Laporan tahunan atau annual report dapat memberikan banyak informasi penting tentang sebuah perusahaan. Bila Anda pemegang saham perusahaan tersebut, perusahaan akan mengirimkan laporan tahunannya. Jika Anda belum menjadi pemegang saham, Anda dapat menghubungi departemen layanan pemegang saham perusahaan untuk hard copy-nya.

Anda dapat melihat laporan tahunan sebuah perusahaan di situs Web-nya. Melalui bantuan mesin pencari utama Anda dapat menemukannya. Men-download atau mencetak laporan tahunan semakin mudah.


desain annual-report-sr-bank-jateng-3

Menggapa Annual Report Penting

Anda perlu hati-hati menganalisis laporan tahunan untuk mengetahui hal-hal berikut:

  1. Anda ingin tahu seberapa baik perusahaan berjalan. Apakah laba yang lebih tinggi, lebih rendah, atau sama dengan tahun sebelumnya? Bagaimana kinerja penjualan? Angka-angka ini harus disajikan secara jelas di bagian keuangan laporan tahunan.
  2. Anda ingin mengetahui apakah perusahaan membuat lebih banyak uang daripada pengeluaran. Bagaimana neraca terlihat? Apakah aset yang lebih tinggi atau lebih rendah dari tahun sebelumnya? Apakah utang tumbuh, menyusut, atau hampir sama dengan tahun sebelumnya?
  3. Anda ingin mengetahui ide dari rencana strategis manajemen untuk tahun mendatang. Bagaimana manajemen akan membangun kesuksesan perusahaan? Rencana ini biasanya ditutup pada awal laporan tahunan – sering dalam surat dari ketua direksi.
  4. Tugas Anda bermuara pada mencari tahu di mana posisi perusahaan sebelumnya, di mana sekarang, dan di mana kedepan. Sebagai seorang investor, Anda tidak perlu membaca laporan tahunan seperti novel – dari depan ke belakang. Sebaliknya, pendekatan seperti koran dan melompat-lompat ke bagian terkait untuk mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan untuk memutuskan apakah Anda harus membeli atau menunda pembelian saham.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: