Agar dikenal dengan lebih baik di pasaran, setiap usaha membutuhkan branding strategy. Strategi branding sendiri merupakan suatu rencana yang mencakup tujuan jangka panjang dan spesifik yang hanya dapat dicapai dengan perubahan-perubahan dari merek itu sendiri. Strategi branding yang teruji dengan baik akan berdampak pula pada semua aspek bisnis yang nantinya juga akan terhubung langsung pada kebutuhan konsumen.

Banyak perusahaan atau organisasi yang belum memahami pentingnya branding untuk bisa bersaing dan merebut pasar. Tak sedikit pula yang belum mengerti bagaimana membuat strategi branding yang benar. Oleh karena itu, Sooca Design Agency sebagai brand consultant Surabaya hadir untuk membantu perusahaan memahami branding dengan lebih baik.

Dalam membuat strategi branding, ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Tujuan

Setiap brand pasti memiliki visi dan tujuan yang akan dicapai. Namun, tujuan ini tak boleh asal-asalan, karena yang terjadi adalah konsumen memiliki kepercayaan yang rendah, sementara perusahaan harus waspada terhadap tingginya anggaran. Oleh sebab itu, buat tujuan sespesifik mungkin.

  • Konsistensi

Kunci dari konsistensi adalah menghindari pembahasan yang tidak sesuai atau tidak berhubungan dengan brand. Konsistensi berhubungan dengan brand awareness yang akan berdampak pada loyalitas pelanggan.

  • Emosi

Tidak semua konsumen dapat berpikir secara rasional. Anda pun akan menemukan tak sedikit dari mereka yang lebih mengutamakan emosi. Manusia juga memiliki kecenderungan untuk menjadi bagian dari kelompok. Maka, pastikan strategi branding Anda akan melibatkan konsumen pada akhirnya.

  • Fleksibilitas

Jika Anda berkonsultasi dengan salah satu jasa branding consultant Surabaya, fleksibilitas akan menjadi saran yang utama saat menyusun strategi branding. Perlu Anda ingat bahwa zaman mengalami perubahan yang begitu cepat. Anda pun harus menyesuaikannya jika tidak mau ketinggalan. Tak selamanya Anda akan berhasil dengan menggunakan strategi yang selalu sama. Jadi, jadilah fleksibel.

  • Keterlibatan Karyawan

Perusahaan atau organisasi adalah satu kesatuan. Ada banyak pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk karyawan. Selalu pahami bahwa kesuksesan perusahaan tak akan pernah bisa diraih tanpa adanya dukungan dan kerja sama dari karyawan. Agar strategi yang Anda terapkan dapat terlaksana, pastikan seluruh karyawan mengetahui bagaimana mereka harus berpartisipasi.

  • Loyalitas

Jika Anda telah memiliki dukungan internal, kini saatnya meningkatkan loyalitas pelanggan. Bagaimana caranya? Berikan apreasiasi. Loyalitas adalah komponen penting dalam kesuksesan strategi branding yang Anda lakukan, terutama jika Anda ingin mendukung peningkatan penjualan.

  • Kesadaran akan Kompetisi

Komponen terakhir adalah kesadaran akan adanya kompetisi. Jadikan kompetisi sebagai sebuah tantangan untuk menguji dan memperbaiki strategi branding yang telah Anda buat bersama tim. Ingat selalu bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang berusaha menggaet minat pelanggan untuk membeli produk. Dan jangan lupa pula untuk selalu mempelajari strategi yang digunakan oleh kompetitor.

Keunikan dan kreativitas juga menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam menyusun strategi branding. Jangan sampai menunda, karena setiap waktu Anda begitu berharga. Hubungi kami, Sooca Design Agency sebagai brand consultant Surabaya Anda melalui kontak berikut.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat