Desain grafis memiliki peran yang sangat penting terhadap lajunya aktivitas marketing. Marketing erat hubungannya dengan advertising dan Desain Grafis adalah bagian dari tak terpisahkan dari perangkat marketing seperti, baliho, poster, shopsign, shopblind, layar toko, flyer, leaflet dan juga iklan-iklan luar ruang lainnya, merupakan alat-alat yang paling sering digunakan dalam dunia kegiatan marketing. Advertising digunakan untuk meningkatkan dan mendongkrak market atas produk tertentu. Sehingga peran  desain grafis dan marketing menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan.

 

Desain-baliho-sekolah-universitas-STIE-bank bpd jateng-2014             Desain-poster-sekolah-universitas-STIE-bank bpd jateng-2014-2

 

Desain grafis yang juga merupakan salah satu komponen penting dalam periklanan atau advertising, adalah ujung tombak utama peningkatan omzet dan penjualan produk melalui marketing. Kerjasama antara desain grafis dan marketing seringkali disebut bauran pemasaran atau dalam bahasa resminya disebut marketing mix. Marketing mix atau bauran pemasaran adalah metode pemasaran yang paling efektif untuk saat ini, karena dua hal itu dapat mencakup berbagai macam aspek marketing, dari sudut pandang advertising sendiri untuk menghasilkan iklan yang memiliki efek besar haruslah mencakup bellow the line advertising dan above the line advertising.
Market share yang tinggi dapat anda capai jika keselarasan antara desain grafis dan marketing mencapai titik keseimbangan yang sempurna, pada kenyataannya banyak sekali perusahaan desain grafis yang juga mencakup dan melayani konsultasi strategi pemasaran, hal ini dikarenakan perusahaan desain grafis memang otomatis lebih banyak berkecimpung dengan dunia marketing dan lebih memahami dunia marketing bahkan terkadang pemahaman mereka melebihi pemahaman perusahaan yang hanya berfokus pada strategi pemasaran saja. Bauran pemasaran sebagai metode pemasaran yang paling jitu sudah di akui oleh berbagai macam praktisi pemasaran.
Desain grafis dan marketing sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan memang sudah di iyakan oleh perusahaan yang membutuhkan jasa mereka juga, biasanya perusahaan desain grafis memahami kebutuhan kliennya akan strategi pemasaran sehingga mereka juga membuka jasa konsultasi strategi pemasaran, sehingga sinergi antara desain grafis yang diterapkan melalui advertising dapat sejalan dengan strategi utama marketing yang sudah ditentukan dan disepakati antara perusahaan penyedia jasa dengan kliennya.

Deskripsi : Desain grafis sebagai salah satu komponen penting dalam periklanan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan dunia marketing, strategi bauran pemasaran yang matang dan sempurna selalu meliputi dua hal tersebut.

Leave a Reply

%d bloggers like this: