tetap setiap dengan produk Anda.

desain company profile

Photo Created by Jcomp on Freepik

Jadilah Produsen dengan Kredibilitas Tinggi

Kurangnya kepercayaan antara calon pelanggan dengan Anda menjadi salah satu alasan mengapa produk Anda kurang diminati. Jadi, tidak boleh lupa untuk membangun kepercayaan dengan calon pelanggan, salah satunya dengan adanya website yang bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.

Lebih baik lagi jika Anda memiliki company profile yang tersusun dengan baik alias tidak asal-asalan. Lalu, jangan lupa juga untuk memperbarui konten dalam website, bisa menambahkan konten baru dengan basis SEO atau memperbaiki informasi yang sudah ada. Sekarang, Anda sudah siap untuk mendapatkan keuntungan besar dengan konversi tinggi!

Untuk bisa membuat desain company profile yang menarik dan representatif, Anda bisa mencoba untuk menggunakan jasa agensi profesional seperti Sooca Design. Selain hemat waktu dan tenaga, hasil desain company profile yang ditawarkan juga pasti akan bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Powered by