Cara Meningkatkan Angka Penjualan Dengan Ide Kreatif

Salah satu kunci sukses bisnis adalah meningkatnya angka penjualan, yang sudah pasti berujung pada keuntungan yang signifikan. Namun, tidak semua pemilik bisnis ternyata bisa melakukannya, karena memang hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Ada strategi yang perlu dicetuskan, tetapi jangan pernah lupa, bahwa ide dan kreativitas harus turut berperan. Kedua aspek ini akan menghasilkan output yang sangat menjanjikan diantaranya membantu meningkatkan angka penjualan.

Memang benar, Anda punya banyak sekali pilihan untuk mengiklankan produk secara digital alias online. Harapannya sederhana, untuk meningkatkan traffic pengunjung ke laman Anda. Pun, tidak sedikit pula biaya yang mungkin dikeluarkan hanya untuk membuat akun sosial media yang tepercaya, sehingga penjualan bisa meningkat dan merek Anda pun lebih dikenal.

meningkatkan angka penjualan

Image by mohamed Hassana on Pixabay

Meski begitu, tidak semua ide harus dijalankan, inilah yang dinamakan strategi. Sederhananya, kombinasi yang tepat dari pilihan yang ada untuk mempromosikan merek Anda akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Untuk itu, simak beberapa ide kreatif demi meningkatkan angka penjualan dari bisnis berikut ini.

Related post: 7 Hal Penting Pada Desain Kemasan Produk

Berfokus pada Pelanggan Tetap

Tidak banyak yang menyadari bahwa dibandingkan dengan berfokus pada bagaimana mendapatkan konsumen atau pelanggan baru, akan lebih baik jika mempertahankan pelanggan tetap yang telah mencoba produk Anda. Buat mereka terkesan dan selalu ingin membeli produk tersebut. Ini bisa menjadi prospek penjualan terbaik, karena pelanggan tetap telah mengetahui bagaimana kualitas produk Anda.

Memang, pemasaran selalu berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Namun, bukan berarti Anda hanya berfokus pada pelanggan baru, tetapi juga bagaimana caranya membuat pelanggan tetap Anda bertahan untuk selalu membeli produk Anda. Mencari pelanggan potensial baru sudah pasti, tetapi mempertahankan pelanggan yang sudah ada adalah suatu keharusan.

Belajar dari Para Pesaing

Anda bukan satu-satunya pemilik bisnis yang menawarkan satu produk tertentu. Sudah pasti, jika produk tersebut dibutuhkan, akan ada banyak pesaing yang turut membuat produk serupa. Nah, tugas Anda sederhana, pelajarilah produk pesaing, termasuk strategi pemasaran yang mereka gunakan, dan apa keunggulan yang mereka miliki. Dari sini, pelajari apa yang tidak dimiliki pesaing dan jadikan hal ini sebagai keunggulan dari produk Anda.

Lakukan Inovasi pada Produk

Melakukan inovasi itu penting, terlebih untuk meningkatkan angka penjualan. Sudah pasti, pelanggan menyukai produk yang unik dan menarik perhatian, meski mereka mendapati itu adalah produk yang sama dengan apa yang pernah mereka gunakan sebelumnya. Inovasi lebih mengarah pada penyegaran produk, sehingga brand Anda tidak tergerus oleh produk pesaing yang lebih menarik.

company profile

Image by talha khalila on Pixabay

Buat Produk yang Kredibel

Kredibilitas menjadi salah satu faktor penting yang membuat pelanggan lebih percaya dan merasa nyaman ketika menggunakan produk atau layanan milik Anda. Bagaimana caranya? Mudah saja, gunakan testimoni dari para pelanggan sebelumnya akan membuat calon pelanggan baru lebih percaya dengan produk Anda. Jika memang diperlukan, bantulah untuk meningkatkan angka penjualan mereka melalui pemasaran online.

Perbarui Website

Situs website menjadi tempat paling banyak dikunjungi calon pelanggan ketika mencari suatu produk. Ini artinya, isi menjadi faktor penting yang harus diperhatikan, karena melalui laman inilah pelanggan bisa mengetahui segala informasi tentang produk, termasuk deskripsi, harga, dan ketersediaan produk di daerah mereka.

Sudah pasti, memperbarui informasi tentang produk pun menjadi kewajiban untuk menaikkan angka penjualan. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah membuat company profile yang sudah pasti menjual dan tidak asal-asalan. Ini akan turut meningkatkan kredibilitas produk dan brand Anda.

Membuat Blog

Kini, semua orang bergantung pada internet untuk mendapatkan berbagai informasi. Ini artinya, Anda pun perlu mempertimbangkan aspek promosi bisnis melalui internet untuk menjaring pelanggan baru. Lebih baik lagi jika Anda memiliki blog yang berisikan konten menarik seputar produk yang ditawarkan. Adanya blog ini pun bisa menjadi salah satu sarana membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Membangung Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan

Siklus transaksi yang lebih panjang menjadi ciri khas dari bisnis B2B. Pasalnya, pelanggan membutuhkan waktu lebih lama untuk berbagai pertimbangan sebelum melakukan pembelian. Nilainya pun bisa terbilang besar, sehingga jika pelanggan tidak puas, kerugian dan reputasi Anda sebagai produsen pun dipertanyakan.

Jadi, bangun hubungan jangka panjang dengan para pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan kepada Anda. Caranya bisa dengan menempatkan pramuniaga yang bertugas membantu pelanggan mendapatkan berbagai informasi produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Fokuslah pada Kepuasan Pelanggan

Sebagai pemilik suatu bisnis, kepuasan pelanggan menjadi fokus utama. Namun, kepuasan pelanggan tidak bisa dinilai hanya dari seberapa baik produk dan promosi yang Anda lakukan, pengalaman pelanggan pun perlu diperhatikan. Nah, inilah bagian penting dari kepuasan pelanggan tadi. Berikan iklan sebagai langkah awal, lalu tampilkan testimoni, memberikan kupon promo, hingga fitur uji coba gratis.

Nah, itu tadi beberapa ide kreatif untuk meningkatkan angka penjualan Anda secara online. Jangan lupa, jadilah konsisten dan berfokus pada proses untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

 

Ps: jika butuh bantuan untuk membuat company profile, segera hubungi tim Sooca Design ya!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.