Desain Sustainability Report Bagi Perusahaan

Manfaat Pembuatan Desain Sustainability Report Bagi Perusahaan

Sustainability report atau Laporan Keberlanjutan adalah hal yang penting untuk disertakan oleh perusahaan. Pembuatan desain sustainability report bermanfaat dalam menghindarkan investasi dari risiko permasalahan lingkungan dan risiko permasalahan sosial. Jika sebelumnya pembuatan desain sustainability report hanya dipandang sebelah mata sebagai pelengkap annual report, maka kali ini berbeda. Dikarenakan pihak Otoritas Jasa Keuangan sudah mewajibkan penyertaan sustainability report atau laporan berkelanjutan bagi beberapa perusahaan.

Pengertian Sustainability report

Sustainability report memiliki definisi yang beragam, menurut Elkington (1997), sustainability report adalah laporan yang memuat tidak saja informasi kinerja keuangan tetapi juga informasi non keuangan yang terdiri dari informasi aktivitas sosial dan lingkungan yang memungkinkan perusahaan bisa bertumbuh secara berkesinambungan (sustainable performance). Saat ini implementasi sustainability report di Indonesia didukung oleh aturan pemerintah seperti UndangUndang Perseroan Terbatas (PT) nomer 40 tahun 2007. Praktek pelaporan aktivitas tanggung jawab sosial dan lingkungan yang diungkapkan melalui sustainability report membutuhkan pedoman.
Salah satu pedoman yang dapat digunakan adalah Global Reporting Initiative (GRI). Di Indonesia, pedoman ini digunakan oleh NCSR, sebagai lembaga independen yang secara berkala memberikan penilaian pengungkapan sustainability report yang disampaikan perusahaan-perusahaan. Manfaat sustainability report berdasarkan pada kerangka GRI (2011) adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai benchmark kinerja organisasional dengan memperhatikan hukum, norma,
    undang-undang, standar kinerja, dan prakarsa sukarela;
  2. Mendemostrasikan komitmen organisasional untuk sustainable development, dan
  3. Membandingan kinerja organisasional setiap waktu.

Sustainability report juga dapat digunakan oleh institusi pemerintah misalnya dari pihak kementerian lingkungan untuk membuat penilaian atas kinerja perusahaan terhadap lingkungan dalam setiap pelaporan organisasi. Seperti halnya di Indonesia, peraturan dalam pengungkapan CSR dapat ditemukan dalam aturan yang dikeluarkan oleh Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT), khususnya pasal 74.

Mengenal 4 Manfaat Pembuatan Desain Sustainability Report Bagi Perusahaan

Pentingnya Desain Sustainability Report

Terlepas dari perihal peraturan kewajiban yang telah dijelaskan pada poin diatas, nyatanya sustainability report memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan bagi perusahaan seperti berikut ini:

Menjaga dan Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Manfaat sustainability report yang pertama adalah menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan. Perbaikan transparansi dan pelaporan hal-hal yang positif merupakan cara terbaik untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap sebuah bisnis dari perusahaan. Hasil survei dari Boston College Center for Corporate Citizenship dan EY pada tahun 2013 juga mengungkapkan hal yang sama. Terdapat lebih dari 50% responden yang mengeluarkan sustainability report mengatakan bahwa laporan keberlanjutan tersebut dirasa cukup optimal dalam menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan.

Memenuhi Harapan Karyawan

Manfaat sustainability report yang kedua adalah untuk memenuhi harapan para karyawan. Sebuah survei tahun 2011 yang dilakukan oleh EY dan GreenBiz menemukan bahwa karyawan merupakan khalayak pembaca yang penting untuk laporan keberlanjutan, di mana 18% karyawan terbukti membaca laporan tersebut. Kisaran 30% perusahaan, penerbitan laporan diperkirakan berdampak pada loyalitas karyawan yang lebih tinggi.

Meningkatkan Akses Terhadap Modal

Manfaat sustainability report yang ketiga adalah meningkatkan akses terhadap modal. Penelitian terbaru menemukan bahwa perusahaan yang mengeluarkan desain sustainability report atau laporan keberlanjutan memiliki Kaplan-Zingales dengan Indeks skor 0,6 lebih rendah  yang menandakan peningkatan akses terhadap modal perusahaan.

Melakukan Efisiensi dan Pengurangan Limbah

Manfaat sustainability report yang keempat adalah melakukan efisiensi dan pengurangan limbah pada lingkungan. Sekitar 88% perusahaan mengatakan bahwa pembuatan desain sustainability report mampu membantu proses pengambilan keputusan organisasi menjadi lebih efisien. Pembuatan sustainability report mengharuskan perusahaan untuk mengumpulkan informasi seputar proses dan dampak yang mungkin tidak mereka perkirakan sebelumnya. Dengan data tersebut, perusahaan akan menciptakan transparansi yang lebih besar tentang kinerja perusahaan serta memberikan informasi yang diperlukan untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam, meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kinerja operasional perusahaan. Disamping itu, sustainability report juga dapat mempersiapkan perusahaan untuk menghindari atau meminimalisir risiko permasalahan lingkungan dan permasalahan sosial yang bisa berdampak pada keuangan bisnis perusahaan, sembari menerapkan bisnis yang lebih baik dalam aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Jasa Pembuatan Desain Sustainability Report Terbaik Dari Sooca Design

Dengan berbagai macam manfaat sustainability report yang sudah disebutkan diatas, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak membuatnya. Hadir sebagai agensi desain terbaik yang berdomisili di Jakarta, Semarang dan Surabaya, Sooca Design menyediakan layanan jasa desain pembuatan sustainability report, sustainability report BPR, dan pedoman GCG  untuk perusahaan Anda. Berkomitmen untuk selalu menghasilkan desain yang berkualitas, Sooca Design juga selalu bekerja dengan tepat waktu. Tidak hanya melayani proses desain, kami juga dapat memenuhi kebutuhan cetak laporan keberlanjutan dalam skala tertentu. Segera hubungi tim marketing Sooca Design dengan klik disini.

GRATIS Mini Course

Kategori