Apa yang pertama kali akan dilihat konsumen saat ingin membeli makanan di supermarket? Pasti bungkusnya, bukan? Tak mungkin konsumen akan mengetahui isinya tanpa adanya sampel, karena mereka tak diijinkan untuk membuka kemasannya.

Lalu, apa yang menjadi bahan pertimbangan mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut? Pastinya kelengkapan informasi mengenai isi di dalamnya. Konsumen, laiknya raja, pasti ingin uang yang mereka keluarkan sebanding dengan produk yang akan mereka gunakan. Dan akan menjadi kesalahan yang amat fatal jika produsen memberikan informasi yang keliru hanya untuk meningkatkan daya jual.

Namun, ternyata kelengkapan informasi bukanlah menjadi pertimbangan utama. Penggunaan kata-kata atau dalam istilahnya adalah tipografi pun ternyata turut dinilai oleh konsumen laiknya juri. Tak heran, ada banyak sekali produk yang sama tetapi dengan merek yang berbeda berjejer di satu rak yang sama. Mereka pasti butuh sesuatu yang lain.

Di sinilah Anda, sebagai produsen, ditantang. Kreativitas dan keunikan menjadi pertaruhan. Apa yang harus Anda berikan, adalah suatu hal yang berbeda, yang membuat produk Anda terlihat paling menonjol. Jika desain yang digunakan sudah sempurna, saatnya Anda beralih pada kata-kata. Tahukah Anda mengapa kata-kata menarik di kemasan produk makanan itu penting? Berikut alasannya:

  • Mengundang Rasa Penasaran Pembeli

Menciptakan kata-kata menarik bukanlah hal yang mudah. Itulah sebabnya banyak produsen menggunakan jasa desain kemasan untuk membuat kemasan produk mereka. Tak heran, karena kata-kata yang tertulis pada kemasan haruslah mengundang rasa penasaran calon pembeli, yang akhirnya berujung pada transaksi.

  • Meningkatkan Minat Pembeli

Umumnya, pembeli akan menghabiskan cukup waktu jika ingin membeli suatu makanan yang baru. Katakanlah saja mie instan. Anda pun tahu ada banyak sekali produk mie instan di pasaran. Misalnya konsumen telah lama menggunakan produk A dan ingin menjajal produk mie instan lainnya. Konsumen pasti akan membandingkan satu produk dengan yang lainnya sebelum memutuskan untuk membeli. Jika produk Anda dilengkapi dengan kata-kata yang menarik yang menggugah rasa penasaran, pembeli pun akan semakin berminat untuk membelinya.

  • Sebagai Pembeda dengan Produk Lainnya

Bukan berita baru bahwa untuk bisa dikenal di pasaran, produk Anda harus memiliki keunikan dan ciri khas yang tak dimiliki oleh produk sejenis lainnya. Tak harus bermain dengan gambar dan warna, Anda juga bisa memanfaatkan kata-kata pada kemasan produk. Telah banyak sekali produk yang menggunakan warna dan gambar sebagai pembeda dan melupakan pentingnya tipografi sebagai penguat brand.

Gambar mungkin menjadi visualisasi yang lebih baik dibandingkan dengan tulisan, tetapi tulisan jelas lebih mampu mempengaruhi emosi pembeli dibandingkan dengan gambar. Apabila Anda tak bisa menemukan kata-kata yang tepat untuk kemasan produk, percayakan saja pada Sooca Design Agency Jakarta, sebuah agensi jasa desain kemasan yang ahli dan profesional dalam menangani segala jenis desain untuk kemasan produk. Sooca Design Agency bisa Anda hubungi melalui kontak berikut.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat