Laporan tahunan adalah media komunikasi tunggal yang amat penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Laporan yang dibuat setahun sekali ini berisikan informasi utuh mengenai perusahaan dan bertujuan untuk media promosi perusahaan kepada calon-calon pembaca yang potensial. Namun, jika tidak dibuat dengan baik, perusahaan justru akan kehilangan brand terkuatnya.

Meskipun demikian, laporan tahunan yang hanya menunjukkan fakta dan data monoton tidak membuat pembaca ikut terlibat, justru malah membuat mereka semakin bosan. Padahal, melalui laporan tahunan ini, Anda bisa membuat pembaca merasa menjadi bagian dari organisasi. Tanpa membuatnya menjadi lebih membosankan, Anda bisa menuangkan sebuah cerita atau storytelling sebagai format laporan tahunan perusahaan.

Beberapa perusahaan mengakui bahwa tidak mudah untuk membuat sebuah tulisan yang berkualitas untuk laporan tahunan mereka. Namun, mereka bisa menggunakan konsultan penulis annual report untuk menampilkan konten terbaik dalam laporan tahunan. Ada empat alasan utama mengapa storytelling atau narasi begitu berpengaruh pada penyusunan laporan tahunan, yaitu:

  1. Lebih Menarik dan Engaging

Alasan pertama adalah penggunaan storytelling mampu membuat laporan tahunan Anda lebih menarik dan engaging atau menguatkan keterlibatan pembaca. Salah satu bagian laporan yang bisa Anda buat dengan metode ini adalah bagian keuangan. Dengan menerapkan elemen pengisahan cerita yang menarik, Anda akan membawa pembaca begitu menikmati laporan keuangan yang cenderung membosankan.

  1. Edukatif dan Informatif

Menggunakan tabel atau grafik sebagai penguat data dalam laporan tahunan Anda bukanlah hal yang salah. Namun, tak semua pembaca memahami fungsi dan cara membacanya. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan konsultan penulis annual report untuk membuat sebuah cerita dari gambaran tabel dan grafik. Dengan demikian, informasi yang Anda tuangkan dapat lebih dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

  1. Memudahkan Pembaca Terkoneksi pada Perusahaan

Salah satu tujuan utama dari pembuatan laporan tahunan adalah memudahkan pembaca untuk terhubung lebih dalam dengan perusahaan. Jadi, laporan tahunan akan gagal mencapai tujuannya jika ternyata pembaca tak mampu mengenal perusahaan dengan lebih baik. Namun, dengan memberikan gambaran perusahaan melalui storytelling, pembaca pun akan lebih memahami karakter dan ciri perusahaan secara lebih mendetail.

  1. Memperkuat Brand Perusahaan

Menggunakan storytelling pada laporan tahunan berarti memperkuat merek perusahaan. Dengan dibantu oleh data-data dan fakta yang akurat serta cerita kesuksesan, pembaca pun akan lebih percaya pada perusahaan dan pencapaiannya. Inilah mengapa ungkapan “The Content is a King” itu benar adanya.

Demi menghemat waktu dan tenaga, perusahaan kini lebih memercayakan laporan tahunan mereka kepada konsultan penulis annual report, seperti Sooca Design Agency misalnya. Sooca telah berpengalaman menangani pembuatan dan desain laporan tahunan dengan kualitas yang tak perlu diragukan. Tak hanya itu, Sooca juga melayani pembuatan souvenir dan merchandise serta kalender perusahaan. Untuk mengetahui layanan lainnya, Anda bisa menghubungi Sooca melalui kontak berikut.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.
Halo
Ada pertanyaan? Saya siap membantu.