Ada beberapa tips mengenai design safety sign agar hasilnya menarik dan sesuai standar. Seperti yang telah kita ketahui, safety sign merupakan upaya “Administration Control” yang masuk dalam tahap “Determining Control” di mana berperan sebagai komunikasi visual yang memiliki fungsi mengkomunikasikan pesan keselamatan berupa peringatan bahaya, kewajiban, larangan, dan sebagainya. Berikut beberapa tips menentukan design safety sign di perusahaan Anda lebih komunikatif dan dapat menarik perhatian siapapun.

Tips Menentukan Design Safety Sign untuk Perusahaan Anda

Simak tips-tips berikut ketika Anda akan mendesain safety sign untuk perusahaan Anda.

1.     Sesuaikan Design Safety Sign dengan Standar

Ketika mendesain safety sign, Anda harus menyesuaikan desain tersebut dengan standar baik nasional maupun internasional. Hal ini selain bertujuan sebagai bukti Anda mematuhi standar yang berlaku, juga karena standar-standar tersebut telah memaksimalkan upaya agar safety sign mudah dipahami oleh siapapun.

2.     Memilih Ukuran dan Jenis Huruf

Sebaiknya Anda menggunakan ukuran dan jenis huruf yang mudah dan nyaman dibaca. Umumnya, para desainer profesional telah mengerti jenis font apa yang cocok untuk safety sign, sehingga hasilnya tak hanya indah tapi juga mudah dibaca.

3.     Pemilihan Kalimat yang Efisien dan Komunikatif

Biasanya, dalam design safety sign hanya menggunakan kalimat pendek saja. Oleh sebab itu, Anda perlu efisien dalam menggunakan kalimat, tapi tetap komunikatif agar pesan yang terdapat di safety sign dapat diterima dan dipahami. Anda dapat menggunakan safety sign dua bahasa agar pekerja asing juga dapat memahami tulisan pada safety sign.

4.     Kondisi Safety Sign

Pastikan kondisi safety sign yang Anda pasang dalam keadaan baik secara fisik dan dipasang di lokasi strategis dan aman. Selain itu penting pula untuk menempatkan safety sign secara proporsional, memperhatikan estetika, dan menghindari penempatan safety sign yang terlalu banyak dan beragam dalam satu area kecil.

Related Post: Elemen Penting Dalam Menentukan Rambu k3

5.     Warna yang Sesuai Standar

Anda harus menggunakan warna yang sesuai dengan standar NFPA, IMO, ANSi, BSI, dan lain-lain. Standar-standar tersebut telah mengupayakan warna sesuai dengan pesan yang disampaikan. Anda juga bisa berkonsultasi pada jasa design safety sign profesional agar tidak salah dalam mengaplikasikan warnanya.

6.     Perhatikan Potensi Bahaya dalam Menempatkan Safety Sign

Ketika Anda menempatkan safety sign, Anda harus menyesuaikan safety sign dengan area dengan potensi bahaya yang sesuai. Sebaiknya, sebelum Anda menentukan safety sign, Anda melakukan safety sign assessment terlebih dahulu agar desain sesuai dengan lokasi penempatan.

7.     Pilih Material Berkualitas

Agar safety sign Anda dapat tahan lama, pastikan Anda memilih material yang berkualitas dan daya tahan yang baik sesuai dengan tempat Anda memasang safety sign. Anda dapat memilih stiker yang tahan panas bila Anda akan mengaplikasikannya di permukaan yang panas.

Begitu pula jika Anda akan memasang safety sign di atas permukaan yang licin, agak berminyak, dan lain-lain, maka sebaiknya Anda menyesuaikan material yang mampu menempel dengan kuat. Anda juga perlu memperhatikan kondisi penempatan safety sign, misalnya untuk penempatan outdoor, Anda sebaiknya memilih material yang tahan terhadap perubahan cuaca.

Sementara untuk penempatan indoor khususnya di tempat yang minim pencahayaan, Anda dapat memilih stiker yang dapat menyala dalam gelap agar ketika kondisi darurat, safety sign dapat memancarkan cahaya sebagai petunjuk.

8.     Jasa Design Safety Sign

Ketika Anda akan menggunakan jasa design safety sign untuk memproduksi rambu K3, sebaiknya Anda memilih agensi yang telah terpercaya dan memiliki  pengalaman selama bertahun-tahun. Pilihlah agensi dengan karyawan yang ahli dan profesional serta memberikan Anda material safety sign yang berkualitas dengan penawaran harga menarik.

Lebih baik lagi, jika agensi jasa design safety sign tersebut memberikan garansi terhadap produk dan pelayanan yang diberikan. Demikian beberapa informasi tentang menentukan desain rambu K3 yang tepat untuk perusahaan Anda.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.