Kartu Ucapan Hari Raya: Asal-Usul Dan Kegunaan

Membuat Kartu Ucapan Hari Raya Penting, Mengapa?

Sebelum internet populer seperti sekarang, dahulu orang-orang mengirimkan kartu ucapan untuk memberikan ucapan selamat atas peristiwa-peristiwa tertentu, atau untuk menggantikan ungkapan mereka atas sesuatu yang hendak disampaikan pada penerima kartu. Kartu ucapan biasanya didesain dengan bentuk kertas yang dilipat dua dan berisi ilustrasi yang merepresentasikan ungkapan yang hendak diberikan oleh pengirim pada penerima kartu.

kartu-ucapan-imlek-leksnco3

Desain kartu ucapan hari raya sendiri selalu berkaitan dengan hal-hal yang dapat merepresentasikan perayaan hari raya tersebut. Misalnya saja untuk kartu Natal, desain kartu ucapan hari raya nya pasti mengandung atribut-atribut Natal seperti pohon Natal atau Sinterklas. Ada kartu ucapan yang sudah digambari ilustrasi dan tulisan di dalamnya, namun ada juga kartu ucapan yang dibuat polos, agar pengirim dapat mengisi kartu ucapan itu sesuka hati mereka. Di Amerika, perusahaan penyedia jasa pembuatan desain kartu ucapan hari raya yang paling populer adalah Hallmark Cards dan American Greetings. Saking populernya, jasa pembuatan desain kartu ucapan hari raya Hallmark tidak hanya digunakan di Amerika saja, tapi juga di seluruh dunia. Apa sih pentingnya kartu ucapan hari raya? Yuk, pelajari seluk beluknya di bawah ini!

Asal-Usul Kartu Ucapan Hari Raya

Sebelumnya, tradisi mengirimkan kartu ucapan hari raya berasal dari Cina. Di masa itu, masyarakat Cina saling bertukar pesan yang berisi harapan mereka pada orang-orang yang merayakan tahun baru. Kemudian pada tahun 1400, kartu ucapan dengan desain kartu ucapan hari raya yang serupa seperti sekarang mulai disebarluaskan di Eropa. Orang-orang Jerman diketahui telah mencetak kartu tahun baru melalui potongan kayu untuk mengucapkan hari Valentine atau Natal. Pada zaman dahulu, kartu ucapan hari raya berfungsi untuk menggantikan ketidakhadiran seseorang pada perayaan-perayaan hari raya tertentu. Kartu ucapan tersebut digunakan untuk mewakili ungkapan yang hendak disampaikan pengirim pada penerima kartu ucapan tersebut.

Kartu Ucapan Hari Raya Di Masa Sekarang

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi kartu ucapan hari raya bergeser. Apabila dulu kartu ucapan hari raya diperuntukkan mewakili ketidakhadiran seseorang dalam perayaan hari raya, di masa sekarang, kartu ucapan digunakan sebagai pelengkap dalam kiriman parsel atau untuk ajang ‘pamer’. Maka dari itu, penyedia jasa pembuatan desain kartu ucapan hari raya banyak mengeluarkan desain kartu ucapan kreatif. Apabila dulu desain kartu ucapan hanya berupa kartu yang dilipat dua, maka desain kartu ucapan kreatif dapat berupa kartu yang dapat mengeluarkan musik apabila dibuka, atau kartu dengan bentuk-bentuk yang unik.

Kartu ucapan hari raya yang memiliki desain kartu ucapan kreatif juga terbukti terjual lebih laku di pasaran. Walaupun sekarang ucapan hari raya bisa disampaikan melalui telepon genggam, namun kartu ucapan tetaplah menjadi salah satu komponen yang penting dalam perayaah hari raya. Berbeda dengan pesan dalam telepon genggam, kartu ucapan hari raya terasa lebih intim karena ditulis sendiri oleh sang penulis. Kartu ucapan hari raya dirasa lebih bisa menyampaikan kehadiran seseorang dalam perayaan hari raya. Maka dari itu, diantara ancaman redupnya industri kartu ucapan, mereka tetap bersinar.

Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, Semarang, dan sekitarnya, jika Anda membutuhkan jasa desain kartu ucapan Perusahan. Kami Sooca Design Firm siap membantu Anda dalam mendesain kartu ucapan yang menarik dan berkualitas. Sooca Design Firm  juga dapat menangani berbagai macam desain grafis lainnya. Hubungi kami di kontak.

Leave a Reply

%d bloggers like this: