Pembuatan PKBL Report: Layout Profesional

Sama seperti pembuatan annual report dan sustainability report, dalam pembuatan PKBL Report juga harus memperhatikan desain dan layout. Design dan layout yang menarik akan meningkatkan keterbacaan Annual Report perusahaan anda. Satu trik penting lainnya adalah maksimalkan design dan layout anda untuk menampilkan informasi-informasi penting agar para stakeholder tertarik dengan perusahaan.

Pembuatan PKBL Report tidak bisa terlepas dari konten standar laporan dan juga desain. Selain konten standar laporan dari setiap divisi, PKBL Report juga memerlukan desain yang berfungsi sebagai pencitraan perusahaan.
Aspek design dan layout, selain harus menarik, juga harus tetap sesuai dengan corporate identity perusahaan anda. Jadi memang mendesign dan melayout tampilan report sebuah perusahaan tidak bisa sembarangan. Untuk meningkatkan kemampuan desain, sebagai seorang desainer harus dapat melihat beberapa hal kecil yang terkadang sering disalahartikan. Selain itu, seorang desain grafis juga harus memiliki trik-trik agar desain menjadi terlihat lebih menarik dan professional.

Desain layout adalah susunan dari elemen-elemen desain yang berhubungan ke dalam sebuah bidang, sehingga membentuk susunan yang artistik. Desain layout bertujuan untuk menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi lebih komunikatif, sehingga pembaca tidak kebingungan dengan maksud desain Anda.
Desain layout profesional adalah desain layout yang mengikat satu sama lain. Banyak sekali orang yang menganggap bahwa desain layout bukanlah masalah besar. Padahal, desain layout sangatlah penting. Pada dasarnya, letak tantangannya adalah membuat pembaca melihat unsur secara benar dan dalam urutan yang benar. Untuk membuat sebuat desain layout, pertama kali Anda harus mengerti apa aturan dalam pembuatan desain layout. Aturan yang dimaksud adalah pemahaman dasar tata letak, jenis, unsur warna, ilustrasi dan fotografi, serta bagaimana pembaca memandang desain tersebut. Banyak pakar desain mencoba menanamkan sebuah layout yang sering disebut dengan pola Z. Pola ini membaca budaya barat sebagai penempatan strategis informasi penting. Dimulai dari kiri atas mengarah ke kanan dan turun ke kiri lagi. Sangat standard dan sederhana. Hal itu pun sudah dilakukan oleh masyarakat dalam pembacaan buku ataupun majalah.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan PKBL report yang professional, Anda dapat menghubungi Sooca Design Firm via kontak. Dengan pengerjaan oleh tenaga ahli yang berkompeten dan berpengalaman, Sooca Design Firm mampu membuat brand perusahaan Anda meningkat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: