tips membuat kartu ucapan lebaran lebih bermakna

7 Tips Membuat Kartu Ucapan Lebaran Lebih Bermakna

Tidak hanya bersilaturahmi dan makan bersama, bertukar kartu ucapan Lebaran juga jadi salah satu tradisi saat Lebaran. Kartu yang dikirim umumnya diisi dengan kalimat-kalimat dan desain kartu ucapan lebaran yang menarik untuk si pembaca. Baik keluarga, teman, ataupun rekan kerja. Kalimat tersebut bisa berbentuk perkataan selamat memperingati Lebaran, permohonan maaf, dan harapan untuk Lebaran pada tahun selanjutnya. Maka dari itu, kali ini soocadesign akan memberikan beberapa informasi menarik seputar tips membuat kartu ucapan lebaran agar tampil lebih bermakna.

Tips Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Bila tahun sebelumnya membagikan kartu ucapan lebaran yang sudah jadi dengan beli di toko offline ataupun online, bagaimana jika tahun ini kartu lebarannya bikin sendiri? Tidak perlu khawatir hasilnya kurang baik, dengan mengikuti beberapa tips membuat kartu ucapan lebaran yang berikut ini, maka hasilnya bisa jauh lebih menarik dan unik.

7 tips membuat kartu ucapan lebaran lebih bermakna (jasa pembuatan kartu ucapan lebaran)
Vector created by freepik

1. Siapkan Perlengkapan dan Bahan yang Dibutuhkan 

Langkah pertama yaitu mempersiapkan perlengkapan dan bahan yang diperlukan untuk membuat kartu ucapan lebaran, seperti kertas origami, karton, lem, gunting, alat-alat tulis, serta krayon. Siapkan alat dan bahan yang lengkap, sehingga membuat kartu Lebaran jadi lebih mudah dan cepat.  

Jangan lupa mempersiapkan bahan tambahan, seperti pita atau pun manik-manik bila Anda membutuhkannya. Sesuaikan dengan jumlah penerima kartu Lebaran supaya barang yang dibeli tidak mubazir. 

Namun jika Anda ingin membuat versi elegan untuk kolega bisnis, maka perlu konsultasi kepada penyedia jasa pembuatan kartu ucapan lebaran profesional perihal jenis kertas yang digunakan.

2. Bikin Kerangka Kartu Lebaran 

Kartu Lebaran seperti apa yang Anda mau? Apakah itu kartu Lebaran yang polos atau yang dibangun sedemikian rupa? Daripada mayoritas bertanya dalam diri, lebih baik persiapkan kerangkanya terlebih dulu. Buatkan 2-3 kerangka sekaligus sebagai  apabila kerangka awal dirasa kurang menarik. 

Sesuaikan kerangka kartu dengan selera Anda dan usia orang yang menerimanya nanti. Jauhi model kartu Lebaran yang sangat kekinian apabila penerimanya telah berusia lanjut. Karena, antusiasme orang tua jauh berbeda dengan antusiasme orang muda. 

3. Pakai Cara yang Benar 

Ini juga salah satu tips desain kartu ucapan lebaran yang mesti Anda perhatikan. Membuat kartu Lebaran sendiri tidak sulit, tetapi tidak bisa juga dianggap remeh. Bagaimanapun, Anda wajib memperhatikan cara pembuatan yang benar supaya kartu ucapan buatan Anda jauh lebih menarik daripada yang dijual di toko-toko.  

Sempatkan waktu untuk menekuni cara pembuatan kartu, khususnya pada bagian menggunting. Desain foto sebagus apapun tentu akan rusak apabila digunting dengan cara yang salah. 

4. Siapkan Ucapan yang Menarik 

Jauhi ucapan yang monoton, seperti “Selamat Lebaran” ataupun cuma hanya memohon maaf pada kalimat pembuka. Coba pakai ucapan yang lebih menarik supaya orang yang menerima semakin bersemangat membaca kartu Lebaran pemberian Anda. Misalnya, diselingi dengan pantun ataupun kalimat berisi komedi, puisi dan sebagainya. 

5. Tambahkan Foto pada Bingkai 

Selanjutnya, Anda juga bisa menyertakan foto, tulisan kaligrafi, ataupun bingkai di bagian pinggir kartu ucapan. Mengingat momennya merupakan Lebaran, tidak ada salahnya bila Anda mau menambahkan hiasan ayat suci Al-Quran. Pilih ayat yang sangat berkesan, sehingga pembaca semakin menghayati arti Lebaran yang sebenarnya. 

6. Sertakan Hiasan yang Sesuai 

Bila Anda mau kartu ucapan lebaran kian tampak tambah manis serta cantik, Anda bisa menambahkan bermacam hiasan. Hiasan ini bisa berbentuk kain perca yang dibentuk seperti foto, bisa bunga, love ataupun yang lainnya. Tidak hanya itu, pada kartu ucapan juga bisa ditambahkan dengan manik-manik ataupun kancing pakaian yang sudah tidak terpakai. 

7. Lilitkan Pita Berwarna 

Bukan cuma menarik saja, menambahkan dengan pita berwarna dapat membuat tampilan kartu ucapan jadi lebih elegan dan istimewa. Siapapun yang menerimanya tentu akan merasa bahagia karena merasa dirinya jadi salah satu orang yang istimewa di hari kemenangan ini. 

Yakinkan kartu ucapan dibuat dari bahan yang agak tebal supaya Anda lebih mudah saat melilitkannya nanti. Memilih warna pita yang sesuai dengan warna kartu atau pun antara campuran warna foto, sehingga kartu Lebaran jadi cantik. 

Inilah beberapa tips yang bisa Anda ketahui ketika Anda ingin membuat kartu ucapan lebaran supaya lebih bermakna.  

Namun jika Anda ingin memiliki kartu ucapan yang terlihat lebih elegan, cantik dan menarik maka Anda bisa menggunakan jasa pembuatan kartu ucapan lebaran.

Konsultasikan design kartu ucapan lebaran Anda sekarang seperti di SOOCADESIGN. Kami menyediakan penawaran jasa pembuatan kartu ucapan lebaran kartu ucapan yang menarik, lengkap dan berkualitas. Tunggu apa lagi, segera terhubung dengan tim marketing kami dengan cara klik di bawah sini:

JASA PEMBUATAN KARTU UCAPAN LEBARAN

GRATIS Mini Course

Kategori