Manfaat GCG Bagi Keberlangsungan Bisnis Jangka Panjang 

Manfaat GCG Bagi Keberlangsungan Bisnis Jangka Panjang 

Banyak kalangan mendorong implementasi tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG). Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Penerapan GCG dapat membawa beragam manfaat bagi perusahaan, terutama keberlangsungan bisnis jangka panjangnya.

Manfaat GCG Bagi Perusahaan Dalam Jangka Pendek

manfaat GCG bagi keberlangsungan bisnis
Sumber: freeimages.com

Dalam jangka pendek ada beberapa manfaat GCG bagi perusahaan, diantaranya seperti berikut ini:

  • Meningkatkan Transparansi

Pencatatan dan mekanisme pengambilan keputusan jelas serta transparan. Hal ini mengindikasikan perusahaan tidak menutupi informasi yang perlu diketahui oleh para stakeholder.

  • Meningkatkan Laporan Keuangan 

Laporan keuangan akan tersampaikan secara transparan pula. Laporan keuangan yang transparan bisa meningkatkan kepercayaan (trust) para stakeholder perusahaan tersebut.

  • Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan

Terjadi pengambilan keputusan yang lebih efisien. Hal ini dapat berimbas positif terhadap kinerja perusahaan.

  • Meminimalkan Agency Cost

Sebelum menerapkan GCG, sebuah perusahaan bisa jadi harus mendelegasikan wewenang kepada pihak manajemen. Biaya ini dapat berupa kerugian karena manajemen memakai sumber daya perusahaan untuk kepentingan pribadi atau berupa biaya pengawasan yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Selain itu, pemegang saham harus menanggung biaya yang timbul akibat dari praktik ini. Tapi, bila menerapkan GCG, hal ini dapat diminimalisir. 

  • Meminimalkan Penyalahgunaan Kekuasaan & Wewenang

Penerapan prinsip-prinsip GCG yang baik akan mencegah kemungkinan pihak-pihak tertentu memanfaatkan kekuasaan dan wewenangnya yang dapat merugikan perusahaan.

Jasa Konsultan GCG
Sumber: freeimages.com
  • Mengurangi Biaya Modal

Hal ini dapat terjadi karena adanya kepercayaan dari investor atau kreditor dalam berinvestasi di perusahaan yang menerapkan GCG dengan baik. Jika investasi masuk, maka perusahaan dapat meminimalkan biaya modal yang harus ditanggung. Investasi yang  masuk ini dapat memperkuat kinerja keuangan sehingga membuat produk perusahaan akan menjadi lebih kompetitif.

  • Dapat Mencegah Munculnya KKN

Korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) merupakan salah satu faktor penghambat dari kemajuan suatu perusahaan. Dengan menerapkan GCG, maka praktik KKN dapat ditekan sehingga perusahaan terhindar dari berbagai macam kerugian.

  • Melindungi Hak Pemegang Saham

Hak dan kepentingan pemegang saham perusahaan juga terlindungi dengan adanya penerapan GCG. Kepentingan dan hak yang terlindung bisa memacu pemegang saham menjalankan tugasnya lebih optimal sehingga dapat menciptakan kebijakaan-kebijakan yang lebih efektif.

  • Meningkatkan Kualitas Kerja SDM

GCG dapat mendorong terciptanya kondisi lingkungan pekerjaan yang lebih baik. Jika lingkungan kerja kondusif, maka sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan akan merasa lebih dihargai dalam pekerjaannya. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya kualitas kerja SDM karena merasa nyaman dalam bekerja.

  • Meningkatkan Keterikatan Kerja SDM

Meningkatnya kualitas kerja SDM dapat memupuk keterikatan kerja yang baik dengan perusahaannya. Koordinasi dan sinergi antar bagian di dalam perusahaan tersebut pun akan lebih solid.

Manfaat GCG Bagi Perusahaan Dalam Jangka Panjang

penerapan GCG dalam perusahaan
Sumber: freeimages.com

Tak kalah penting, manfaat GCG dalam jangka panjang dapat memberikan keuntungan lainnya sebagai berikut:

  • Mempercepat Internalisasi Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan bukanlah sesuatu yang instan terjadi. Dalam proses mewujudkannya, diperlukan internalisasi atau penanaman yang bisa memakan waktu bertahun-tahun. Dengan penerapan GCG, internalisasi ini bisa lebih cepat meresap ke setiap SDM dalam sebuah perusahaan karena didukung dengan lingkungan kerja kondusif yang sebelumnya dirasakan oleh segenap SDM di perusahaan tersebut.

  • Mendorong Citra Perusahaan

Tidak mudah membangun citra perusahaan. Terkadang, membangunnya membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan membangun perusahaan itu sendiri secara fisik. Penerapan GCG yang baik pada sebuah perusahaan mampu meningkatkan citra perusahaan di hadapan khalayak luas. Citra perusahaan yang baik tentu akan menambah reputasi perusahaan. Investor atau customer akan lebih mempercayai perusahaan yang memiliki reputasi baik, bukan? 

  • Meningkatkan Nilai Saham

Meningkatnya nilai saham perusahaan dapat disebabkan oleh pengelolaan perusahaan secara sehat. Nah, pengelolaan perusahaan yang sehat dapat dilakukan melalui penerapan GCG yang baik. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa BoD (Board of Directors) yang kompeten merupakan salah satu pertimbangan utama bagi investor sebelum memutuskan untuk membeli saham. Jadi, penerapan GCG dapat menarik investor untuk menanamkan modal dalam sebuah perusahaan.

  • Neraca Perusahaan Yang Positif

Meningkatnya kondisi kualitas kinerja SDM dan perusahaan secara keseluruhan akan berdampak pada kondisi neraca keuangan perusahaan. Neraca perusahaan akan menjadi lebih baik dan mengarah ke arah yang positif. Hal ini karena melalui penerapan GCG, perusahaan akan terhindar dari berbagai hal yang berpotensi merugikan, seperti korupsi.

  • Menjaga Keberlangsungan Perusahaan

Manfaat GCG bagi keberlangsungan bisnis perusahaan selanjutnya adalah mengurangi adanya risiko hukum, keamanan, dan operasi yang dapat berdampak pada seluruh pihak terkait sehingga kelangsungan perusahaan terjaga.

Related post:

Mengenal Istilah GCG Atau Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

 

Sumber:

  •  manfaat.co.id/manfaat-gcg-bagi-perusahaan 
  •  proxsisgroup.com/pentingnya-good-corporate-governance-untuk-menjaga-akuntabilitas-perusahaan/ 
  •  www.pahlevi.net/pengertian-good-corporate-governance/ 

GRATIS Mini Course

Kategori