keuntungan keuangan berkelanjutan (jasa pembuatan sustainability report)

Keuntungan & Resiko Investasi Produk Keuangan Berkelanjutan

Investasi produk keuangan berkelanjutan kini tersedia. Calon investor bisa mendapat sejumlah keuntungan bila berinvestasi pada produk keuangan berkelanjutan. Namun, seperti banyak instrumen investasi lainnya, produk keuangan berkelanjutan tidak bebas risiko.

Potensi keuntungan dan risiko dari investasi produk keuangan berkelanjutan patut dipertimbangkan oleh calon investor. Tujuannya agar bisa menetapkan keputusan tepat dalam berinvestasi.

keuntungan dan resiko keuangan berkelanjutan

source: pexels.com

Salah satu produk keuangan berkelanjutan di Indonesia adalah SBN seri ST009. Selain itu, calon investor juga bisa berinvestasi pada produk reksadana dengan alokasi portofolio investasinya ke instrumen saham dari perusahaan yang mengedepankan prinsip environment, social, dan governance (ESG). 

Keuntungan Produk Keuangan Berkelanjutan

Berikut adalah sejumlah keuntungan produk keuangan berkelanjutan.

keuntungan produk keuangan berkelanjutan

Source: pexels.com

  1. Menghasilkan keunggulan komparatif

Keunggulan komparatif adalah kemampuan ekonomi untuk menghasilkan barang atau jasa tertentu dengan biaya yang rendah. Keunggulan komparatif digunakan untuk menjelaskan mengapa perusahaan, negara, atau individu dapat memperoleh keuntungan dari perdagangan. Seorang investor yang berinvestasi pada produk keuangan berkelanjutan pun berpeluang mendapat keunggulan normatif.

  1. Meningkatkan reputasi

Profil investor turut dipengaruhi oleh pilihannya dalam berinvestasi. Bila seorang investor memiliki rekam jejak pada produk keuangan berkelanjutan, maka bisa meningkatkan reputasinya di dunia bisnis. Reputasi ini tak melulu keberhasilan mendapat uang, namun juga kepedulian terhadap keberlanjutan.

  1. Meningkatkan prospek ekonomi

Pemerintah yang mempromosikan produk keuangan berkelanjutan turut membantu melindungi masyarakat dari kelangkaan sumber daya. Pemerintah, misalnya, membangun dan mendorong pasar lokal untuk energi terbarukan serta memasuki pasar baru dengan potensi lapangan kerja yang tinggi. Hal ini berarti meningkatkan prospek ekonomi kedepannya. Semakin banyak investor menaruh uangnya pada produk keuangan berkelanjutan, maka prospek ekonomi berpotensi semakin meningkat di masa depan.

  1. Memangkas biaya dan efisiensi

Menciptakan bisnis yang berkelanjutan dapat membantu memberikan penghematan biaya dan efisiensi yang signifikan. Bila sebuah perusahaan menggunakan lebih sedikit sumber energi fosil dan menggantinya dengan membangun panel surya, contohnya, maka tagihan listriknya akan berkurang. Biaya yang terpangkas dan efisiensi ini bisa berdampak pada investor, misalnya, makin besarnya dividen yang akan diperolehnya.

  1. Berpartisipasi terhadap pelestarian lingkungan

Produk keuangan berkelanjutan tentu memiliki kaitan dengan lingkungan. Seorang investor produk keuangan berkelanjutan juga turut berpartisipasi terhadap pelestarian lingkungan. Partisipasi ini bisa dinilai secara langsung maupun tidak langsung. Seorang investor yang berinvestasi pada saham ‘hijau’, maka memiliki peluang mendapat imbal hasil sesuai harapannya. Bila ini terjadi, nilai saham ‘hijau’ akan terus bernilai tinggi dan populer. Popularitas saham tersebut dapat mendorong masyarakat untuk berperilaku lebih bersahabat dengan lingkungan. Gaya hidup ramah lingkungan pun makin meluas.

Risiko produk keuangan berkelanjutan

Selain keuntungan, produk keuangan berkelanjutan juga mengandung sejumlah risiko antara lain:

  1. Risiko iklim

Risiko terkait iklim adalah risiko keuangan yang ditimbulkan oleh eksposur untuk investasi yang berpotensi terpengaruh oleh perubahan iklim. Setelah diadopsinya Perjanjian Paris, pemerintah di banyak negara sedang berusaha untuk beralih ke sumber energi rendah karbon dan banyak lagi ekonomi sirkular dalam skala global. Transisi ke ekonomi rendah karbon dan lebih sirkular memerlukan kesiapan sejumlah aspek, seperti daerah, industri, akses, distribusi hingga supply-demand. Perubahan iklim yang sukar ditebak pada akhirnya menjadi risiko produk keuangan berkelanjutan.

  1. Risiko sosial 

Risiko produk keuangan berkelanjutan lainnya terkait masalah sosial. Risiko sosial ini banyak implementasinya, seperti pertentangan dari aspek ketenagakerjaan karena sejumlah pekerjaan hilang, pelatihan atau pengembangan kompetensi tenaga kerja hingga penyakit menular. Pemerintah di banyak negara, misalnya, memutuskan beralih ke energi lebih bersih. Dengan begitu, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) akan banyak yang ditutup. Bagaimana dengan tenaga kerja yang bekerja di PLTU nantinya? Apakah mereka akan diberhentikan? Bila ya, berarti akan muncul masalah pengangguran. Pengangguran yang tak tertangani dengan cepat dapat mengarah ke masalah lebih besar lagi, misalnya kerusuhan, kelaparan, dan penyebaran penyakit.

  1. Risiko tata kelola juga dapat terjadi

Risiko tata kelola menghadirkan risiko serius terhadap nilai investasi portofolio investor. Praktik tata kelola yang buruk dapat membuyarkan komitmen perusahaan yang memiliki produk keuangan berkelanjutan. Alih-alih semakin mantap melangkah, perusahaan tersebut justru berjalan mundur. Risiko seperti ini bisa saja dialami oleh investor produk keuangan berkelanjutan.

  1. Risiko pembuat kebijakan

Pembuat kebijakan di sini bisa pemerintah, wakil rakyat, asosiasi, atau dewan direksi perusahaan. Kebijakan pemerintah di suatu negara, misalnya, tidak mendukung pengembangan upaya berkelanjutan. Maka, regulasi yang berlaku dapat menghambat kemajuan produk keuangan berkelanjutan. Belum lagi bila bicara ketidakstabilan politik. Stabil atau tidaknya kondisi politik di suatu negara juga turut mempengaruhi besar atau kecilnya risiko pada produk keuangan berkelanjutan.

Sebuah perusahaan yang telah berkomitmen terhadap keberlanjutan, dapat mencantumkan berbagai program atau upaya terkait ke dalam laporan sustainability. Dari laporan sustainability, calon investor bisa menilai lebih jauh mengenai perusahaan tersebut. Bukan tak mungkin, calon investor itu kemudian tertarik menanamkan investasinya pada produk keuangan berkelanjutan perusahaan tersebut.

Jasa Pembuatan Sustainability Report Profesional by Soocadesign

Dengan penjelasan di atas, maka perusahaan bisa merencanakan untuk membuat laporan sustainability. Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaaan atau organisasi ternama di tanah air sebagai penyedia jasa pembuatan sustainability report profesional .

Kunjungi segera Soocadesign di SINI.

 

Sources:

www.morganstanley.com/ideas/sustainable-investing-competitive-advantages

www.robeco.com/docm/docu-robeco-sustainability-risk-policy.pdf

GRATIS Mini Course

Kategori