Pernahkah melintas di pikiran Anda, mengapa hampir semua startup gagal hanya berselang setahun setelah didirikan? Tentunya, ada banyak alasan, tetapi yang paling utama adalah terlalu cepat merasa puas. Menawarkan layanan yang berkualitas kini tak lagi cukup sebagai pondasi untuk menunjang kesuksesan perusahaan. Anda pun perlu memberi klien pengalaman kepuasan yang tak terlupakan atau onboarding client.

Proses onboarding client tak melulu tentang bagaimana memenangkan pitching atau menerima income yang lebih banyak. Proses ini lebih ke arah bagaimana klien merasa puas bekerja sama dengan graphic design agency Jakarta yang Anda kelola. Nah, jika Anda berencana untuk membuat proses onboarding, lakukan tips berikut ini:

  • Pahami Budaya Perusahaan Calon Klien

Graphic design agency Jakarta perlu membiasakan diri dengan calon klien sebelum masuk ke tahap pertemuan dan wawancara. Setiap klien pasti memiliki keinginan yang berbeda, dan memahami strategi pemasaran serta branding mereka adalah kunci agar Anda bisa mengatur kampanye yang tepat.

Untuk bisa mewujudkannya, Anda perlu melakukan riset yang menyeluruh melalui proyek-proyek yang telah dijalani oleh klien. Anda pun perlu memahami kelemahan dan keunikan mereka sehingga Anda memiliki cara yang berbeda untuk proyek terbaru yang akan dilaksanakan

  • Adakan Pertemuan Tatap Muka

Teknologi masa kini yang berkembang pesat memungkinkan kita berbicara dengan banyak orang tanpa perlu mengadakan pertemuan. Namun, pertemuan muka jelas penting jika menyangkut urusan bisnis. Dibandingkan bertemu muka, adanya aplikasi berbasis videocall jelas lebih menghemat waktu. Meskipun demikian, cara ini justru akan menyebabkan terjadinya miskomunikasi yang lebih besar.

Sementara itu, melalui pertemuan tatap muka, Anda bisa mengetahui secara langsung gestur, ekspresi, dan keinginan klien. Selain itu, Anda pun bisa memberikan arahan dan sugesti dengan tepat.

  • Dengarkan, Tanya, dan Pelajari

Tips berikutnya yang harus dipahami oleh jasa graphic design agency Jakarta adalah melakukan tiga hal sederhana, yaitu dengarkan, tanya, dan pelajari. Ketiga langkah ini akan lebih memudahkan Anda untuk mengetahui apa keinginan dan harapan serta goals yang akan dituju oleh calon klien. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat kuisioner agar hal-hal yang ingin ditanyakan tidak ada yang terlewatkan.

  • ¬†Berikan Tujuan yang Jelas

Anda perlu menerapkan tujuan yang jelas dalam proses onboarding yang sedang berjalan untuk memastikan bahwa klien memiliki pandangan yang jelas terhadap layanan yang ditawarkan. Pelajari kebutuhan klien agar kampanye yang Anda jalankan sesuai dengan bujet yang mereka tawarkan.

  • Berikan Perhatian Penuh pada Proyek Klien

Ada dua jenis klien yang biasanya Anda temui: klien yang menyerahkan semua prosesnya pada Anda, atau mereka yang memiliki ide-ide khusus untuk proyek yang diserahkan pada Anda. Mungkin, Anda tak akan menemukan kesulitan untuk menangani klien pertama, tetapi, selalulah berhati-hati dalam bekerjasama dengan klien kedua. Anda bisa memadukan ide internal dengan milik klien untuk mencari alternatif yang lebih baik.

 

Dalam mencari graphic design agency Jakarta, profesionalitas juga menjadi prioritas di samping kualitas yang tak boleh Anda lewatkan. Sooca Design Agency Jakarta bisa menjadi rekomendasi untuk segala kebutuhan perusahaan Anda, mulai dari pembuatan souvenir dan merchandise, desain kemasan untuk branding, hingga pembuatan annual report. Silakan hubungi Sooca melalui kontak berikut.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.